Menkeu Prediksi Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5,2% di Kuartal II-2104

Faktor pendorongnya, konsumsi yang kuat karena pemilihan umum.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 03 Jul 2014, 17:16 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2014, 17:16 WIB
Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Chatib Basri memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2014 berada di atas 5,2 persen. Faktor pendorongnya, konsumsi yang kuat karena pemilihan umum.

"Mudah-mudahan bisa di atas 5,2, prediksi saya 5,3. Konsumsinya kana lebih kuat. Ya, pemilu," ujar Chatib, di Gedung DPR Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Chatib menambahkan, akan ada perbaikan untuk ekspor ke Eropa dan Amerika Serikat. Sedangkan Jepang dan China masih belum menunjukan perbaikan.

"Ekspor akan sedikit lebih membaik dan Eropa sudah sedikit membaik tapi Jepang dan China relatif stagnan, bahkan cenderung turun. Jadi ada perbaikan tapi nggak signifikan," ungkapnya.

Perkiraan tersebut sama dengan Menteri Koordinator Bidang perekonomian Chairul Tandjung memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2014 berkisar di angka 5,2 sampai 5,3 persen meski konsumsi masyarakat meningkat karena Lebaran.

Menurut dia, momen pemilihan presiden yang sedang berlangsung saat ini tidak menyumbang banyak pada pertumbuhan ekonomi.

"Pemilu nggak terlalu banyak nggak seperti sebelumnya, nggak banyak mendorong pertumbuhan ekonomi karena lebih tertib," tutupnya. (Pew/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya