Harga Beras Turun, Inflasi DKI Jakarta Lebih Rendah dari Nasional

Turunnya harga beras karena mulai meningkatnya jumlah pasokan ke Jakarta akibat panen di beberapa daerah sentra.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 03 Apr 2018, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2018, 10:00 WIB
Harga Beras Naik
Turunnya harga beras karena mulai meningkatnya jumlah pasokan ke Jakarta akibat panen di beberapa daerah sentra.

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan harga di Provinsi DKI Jakarta pada bulan ketiga tahun 2018 kembali turun. Perkembangan harga-harga di Jakarta pada Maret 2018 membawa Jakarta mengalami inflasi yang cukup rendah sebesar 0,09 persen (mtm).

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata tiga tahun sebelumnya, yang sebesar 0,13 persen (mtm), maupun dengan inflasi nasional sebesar 0,20 persen (mtm). Dengan perkembangan ini, laju inflasi DKI Jakarta sejak awal tahun tercatat sebesar 0,89 persen (ytd).

Lebih rendahnya inflasi pada Maret 2018 dibandingkan dengan bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh deflasi kelompok bahan makanan. Harga beras turun cukup dalam sebesar 3,16 persen (mtm).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho menjelaskan, turunnya harga beras tersebut karena mulai meningkatnya jumlah pasokan ke Jakarta akibat panen di beberapa daerah sentra.

"Harga beras sangat berpengaruh terhadap pergerakan inflasi bahan makanan secara keseluruhan karena memiliki bobot yang cukup besar," kata Trisno dalam keterangannya, Selasa (3/4/2018).

Beberapa harga pangan utama lainnya yang terpantau turun adalah daging ayam ras (1,52 persen mtm) dan telur ayam ras (0,81 persen mtm).

Walau demikian, penurunan harga pangan sedikit tertahan oleh harga-harga komoditas hortikultura seperti bawang putih, cabai merah dan bawang merah yang naik masing-masing sebesar 8,24 persen, 6,98 persen, dan 5,28 persen (mtm), akibat berkurangnya pasokan.

Berbagai perkembangan tersebut membawa kelompok pengeluaran bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,41 persen (mtm).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Inflasi Inti Terkendali

Harga Beras Naik
Turunnya harga beras karena mulai meningkatnya jumlah pasokan ke Jakarta akibat panen di beberapa daerah sentra.

Turunnya inflasi Maret 2018 juga turut dikontribusikan oleh terkendalinya inflasi inti. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya permintaan masyarakat secara umum di ibukota, walau terdapat perayaan Hari Paskah pada akhir bulan Maret.

Beberapa pergerakan harga barang yang tergabung dalam kelompok inflasi inti juga terpantau bergerak relatif terbatas, seperti emas perhiasan (0,64 persen mtm) dan makanan jadi (0,15 persen mtm).

Sementara itu, kelompok administered prices menunjukkan sedikit peningkatan, sehingga menahan laju penurunan inflasi di Jakarta.

Hal ini disebabkan oleh harga bensin yang naik sebesar 1,14 persen (mtm), akibat kenaikan harga BBM nonsubsidi seperti pertalite dan kenaikan tarif angkutan udara (1,86 persen mtm), seiring meningkatnya permintaan terutama, pada hari libur (long weekend akhir bulan Maret 2018).

"Memerhatikan berbagai perkembangan harga di pasar serta bauran kebijakan pemerintah, inflasi pada April 2018 diprakirakan tetap terkendali. Harga beras diprakirakan akan kembali turun seiring dengan jumlah pasokan yang kian meningkat," tegas Trisno.

Kenaikan harga minyak internasional, yang diikuti dengan kenaikan harga BBM nonsubsidi diperkirakan tidak memberikan dampak signifikan terhadap inflasi secara keseluruhan.

"Berbagai kebijakan pemerintah dan perkembangan harga tersebut diperkirakan tetap mampu mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional tahun 2018," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya