Jangan Tertipu, Lolos atau Tidak Kartu Prakerja Gelombang 13 Diketahui dari Sini

Pendaftaran peserta untuk Program Kartu Prakerja gelombang 13, akan ditutup pada Minggu, 7Maret 2021.

oleh Athika Rahma diperbarui 08 Mar 2021, 08:47 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2021, 11:19 WIB
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran peserta untuk Program Kartu Prakerja gelombang 13,  akan ditutup pada Minggu, 7 Maret 2021, pukul 12.00 WIB ini. Bagi peserta yang lolos akan mendapatkan SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akunnya.

Adapun kuota pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang kali ini masih sama dengan sebelumnya yakni sebanyak 600.000 orang.

"Sobat Prakerja, Mimin mau mengumumkan bahwa Gelombang 13 akan ditutup pada hari Minggu, tanggal 7 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Bagi Sobat Prakerja yang sudah memiliki akun Prakerja, segera klik tombol “Gabung” yang ada di dashboard ya!," mengutip penjelasan akun instagram resmi @prakerja.go.id.

Manajemen Prakerja menghimbau agar peserta tidak mengganti nomor ponsel untuk mengetahui lolos atau tidak program pemerintah ini.

"Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP," dalam akun instagram prakerja.

"Hati-hati dengan situs palsu! Daftar hanya di situs resmi www.prakerja.go.id," pendaftar prakerja kembali diingatkan.ㅤㅤ

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, sebelumnya mengatakan ada beberapa hal yang baru bagi para penerima Kartu Prakerja di tahun 2021.

Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta akan muncul di dashboard.

Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit.

"Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening," jelasnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Ini


Cara Daftar

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja gelombang 13 ini diberikan kepada karyawan, pencari kerja hingga korban PHK yang ingin mendapatkan pelatihan dan bantuan insentif.

Namun, peserta terpilih harus memenuhi beberapa syarat. Mulai dari Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, belum pernah menerima atau jadi peserta Kartu Pekerja, hingga belum pernah jadi penerima Bansos Kementerian Sosial, penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Berikut tata cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13:

- Membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id.

- Cantumkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi. Lalu lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email terdaftar.

- Setelah berhasil daftar dan login di akun prakerja, silakan masuk ke dashboard akun.

- Pada tahap verifikasi KTP, isi NIK, Nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Berikutnya.

- Lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone dan klik Kirim.

- Masukan kode OTP yang dikirimkan via SMS lalu klik Verifikasi.

- Isi Pernyataan Pendaftar, kemudian klik Oke.

- Ikuti Tes Motivasi dan Tes Kemampuan Dasar dengan memilih opsi Mulai Tes Sekarang.

- Pilih gelombang diinginkan yang disesuaikan dengan domisili, lalu klik Gabung.

- Konfirmasi pilihan gelombang akan muncul, dan jika sesuai klik Ya, Gabung.

- Terakhir, calon peserta akan ditanyai beberapa hal sebagai persetujuan mengikuti program Kartu Prakerja. Lalu klik Saya menyetujui untuk menyelesaikan pendaftaran.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya