Menteri ESDM: Maret, Semua Tender Belanja Modal Selesai

Menurut Sudirman, Kementerian ESDM mendapat tambahan anggaran belanja modal dua kali lipat dari Rp 4,9 triliun menjadi Rp 9,8 triliun.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 12 Jan 2015, 13:50 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2015, 13:50 WIB
 Pemerintah Menurunkan BBM Bersubsidi Awal Tahun 2015
Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri ESDM Sudirman Said saat berdiskusi terkait penurunan BBM bersubsidi di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (31/12/2014). ( Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta jajarannya untuk mempercepat serapan belanja modal.

Sudirman mengatakan, dirinya tengah berdiskusi dengan jajarannya untuk mencari cara mempercepat penyerapan anggaran, seperti tidak melakukan penundaan pengeluaran anggaran.

"Kami menekankan perlunya belajar dari pengalaman tahun lalu, pelepasan tanda bintang itu harus dilakukan sedini mungkin, kemudian persiapan proyek tender harus sesegera mungkin," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (13/1/2015).

Sudirman mengungkapkan, saat ini sebagian sub sektor sudah mengumumkan tender. Ia menargetkan seluruh tender selesai Maret 2015, sehingga sampai akhir tahun anggaran sudah terserap semua.

"Kami berharap Maret tahun ini seluruh tender selesai, seluruh pemenang tender akan diumumkan, sehingga di pertengahan tahun kami sudah lebih punya achievement, dan di  ujung tahun tidak kejar-kejaran," tuturnya.

Menurut Sudirman,  Kementerian ESDM mendapat tambahan anggaran belanja modal dua kali lipat dari Rp 4,9 triliun menjadi Rp 9,8 triliun.  Jika belanja modal tersebut dijumlahkan dengan belanja barang dan belanja pegawa maka total anggaran untuk Kementerian ESDM hampir Rp 15 triliun.

"Jadi total keseluruhan budget kita tahun depan adalah, Rp 15 trilun, yang Rp 5 triliun itu untuk belanja barang dan belanja pegawai, dan yang Rp 9,8 triliun belanja modal," pungkasnya. (Pew/Gdn)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya