KA Rel Ganda Siap Operasi, Menhub Pikirkan Nasib Supir Truk

Kemenhub rencananya meresmikan rel ganda (double track) Jakarta-Surabaya sepanjang 700 kilometer (km) pada bulan depan.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 08 Mei 2014, 17:31 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2014, 17:31 WIB
menhub-anggaran-2-131211c.jpg
Menhub memaparkan penyelenggaraan dan pembangunan transportasi pada 2013 Kemenhub memperoleh anggaran sebesar Rp 35,6 triliun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meresmikan kereta api rel ganda (double track) Jakarta-Surabaya sepanjang 700 kilometer (km) pada bulan depan. Dengan rel ganda ini, beban logistik di jalan bakal berkurang.

"Rel ganda akan diresmikan bulan depan," ungkap Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan di kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Rel ganda diharapkan banyak orang dapat mengurangi angkutan logistik di jalan raya. Namun proyek tersebut diakuinya akan berpengaruh terhadap bisnis pengusaha dan supir.

"Harusnya rel ganda bisa menguntungkan pengusaha kendaraan, supir. Karena takut kehilangan, saya mempertimbangkan cara pengangkutan barang," jelas dia.

Mangindaan menyebut, Kemenhub berencana memuat aturan untuk barang yang berbobot berat, seperti semen, alat-alat berat dan lainnya diangkut lewat angkutan laut, kereta api, coastal.

"Sedangkan barang yang bobot ringan biarkan saja lewat jalur darat dengan syarat. Pokoknya kita pikirkan dampak sosialnya dari rel ganda ini," terang dia. (Fik/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya