Iran Akan Tambah Pasokan, Harga Minyak Turun Tipis

Sementara minyak mentah Amerika Serikat atau West Texas Intermediate juga turun 21 sen atau sekitar 0,5 persen.

oleh Zulfi Suhendra diperbarui 21 Okt 2015, 06:40 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2015, 06:40 WIB
Harga Minyak Susut Usai Reli dalam 3 Hari
Harga minyak acuan Brent susut 1,1 persen menjadi US$ 51,33 per barel pada perdagangan Rabu pekan ini.

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia sedikit bergerak pada perdagangan Selasa, karena penurunan produksi minyak Amerika Serikat dan terjadi keseimbangan kembali di pasar, perkiraan minyak Iran akan menambah pasokan.

Minyak Brent pada pengiriman Desember anjlok 17 sen ke US$ 48,44 per barel atau 0,4 persen.

Sementara minyak mentah Amerika Serikat atau West Texas Intermediate juga turun 21 sen atau sekitar 0,5 persen.

"Pada Selasa, perdagangan minyak didominasi oleh transisi pada kontrak Desember untuk West Teexas Intermediate," tutur Analis Strategi Makro di Seaport GFlobal Securities, Richard Hastings dikutip dari reuters, Rabu (21/10/2015).

Harga minyak dunia jatuh sekitar 4 persen pada Senin, karena data ekonomi China menunjukkan, ekonomi negara itu tumbuh melambat, pada level terendah sejak 6 tahun terakhir selama 3 kuartal ketiga.

Pada laporan mingguan, minyak mentah AS produksinya tetap pada level 9,1 juta barel per day (barel per hari) sejak awal September, menurut data dari Lembaga Informasi dan Administrasi Energi AS, namun masih rendah dibanding April yang mencapai 9,6 juta barel per hari.

Vitol, trader minyak terbesar menyebutkan, harga minyak akan berupaya diperdagabngkan di atas US$ 60 barel pada tahun depan, sebagai efek dari rendahnya permintaan global, dan kembalinya minyak Iran dan biusa jadi minyak Libya.

Iran diharapkan bisa meningkatkan produksi minyaknya. Pejabat senior di Iran menagatakan, Tehran berencana untuk meningkatkan produksi 500.000 barel per day dalam seminggu dari sanksi lifting. Dan menjualnya ke konsumen di Asia dan Eropa.

Sementara Libya memproduksi 400.000 barel per hari. (Zul/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya