Kabar Baru Proyek Meikarta Sejak Terbelit Kasus Suap

PT Lippo Karawaci Tbk (Lippo Karawaci) akan terus melanjutkan proyek pembangunan Meikarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jun 2019, 15:16 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2019, 15:16 WIB
Perkembangan Proyek Meikarta
Pekerja beraktivitas di kawasan proyek pembangunan Apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4). Sejak diluncurkan 17 Agustus 2017 lalu Meikarta secara cepat melakukan pembangunan dan kini sudah ada 28 tower yang sudah dibangun secara serentak (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (Lippo Karawaci) akan terus melanjutkan proyek pembangunan Meikarta meski sedang terkendala oleh masalah hukum terkait suap perizinan.

CEO [Lippo Karawaci](proyek ""), John Riady menuturkan, proyek akan terus berjalan sesuai dengan arahan pemerintah.

"Terus jalan saja, kita mengikuti arahan pemerintah ya, katanya suruh terus jalan. Yang penting bangun, karena itu janji kita ke konsumen, pasti kita terus bangun," kata dia, saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Dia mengungkapkan, perkembangan pembangunan Meikarta terus berlanjut. Bahkan pada Agustus 2019 akan dilakukan topping off 4 tower pertama di lahan yang izinnya tidak memiliki masalah apapun.

"Update Meikarta, jadi yang seperti saya sebutkan tadi, penyelesaian Meikarta ini merupakan kompartemen kami, dan seluruh rencana pembangunan. Meikarta dan unit yang sudah terjual itu akan dibangun," ujar dia.

Dia mengungkapkan, proyek pembangunan Meikarta terdiri dari 56 tower dengan 22.500 unit di dalamnya, Sejauh ini, unit yang terjual sudah mencapai 65 persen.

"Ada 56 tower, ini totalnya ada 22.500 unit yang sudah terjual 65 persen, itu cukup baik, sisanya 35 persen itu akan terjual selama 18-24 bulan ke depan itu kira-kira rencana kami," tutur dia.

Dia mengatakan, saat ini kawasan Meikarta juga sudah ramai. Bahkan sudah ada beberapa rumah makan dan tempat nongkrong yang sudah berdiri di sana.

"Di sana sudah banyak cafe dan restoran. Ada rumah makan padang favorit saya juga," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


RUPST Lippo Cikarang Setujui Rights Issue

Perkembangan Proyek Meikarta
Pekerja menyelesaikan pembangunan Apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4). Sejak diluncurkan 17 Agustus 2017 lalu, Meikarta secara cepat melakukan pembangunan yang saat ini sudah sampai lantai 20 dari total 30 lantai. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) mengumumkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan Kamis, 18 April 2019.

Dalam rapat tersebut para pemegang saham telah menyetujui pelaksanaan rights issue atau penawaran umum terbatas (PUT) perusahaan.

Dana dari rights issue akan digunakan untuk memperkuat neraca keuangan perusahaan dan pendanaan proyek Meikarta.

Para pemegang saham atau kuasanya yang memiliki kurang lebih 486.483.297 saham yang mewakili 69,897 persen dari saham LPCK dengan hak suara yang sah telah menghadiri RUPST. 

Presiden Direktur  PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), Simon Subiyanto menyatakan, secara umum, pencapaian kinerja Perusahaan pada 2018 meningkat secara signifikan dibandingkan dengan 2017. 

Sebagian besar peningkatan tersebut, kata dia, disebabkan oleh penjualan tanah komersial dan ruko yang naik secara signifikan. 

"Sepanjang 2018, perusahaan mencatat pendapatan operasional sebesar Rp 2,21 triliun, naik 47 persen dibandingkan dengan 2017," kata dia, di Jakarta, Kamis, 18 April 2019.

Dengan mempertimbangkan rencana rights issue dan keberlanjutan pembangunan proyek Meikarta, para pemegang saham telah menyetujui tidak ada pembagian dividen dari laba bersih yang telah dikurangi pajak untuk tahun buku 2018. 

Para pemegang saham menyetujui usulan rights issue senilai USD 200 juta , yang merupakan bagian dari program pendanaan LPCK yang telah diummnkan pada 12 Maret 2019. 

Setelah persetujuan pemegang saham dalam RUPST, Right Issue ini akan dilaksanakan setelah pernyataan pendaftaran telah dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Right Issue ini diharapkan selesai pada kuartal III 2019. 

 


Susunan Direksi dan Komisaris

Perkembangan Proyek Meikarta
Aktivitas pekerja di kawasan proyek pembangunan Apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4). Sejak diluncurkan 17 Agustus 2017 lalu, Meikarta secara cepat melakukan pembangunan yang saat ini sudah sampai lantai 20 dari total 30 lantai. (Liputan6.com/Johan Tallo)

LPCK juga mengumumkan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi sebagai berikut: 

Dewan Komisaris : 

Presiden Komisaris: Theo L. Sambuaga

Komisaris Independen: Sugiono Djauhali

Komisaris Independen: Didik Junaedi Rachbini 

Komisaris Independen: Hadi Cahyadi Komisaris: Ali Said 

Dewan Direksi : 

Presiden Direktur: Sie Subiyanto 

Direktur: Hong Kah Jin 

Direktur: Ju Kian Salim 

Direktur: Alexander Yasa 

Direktur: Lora Oktaviani 

Direktur Independen: Sony 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya