Kiprah Sunarso, Lulusan IPB yang Kini Pimpin BRI

Sunarso merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor tahun 1988 dan Master Administrasi Bisnis Universitas Indonesia tahun 2002.

oleh Arthur Gideon diperbarui 03 Sep 2019, 10:15 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2019, 10:15 WIB
Sah, Sunarso Jabat Direktur Utama BRI
Direktur Utama Bank BRI Sunarso (tengah) foto bersama jajaran direksi usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (2/9/2019). Posisi Wakil Direktur Utama Bank BRI yang ditinggalkan Sunarso kini diisi oleh Catur Budi Harto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memutuskan untuk mengangkat Sunarso menjadi Direktur Utama (Dirut). Posisi Sunarso ini menggantikan Suprajarto yang sebelumnya ditunjuk untuk menduduki posisi Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Sunarso bukan orang baru di BRI. Sebelumnya ia menduduki jabatan Wakil Direktur Utama BRI. Kursi tersebut ia duduki sejak Maret 2015. Namun pada 19 Oktober 2017 ia sempat pindah ke Pegadaian dan kembali lagi sebagai Wadirut BRI pada Januari 2019.

Sebelum berkiprah di BRI, Sunarso pernah menjabat sebagai Direktur Commercial and Business Banking di Bank Mandiri sejak 17 Mei 2010.

Pria kelahiran Pasuruan, 7 November 1963 ini merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor tahun 1988 dan Master Administrasi Bisnis Universitas Indonesia tahun 2002.

Sunarso sebelumnya juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan seminar dalam berbagai bidang, seperti Business Communication (1993), Management Umum Perbankan Lanjutan (1994), Sindikasi dan Dokumentasi Pinjaman (1997), serta Credit Principles Implementation (2000).

Kemudian Selling Commercial & Corporate Bank Service (2002), Sosialisasi Implementasi Data Cleansing (2004), Sertifikasi Manajemen Risiko (2006), Market Driving Strategies (2009), dan Strategic Business Leadership: Engagement Performance & Education (2011).

Pengalaman profesional Sunarso dimulai di Bank Dagang Negara sebagai analis kredit, kemudian asisten relationship manager dan relationship manager antara tahun 1991 hingga 1996.

Karier Sunarso di Bank Mandiri pada 1999 bermula sebagai senior officer, senior relationship manager, assistant vice president, vice president, SVP client service team manager, SVP GH plantation specialist, EVP GH corporate banking agro based antara tahun 1999-2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Sunarso Diangkat Jadi Dirut BRI

Sah, Sunarso Jabat Direktur Utama BRI
Direktur Utama Bank BRI Sunarso (tiga kanan) foto bersama jajaran direksi usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (2/9/2019). Selain penunjukan Sunarso sebagai Direktur Utama Bank BRI, RUPSLB juga merombak jajaran direksi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rapat tersebut memutuskan adanya pengangkatan Direktur Utama (Dirut) yaitu Sunarso.

Sunarso sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dirut. Dia naik ke posisi Dirut menggantikan Suprajarto yang digeser menjadi Dirut BTN. 

Sementara itu, posisi Wadirut yang ditinggalkan Sunarso kini diisi oleh Catur Budi Harto.

"Direktur utama Sunarso, wakil direktur utama Catur Budi Harto," kata Sunarso dalam acara konpers usai RUPLSB, di Gedung BRI 1, Jakarta, Senin (2/9).

Selain itu, perombakan juga terjadi pada jajaran direksi. Ada 4 orang direksi BRI yang posisinya diganti oleh orang lain. Ada beberapa orang yang dicopot dan diganti.

"RUPSLB juga memutuskan perubahan anggota dewan komisaris dan direksi," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya