Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin Corona Covid-19 ke Warganya

Beberapa produsen farmasi sudah menemukan Vaksin Covid-19 yang disebut-sebut ampuh menangkal Virus Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Des 2020, 10:34 WIB
Diterbitkan 14 Des 2020, 10:01 WIB
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Virus Covid-19 ini sudah menjangkiti jutaan warga dunia. Bahkan, virus ini telah membunuh 1,5 juta orang secara global, menurut data Universitas John Hopskin.

Para produsen farmasi dan negara-negara di dunia, berpacu mencari obat hingga vaksin yang telah meluluhlantakkan kondisi kesehatan maupun perekonomian negara-negara di dunia.

Kabar baiknya, beberapa produsen farmasi sudah menemukan vaksin yang disebut-sebut ampuh menangkal virus Covid-19. Sebut saja Pfizer, Moderna, Astra Zeneca dan lainnya.

Bahkan, Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19. Vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua warga negara di negara-negara ini. 

Keberadaan vaksin diharapkan bisa memutus rantai Virus Corona Covid-19. Tak perlu pusing untuk bisa mengaksesnya, bahkan beberapa negara memutuskan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 bagi warganya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut negara yang menggratiskan vaksin Covid-19:

1. Amerika

Presiden Terpilih AS Joe Biden telah berjanji bahwa jika terpilih sebagai presiden akan memastikan vaksinasi COVID-19 gratis untuk semua orang Amerika.

Dia mengungkapkan rencana ini sebagai tanggapan tentang penanganan pandemi beberapa hari sebelum pemilihan presiden AS. "Vaksin yang aman dan efektif, harus gratis untuk semua orang, baik Anda diasuransikan atau tidak, " kata Joe Biden pada Oktober.

2. Jepang

Jepang juga memastikan akan memberikan vaksin virus corona gratis kepada semua penduduknya. Bahkan ini tertuang dalam undang-undang yang disahkan.

RUU tersebut, menyebutkan jika pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin Covid-19 untuk 126 juta penduduk Jepang. Majelis tinggi parlemen pun telah menyetujui.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Ini


3. Prancis

Banner Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan langkah vaksinasi di negaranya hanya tinggal menunggu waktu. Vaksinasi Covid-19 juga akan gratis untuk semua warga. Di mana, vaksinasi akan dilakukan dalam 3 tahap.

4. Norwegia

Norwegia akan memberikan vaksin melawan Covid-19 secara gratis kepada penduduknya jika sudah tersedia. Demikian mengutip pernyataan pemerintah negara itu pada Oktober. Bahkan dikatakan ini akan menjadi program vaksinasi nasional.

5. India

Pada 25 Oktober, Menteri India Pratap Sarangi mengatakan, negara akan memberikan vaksin Covid gratis. 

Pemerintahan Tamil Nadu, Madhya Pradesh, Assam dan Puduchchery juga mengumumkan vaksin Covid gratis untuk orang-orang di negara bagiannya. Sementara kepala menteri Delhi Arvind Kejriwal menuntut vaksin gratis bagi semua warga negara di seluruh negeri.

 


6. Finlandia

Gambar Ilustrasi Vaksin Virus Corona
Sumber: Freepik

Rencananya Finlandia akan memulai vaksinasi Covid-19 gratis pada awal 2021. Kementerian kesehatan negara itu mengatakan, vaksin akan ditawarkan dengan prioritas: tenaga medis, pasien rumah sakit dan panti jompo, orang dari kelompok usia yang lebih tua.

'Tujuan Finlandia adalah melindungi seluruh penduduk dengan vaksin berlisensi. Vaksin ditawarkan secara gratis kepada semua orang yang menginginkan," mengutip pernyataan kementerian Kesehatan.

7. Pakistan

Pemerintah Pakistan telah mengumumkan akan memberikan vaksin gratis kepada publik. Sekretaris Parlemen bidang Kesehatan Nausheen Hamid, mengatakan pemerintah Tehreek-i-Insaf Pakistan telah menyetujui dana untuk pembelian vaksin.

"Pemerintah akan memberikan vaksin virus corona gratis kepada masyarakat. Pemerintah akan mulai vaksinasi mulai kuartal II 2021," cuit Hamid.


Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China?

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya