Pensiun Jadi Menteri, Rachmat Gobel Kembali ke Dunia Bisnis

Rachmat Gobel secara resmi menyerahkan jabatan Menteri Perdagangan kepada Thomas Trikasih Lembong

oleh Septian Deny diperbarui 12 Agu 2015, 20:12 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2015, 20:12 WIB
Rachmat Gobel
Rachmat Gobel (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Rachmat Gobel secara resmi menyerahkan jabatan menteri perdagangan kepada Thomas Trikasih Lembong, usai melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di Auditorium Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada sore hari ini.

Setelah tak lagi menjabat sebagai menteri, Rachmat mengaku akan kembali ke dunia yang selama ini membesarkan namanya yaitu kembali menjadi pengusaha.

"Saya kembali ke habitat, ya sebagai pengusaha," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Rachmat bercerita, selama 10 bulan memimpin Kementerian Perdagangan, dirinya harus memompa adrenalin karena banyaknya kritikan yang masuk kepada kementeriannya.

"Selama 10 bulan jadi menteri perdagangan, yang namanya kritikan itu banyak, yang namanya keinginan masyarakat ingin cepat perubahaan butuh adrenalin tinggi untuk kerja keras," kata dia.

Meski demikian, Rachmat mengaku sangat terharu saat harus melepaskan jabatan ini. Terlebih lagi selama ini banyak pihak di lingkungan kemendag yang telah membantunya.

"Ini semua kerja eselon I, eselon II, eselon III dan eselon IV. Karena tugas menteri perdagangan hanya mengarahkan. Saya sangat terharu karena harus tinggalkan mereka," tandas dia. (Dny/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya