Hadapi Dampak Pandemi, Smagz Studio dan Fireworks Photography Lakukan Inovasi Digital

Smagz Studio dan Fireworks Photography adalah satu kesatuan usaha di bidang fotografi yang tidak bisa dipisahkan.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 13 Nov 2020, 20:25 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2020, 20:24 WIB
Inovasi dan Upgrade Skill Jadi Fokus Smagz Studio/Fireworks Photography untuk Berkembang
Smagz Studio/Fireworks Photography.

Liputan6.com, Jakarta Komitmen yang besar untuk memberdayakan masyarakat dan komunitas di bidang fotografi mendorong Smagz Studio/Fireworks Photography  berhasil menjadi finalis ajang Kreatif Lokal Award 2020 yang dipersembahkan oleh Adira Finance.

Smagz Studio dan Fireworks Photography adalah satu kesatuan usaha di bidang fotografi yang tidak bisa dipisahkan. Dimulai dari keinginan memberdayakan potensi yang dimiliki komunitas di bidang fotografi, Smagz Studio menjadi wadah belajar dan berkreasi untuk menuangkan bakat fotografi, videografi, dan desain grafis, sampai akhirnya bergabung di Fireworks Photography.

Nama usaha “firework” sendiri mengambil filosofi dari kata kembang api yang bercahaya, sedangkan “smagz” merupakan nama komunitas di mana para crew berasal dari komunitas tersebut.

Cecep Cahyana atau yang akrab disapa Cero menceritakan usaha di bidang fotografi ini bermula dari lingkup kecil yakni melalui ekstrakurikuler dan komunitas) hingga dapat berkembang sampai sekarang.

 

Cecep Cahyana.
Cecep Cahyana.

Melalui Smagz Studio dan Fireworks Photography, Cero ingin memberdayakan dan membantu para anggota komunitas atau crew di dalamnya dengan menjadikannya sebagai karyawan tetap maupun freelance hingga dapat memanfaatkan potensi di bidang yang fotografi, videografi, dan desain grafis.

"Segmen saya dimulai dari jenjang SMA. Karena memang basic-nya dari ekstrakulikuler, kebetulan saya pelatih ekstrakurikuler di salah satu sekolah di Lembang. Basic awalnya justru dari anak-anak SMA. Mereka yang kuliah bisa juga melanjutkan untuk bekerja di studio kami. Regenerasi terus berjalan dari mulai SMA sampai Mahasiswa, apakah mereka mau terus bekerja bersama kami atau membuka usaha sendiri," ujar kata Cero saat menjawab pertanyaan dewan juri di babak final Kreatif Lokal Award beberapa waktu lalu.

Tercatat, Studio dan Fireworks Photography masih terus memberdayakan masyarakat sekitar dengan memberikan pelatihan fotografi dan melayani kebutuhan foto event, pre wedding dan sebagainya. Usaha ini mempekerjakan sebanyak 13 orang yang bertanggung jawab di bagian studio, bagian fireworks crew, bagian wedding/event dan lain-lain. Sebagian besar dari mereka merupakan mahasiswa dengan penghasilan 1,5 - 2 juta per bulan.

 


Inovasi di Tengah Pandemi

Smagz Studio dan Fireworks Photography Lakukan Inovasi Digital
Swandajani Gunadi, Direktur SDM & Marketing Adira Finance dan Smagz Studio/Fireworks Photography Cecep Cahyana.

Pandemi Covid-19 yang berdampak pada bisnis Smagz Studio dan Fireworks Photography membuat Cero harus berputar otak dan berinovasi agar bisnisnya mampu bertahan dan tetap menghidupi para karyawan.

Cero menceritakan kalau bisnisnya ikut turun karena dampak dari pandemi. Sehingga dirinya fokus meningkatkan promosi secara digital dan melakukan live streaming.

"Terobosan kami adalah beralih ke digital, promosi melalui media sosial, selain pekerjaan photo wedding ada live streaming juga. Untuk bikin buku tahunan sekolah misalnya tahun ini kita menyiapkan suatu tempat yang memang bisa melakukan pemotretan tanpa banyak berkerumun. Sehingga tetap bisa melakukan untuk menjaga kesehatan dari klien," ujar Cero.

Untuk bisa mengembangkan bisnis dan bersaing dengan pihak lain, Cero mengungkapkan tidak hanya fokus untuk mengupgrade peralatan tapi juga skill SDM Smagz Studio dan Fireworks Photography.

Smagz Studio dan Fireworks Photography Lakukan Inovasi Digital
Darwis Triadi, Juri Kreatif Lokal Award 2020 dan Founder Smagz Studio/Fireworks Photography Cecep Cahyana.

"Selain upgrade gear, kita juga upgrade skill. Supaya lebih baik harus selalu upgrade dan mengikuti perkembangan zaman. Seperti karakter foto yang berbeda, apalagi sekarang digabungkan dengan dunia digital. Selain itu, harus mengupgrade kemampuan dari sisi desain dan retouching juga," tutur Cero

Dengan ikut Festival Kreatif Lokal 2020, Cero berharap bisa mendapatkan banyak dampak positif. Kamu bisa cek usaha mereka di akun instagram @studiosmagz.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Kreatif Lokal 2020, sebuah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja sama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Total UKM yang mengikuti ajang Kreatif Lokal Award 2020 mencapai 1.079 UKM yang terdiri dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance dan masyarakat umum. Penghargaan Kreatif Lokal Award diserahkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance.

Informasi selengkapnya seputar Festival Kreatif Lokal 2020, klik di sini.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya