Asian Games 2018: Atlet Balap Sepeda Jalani Latihan Berat di Pelatnas

Aiman diharapkan bersinar pada Asian Games 2018

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Jun 2018, 22:45 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2018, 22:45 WIB
International Banyuwangi Tour de Ijen
International Banyuwangi Tour de Ijen 2017 akan diikuti 29 tim dari 20 negara. Ajang balap sepeda ini berlangsung 27-29 September 2017. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Para pembalap sepeda Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk persiapan Asian Games 2018. Agar bisa meraih hasil terbaik pada ajang tersebut, mereka harus melakoni latihan berat di Subang, Jawa Barat, yang nantinya bakal menjadi lokasi balapan resminya.

Salah satu pembalap yang mengikuti pelatnas adalah Aiman Cahyadi. Aiman merupakan satu dari lima pebalap yang dinyatakan lolos seleksi oleh PB ISSI, dan namanya akan didaftarkan ke KOI.

Ia bakal menjadi salah satu tulang punggung kontingen Indonesia untuk meraih medali pada kejuaraan empat tahunan itu.

Pembalap berusia 24 tahun ini, diharapkan bersinar pada Asian Games 2018. Apalagi, Aiman sudah cukup berpengalaman terutama pada disiplin road race setelah banyak mengikuti kejuaraan internasional bersama dengan tim Sapura Cycling Malaysia.

Meski menjalani latihan berat, Aiman tetap berpuasa selama Ramadhan. "Puasa tinggal 10 hari lagi. Insya Allah akan terus bepuasa. Mumpung masih bisa menjalani tahun ini, belum tentu tahun depan bisa menjalani lagi," kata pria asal Bandung, Jawa Barat itu, seperti dilansir Antara.

Meski puasa, Aiman tetap mendapatkan porsi yang sama dengan pembalap yang lain.

"Latihan tetap pagi dari sore. Untuk pagi tidak lebih dari tiga jam. Sedangkan untuk sore antara 30 sampai 45 menit recovery. Sambil mencari takjil," kata suami dari pebalap putri nasional, Yanti Fuchiyanti itu.


Tetap Semangat

Tour de Singkarak 2015
Pebalap sepeda Timnas Indonesia, Aiman Cahyadi beristirahat di teras toko warga saat berhenti di Barung-Barung Belantai dalam Etape 1 Tour de Singkarak 2015, Sabtu (3/10/2015). (Bola.com/Arief Bagus)

Pembalap Indonesia terbaik pada beberapa kejuaraan balap sepeda internasional itu mengaku sangat tertantang saat latihan di bulan puasa ini. Dirinya tetap bersemangat karena ada pebalap lain yang juga tetap menjalani puasa selama menjalani pelatnas.

"Robin Manullang juga sama (puasa)," katanya.


Penyumbang Medali

Robin Manullang merupakan pembalap senior Indonesia yang tenaganya masih dibutuhkan timnas untuk Asian Games 2018. Pebalap asal Kalimantan Timur ini merupakan pemegang medali emas nomor ITT SEA Games 2015 di Singapura.

Cabang balap sepeda merupakan salah satu cabang yang diharapkan mampu menyumbang medali untuk kontingen Indonesia. Selain disiplin road race, target medali juga diharapkan datang dari disiplin BMX, Cross Country dan Track.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya