Sri Mulyani Kenalkan Program Ultra Mikro kepada Pedagang Sukoharjo

Kredit ultra mikro (UMI) disalurkan melalui beberapa lembaga keuangan antara lain Pegadaian, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Bahana Artha Ventura.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Mei 2018, 20:48 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2018, 20:48 WIB
Kompak Kenakan Selendang, Bos IMF dan Sri Mulyani Buka Konferensi Internasional
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menghadiri pembukaan High - Level International Conference di Jakarta, Selasa (27/2). Konferensi internasional tingkat tinggi ini bertemakan "Models in a Changing Global Landscape". (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenalkan program ultra mikro (UMI) kepada pedagang di Pasar Telukan, Kabupaten Sukoharjo.

"Program UMI ditujukan bagi pedagang atau pengusaha yang tidak terjangkau kredit usaha rakyat (KUR),” ujar dia saat di sela kunjungan tersebut di Sukoharjo, Sabtu (26/5/2018).

Kredit UMI disalurkan melalui beberapa lembaga keuangan antara lain Pegadaian, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Bahana Artha Ventura. Dia menuturkan, mengingat plafonnya cukup rendah, syarat pengajuan pinjamannya tidak serumit syarat pengajuan KUR.

"Kalau KUR pinjamannya di atas Rp 50 juta, sedangkan ini (UMI-red) untuk pedagang hanya pinjam Rp 1 juta, Rp 2 juta, hingga Rp 5 juta. Dengan ada program ini diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat dapat terus bergulir,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari laman Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

IHSG Berakhir Bertahan di Zona Hijau
Ilustrasi uang (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang bertindak sebagai pengelola kredit UMI Djoko Hendrato menuturkan, program yang dimulai sejak Agustus 2017 hanya melayani pinjaman maksimal Rp 10 juta.

Ia mengatakan, peluncuran produk UMI untuk memfasilitas pelaku usaha kecil yang tidak terjangkau oleh program KUR.

"Saya berharap tadinya semua (pelaku usaha UMKM-red) bisa dijangkau KUR, tetapi ternyata tidak. Ada 44.000.000 orang yang tidak dijangkau KUR. Itu target yang bisa dijangkau UMI,” tutur dia.

Dia menuturkan, selama masa uji coba sejak pertengahan tahun lalu, Pemerintah sediakan dana sebesar Rp 1,5 miliar dengan target jangkauan 300 ribu nasabah.

"PIP menghabiskan dana Rp 800 miliar dengan jangkauan 305.000 nasabah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," kata dia.

Pada 2018, ia menuturkan, pemerintah siapkan Rp 2,5 miliar dengan target jangkauan 800 ribu nasabah.

Ia berharap, target itu dapat terpenuhi mengingat saat ini nilai serapan sudah mencapai Rp 1,2 miliar dengan 400 ribu nasabah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya