Tinggal di Luar Negeri Bikin Anda Pandai Ambil Keputusan Karier

Riset ini menyebutkan tinggal di luar negeri membuat seseorang lebih baik dalam mengambil keputusan untuk berkarier

oleh Bawono Yadika diperbarui 10 Jun 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2018, 06:00 WIB
Wanita karier
Ilustrasi wanita karier (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di luar negeri tidak hanya membuat Anda belajar budaya yang berbeda. Faktanya, ini juga akan meningkatkan prospek karier Anda di tempat kerja. Demikian menurut laporan riset dari Kenan-Flagler Business School di Universitas North Carolina, Chapel Hill. 

Riset dari Kenan-Flagler Business School tersebut fokus pada 6 studi yang melibatkan 1.874 subyek. Demikian seperti dikutip dari laman CNBC, Minggu (10/6/2018). 

Dari riset tersebut, diketahui bahwa tinggal di luar negeri meningkatkan kemampuan self-concept pada seseorang. Kemampuan ini yang kemudian dipercaya sebagai keahlian untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas.

Dari riset ini pula tercatat, orang yang telah tinggal di luar negeri membuat mereka dapat mengetahui diri sendiri secara lebih baik. 

Tidak hanya itu, tinggal di luar negeri juga menjadikan Anda untuk belajar dengan kultur yang beragam. Dengan sering terpapar hal ini, seseorang dapat mengenali nilai serta norma apa yang paling cocok untuk diri mereka sehingga bermanfaat bagi perkembangan karier.

Riset ini juga mengungkapkan, semakin lama seseorang tinggal di luar negeri, maka dampaknya semakin baik bagi mereka. Semakin lama mereka tinggal di negara lain, mereka akan semakin baik untuk mengenali diri mereka masing-masing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dampaknya pada Karier

Bekerja di Kantor
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Dengan lebih mengenal diri sendiri serta belajar nilai-nilai yang berbeda, karakter inilah yang kemudian membantu Anda di tempat kerja.

Banyak HRD atau recruiter yang lebih tertarik dengan kandidat yang memiliki pengalaman internasional. Mereka dipandang lebih percaya diri, fleksibel, mudah bergaul, serta memiliki kemampuan komunikasi dan pengetahuan yang baik di lingkungan sekitar. 

Selanjutnya, dalam riset ini menyebutkan, memiliki pengalaman tinggal di luar negeri membuat seseorang lebih baik dalam menentukan keputusan karier.

"Karena punya self-concept yang bagus, seseorang akan semakin baik dan percaya diri dalam menentukan keputusan berkarier," tulis riset tersebut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya