Mantan Bos Pertamina Sebut RFID Tak Efektif Tekan Konsumsi BBM

Pemerintah terus berjuang menekan konsumsi BBM.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 24 Jun 2014, 16:50 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2014, 16:50 WIB
SPBU
SPBU (ANTARA Foto)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari H Soemarno menilai program pencatat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Radio Frequention Identificatioan (RFID) tidak efisien untuk mengontrol konsumsi BBM.

Ari mengatakan, untuk menekan konsumsi BBM bersubsidi dan meringankan beban negara adalah dengan menaikkan harga BBM bersubsidi secarang langsung atau bertahap.

Namun,  subsidi tetap diberikan kepada yang berhak menerima melalui program lain. "Opsi naikan langsung seperti tahun lalu atau bertahap, tapi subsidi diberikan ke yang membutuhkan," kata Ari, di Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Dia mengungkapkan, opsi pencatatan konsumsi BBM dengan RFID yang dicanangkan Pertamina pun tidak akan berhasil mengatasi konsumsi BBM bersubsidi yang terus meningkat.

"Caranya saya sudah mengusulkan beberapa cara, bukan RFID yang repot itu, nggak mungkin berhasil. Itu siapa yang mengusulkan," ungkap dua.

Ari yang juga menjadi anggota tim sukses Jokowi JK ini mengaku memiliki cara lain untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menngunakan kartu prabayar. Cara ini dinilai akan lebih efisien.

"Cara yang mudah cara kartu prabayar, mau cara bagaimana ada mekanisme tertentu, opsi pembatasan kenaikan bertahap sudah disampaikan," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya