Kementerian Keuangan Bakal Kaji Akuisisi BTN

Kementerian Keuangan akan mengkaji rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 22 Apr 2014, 08:01 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2014, 08:01 WIB
Chatib Basri
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bakal mengkaji rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk secara mendalam. Pihaknya ingin mengkaji keuntungan dari rencana besar tersebut

Menteri Keuangan (Menkeu), Chatib Basri mengaku telah menerima surat terkait rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri dari Menteri BUMN, Dahlan Iskan pada Sabtu pekan lalu.

"Saya sudah terima suratnya hari Sabtu lalu. Intinya Pak Dahlan punya rencana Bank Mandiri mengambilalih BTN. Jadi nanti kita pelajari skema dan keuntungannya seperti apa, lalu disposisi," tutur dia di kantornya, Jakarta, Senin (21/4/2014) malam.

Chatib menerangkan, kajian usulan tersebut harus dilakukan lebih mendalam mengingat posisi BTN sebagai salah satu bank besar dengan aset senilai ratusan triliun. Selain itu, bank pelat merah ini mempunyai fungsi khusus sebagai bank pembiayaan perumahan rakyat.

"Harus dilihat mau dibawa kemana, formatnya apa, mau jadi bagaimana. Kajiannya mesti agak lengkap karena BTK bukan cuma sekadar besar tapi juga fungsinya beda dengan bank lain sebagai pembiayaan perumahan," ujar dia.

Chatib berharap, proses kajian tersebut bisa rampung dalam waktu secepatnya. "Saya tidak bisa jawab waktunya, tapi saya mau secepatnya," tukasnya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya