Hindari 5 Hal Ini agar Cepat Naik Jabatan

Mau cepat naik jabatan? Ini dia caranya

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 28 Sep 2018, 08:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2018, 08:00 WIB
[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang heran dan bertanya-tanya, sudah kerja bertahun-tahun, tapi kenapa belum diangkat jadi karyawan tetap, ya? Bahkan sudah sering lembur pun, tidak mengalami kenaikan gaji bahkan dilirik bos buat dipromosikan. Kira-kira apa yang salah, ya?

Banyak yang belum paham kalau promosi jabatan sangat dipengaruhi oleh kondisi perusahaan. Sebagai contohnya adalah goyangnya kapal perusahaan dan melambatnya laju bisnis.

Namun, jika saat ini laju bisnis perusahaanmu cukup stabil, peluang untuk promosi bisa jadi lebih banyak. Untuk itu, ada beberapa hal yang memengaruhi promosi jabatan. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, beberapa di antaranya adalah hal-hal yang harus kamu hindari, seperti:

1. Memilih bekerja sendiri daripada tim

Karyawan yang baik adalah mereka yang bisa bekerja sama dalam tim. Sosok seperti ini juga bisa membawa perusahaan ke depannya menjadi lebih baik. Nah, orang-orang seperti inilah yang akan dipertahankan perusahaan dan dipromosikan dengan posisi lebih tinggi.

Sebaliknya, mereka yang tidak bisa dan tidak mau bekerjasama dalam tim tidak akan dipromosikan bahkan dipertahankan. Maka, belajarlah untuk bekerjasama dengan baik dalam tim. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah percaya dan menjalin kedekatan dengan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Pilih-pilih tugas

Stres Kerja Bisa Picu Goyahnya Kesehatan Mental
Foto Ilustrasi

Tidak akan ada perusahaan yang mau mempromosikan jika kamu sering menolak pekerjaan. Apalagi jika kamu suka pilih-pilih tugas. Memang benar jika dalam bekerja itu haruslah sesuai jobdesk. Tapi jika bosmu minta bantuan dan ternyata juga bagus untuk perkembangan kariermu, kenapa tidak? Banyak yang mengeluh karena mendapatkan tambahan tugas dan tanggung jawab. Mulai sekarang, sebaiknya harus lebih ikhlas dalam bekerja.

3. Kurang disiplin

Namanya juga aturan perusahaan, mau tidak mau, suka tidak suka harus dipatuhi. Disiplin dalam hal ini tidak hanya datang tepat waktu dan mengikuti aturan kantor, ya. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline juga termasuk dalam kedisiplinan.


4. Cuek dan tidak peduli dengan rekan kerja

Ilustrasi kerja
ilustrasi

Yang namanya promosi pastilah mengarah pada jabatan yang lebih tinggi. Jabatan tinggi ini tentu memiliki tanggung jawab besar dan meng-handle orang lebih banyak. Hanya orang yang berjiwa kepemimpinan dan peduli dengan anak buahlah yang pantas.

Orang-orang yang bisa disebut pantas di sini adalah mereka yang dengan suka rela membantu rekan kerjanya. Jadi mulai saat ini, cobalah untuk lebih peduli dengan rekan kerja, ya. Jika ada yang mengalami kendala dan bertanya padamu, jangan ragu untuk memberikan perhatian dan waktu untuk membantunya. Tentu saja dengan enggak mengabaikan kewajibanmu.

5. Relasi sosial kurang

Relasi sosial sangat berhubungan dengan cara berkomunikasi yang akrab dengan atasan, rekan kerja, bahkan karyawan dari perusahaan kompetitor. Cobalah untuk lebih akrab dengan mereka. Caranya adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kantor, seperti kumpul-kumpul dan piknik. Kamu bahkan bisa mengikuti komunitas yang memiliki hobi tertentu jika di kantormu ada.

Itu dia 5 hal yang harus kamu hindari agar memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan promosi jabatan. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya