Kemenlu Buka Lowongan 125 Formasi CPNS 2018, Cek Persyaratannya di Sini

Pendaftaran CPNS 2018 Kemenlu dibuka mulai 26 September hingga 10 Oktober 2018.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 19 Sep 2018, 12:18 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2018, 12:18 WIB
Ilustrasi tes CPNS (4)
Ilustrasi tes CPNS

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Kemenlu RI tahun anggaran 2018.

Kali ini, Kemenlu membuka 7 jabatan fungsional serta menerima sebanyak 125 formasi, yang terdiri dari jenis formasi umum berjumlah 110, cumlaude 13, dan putra/putri Papua dan Papua Barat 2. Pendaftaran CPNS 2018 Kemenlu dibuka mulai 26 September hingga 10 Oktober 2018.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 40 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2018 dan mengutip laman resmi Kemenlu, Rabu (19/9/2018), berikut unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi, jabatan, kualifikasi pendidikan, kriteria pelamar, persyaratan umum pelamar, dan tata cara pendaftaran CPNS 2018 Kemenlu:

Unit Kerja yang Mendapatkan Alokasi Formasi (Alokasi Penempatan):

1. Sekretaris Jenderal

2. Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika

3. Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa

4. Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN

5. Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral

6. Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional

7. Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik

8. Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler

9. Inspektorat Jenderal

10. Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan

[Bintang] Kabar Gembira Buat Kamu Nih Girls, CPNS 2018 Segera Dibuka!
Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Liputan6.com)

Untuk jabatan, terdiri dari 7 jabatan yang dibuka dengan kualifikasi pendidikan, yaitu:

1. Diplomat

Kualifikasi Pendidikan:

- S1 Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Politik, Ilmu Ekonomi, Ilmu Budaya/Sastra Jepang, Ilmu Budaya/Sastra Tiongkok, Ilmu Budaya/Sastra Rusia, Ilmu Budaya/Sastra Arab, Ilmu Budaya/Sastra Perancis, Ilmu Budaya/Sastra Inggris, Ilmu Budaya/Sastra Jerman

- S2 Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum

2. Auditor

Kualifikasi Pendidikan: S1 Akuntansi

3. Perencana

Kualifikasi Pendidikan: S1 Akuntansi, S1 Manajemen

4. Analis Kepegawaian

Kualifikasi Pendidikan: S1 Manajemen, Ilmu Administrasi Negara/Administrasi Negara/Manajemen dan Kebijakan Publik

5. Perancang Peraturan Perundang-undangan

Kualifikasi Pendidikan: S1 Ilmu Hukum

6. Pustakawan

Kualifikasi Pendidikan: S1 Ilmu Perpusatakaan

7. Pranata Komputer

Kualifikasi Pendidikan: S1 Teknik Informatika


Kriteria Pelamar

[Bintang] Kabar Gembira Buat Kamu Nih Girls, CPNS 2018 Segera Dibuka!
Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar dengan kriteria sebagai berikut.

a. Putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cumlaude) dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri adalah dikhususkan bagi putra/putri lulusan jenjang pendidikan Strata 1 dengan predikat "dengan pujian (cumlaude)" dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan dan dibuktikan dengan keterangan lulus "dengan pujian (cumlaude)" pada ijazah atau transkrip nilai.

b. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua atau Papua Barat yang dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.

c. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk pada kriteria sebagaimana huruf a dan b di atas.

2. Pelamar sebagaimana angka 1 wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.


Persyaratan Umum Pelamar

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal pendaftaran secara daring di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan berusia maksimum:

a. 28 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2018 untuk Sarjana (S-1);

b. 32 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2018 untuk tingkat Magister/Master (S-2);

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 tahun atau lebih;

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

8. Sehat jasmani dan rohani.

9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.

10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah, termasuk di negara/wilayah yang rawan secara politik, ekonomi maupun keamanan.

11. Bersedia tidak mengundurkan diri selama mengikuti diklat pembentukan jabatan fungsional dan menjalani ikatan dinas selama 5 tahun sejak selesai diklat.


Tata Cara Pendaftaran

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan, silakan segera melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Ingat, pendaftaran hanya dibuka mulai tanggal 26 September 2018 pukul 00.01 WIB hingga 10 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB.

Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterima pada tanggal 12 Oktober 2018 pukul 16.00 WIB dengan cap pos tanggal 11 Oktober 2018.

Harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan, pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

lnformasi resmi yang terkait dengan Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2018 hanya dapat dilihat pada laman https://sscn.bkn.go.id dan laman https://e-cpns.kemlu.go.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya