Program Teman Bus Makassar akan Tersedia di 261 Titik

Layanan Teman Bus di Makassar sudah dilengkapi dengan aplikasi Teman Bus 2.0 untuk penumpang sehingga diketahui posisi bus.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 20 Agu 2021, 20:35 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2021, 20:35 WIB
Teman Bus dari Kemenhub Siap Layani Perjalanan Warga Palembang Secara Gratis
Fasilitas di dalam Teman Bus yang akan melayani warga Kota Palembang secara gratis hingga bulan Desember 2020 mendatang (Dok. Humas Kemenhub / Nefri Inge)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperluas program Teman Bus yang merupakan layanan Buy The Service (BTS) ke Makassar, Sulawesi Selatan. Layanan Buy The Service di Makassar akan tersedia di 87 unit bus yang akan melayani penumpang di empat rute layanan dengan 261 titik halte atau bus stop.

Dengan demikian, transportasi umum serupa hingga saat ini sedang dibangun Ditjen Perhubungan Darat di 10 kota besar per tahun 2021 yang diharapkan dapat menjadi backbone transportasi perkotaan.

“Kita harapkan angkutan massal perkotaan nantinya sebagai angkutan utama atau prioritas sehingga dari Pemerintah Daerah dapat diberlakukan sejumlah kebijakan setempat untuk mendorong masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (20/8/2021).

Dirjen Budi menyampaikan hal tersebut pada webinar bertajuk “Program Teman Bus untuk Konektivitas Kawasan Perkotaan di Makassar. Ia melanjutkan, ada empat rute layanan BTS di Makassar.

1. Terminal Mallengkeri - UNHAS (melalui Jl. Metro Tj. Bunga),

2. Mall Panakkukang - Bandara Sultan Hasanuddin,

3. Kampus 2 PNUP - Kampus 2 PIP,

4. Pelabuhan Soekarno Hatta - UIN Samata.

Mengacu UU 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 158 dituliskan bahwa Pemerintah baik pusat maupun daerah menjamin ketersediaan angkutan massal.

“Jadi pemerintah harus menyiapkan angkutan massal dengan kondisi yang terkini sehingga bus yang akan melayani masyarakat adalah bus yang nyaman, bersih, aman, murah, dan menarik secara visual,” tambah Dirjen Budi.

Lebih lanjut, Dirjen Budi menyatakan bahwa baik dari sisi penumpang maupun pengemudi akan mendapatkan jaminan kepastian. Selain menjamin faktor keselamatan bagi penumpang, ia juga menjamin pengemudi mendapatkan kepastian mengenai pendapatannya.

“Sehingga tetap ada gaji sesuai standar yang ditetapkan, tidak berdasarkan sepi atau ramainya penumpang, namun dengan catatan selama mengemudi tidak ada pelanggaran. Pengemudi juga akan mendapat perlindungan jaminan pekerja dengan BPJS,” tuturnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknis Operasional

Pada kesempatan yang sama, dalam hal teknis operasionalnya, Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani turut memaparkan detil operasional layanan Teman Bus di Makassar.

“Bus yang kita siapkan adalah low deck, dengan bus ukuran sedang. Layanan Teman Bus ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi Teman Bus 2.0 untuk penumpang sehingga diketahui posisi bus sudah dimana,” tambah Yani.

Yani menjelaskan bahwa dalam penggunaannya nanti, sama seperti di kota-kota sebelumnya, layanan BTS di Makassar akan menerapkan standar dan indikator dalam operasionalnya, mulai dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) hingga standar kendaraan yang harus selalu dalam kondisi prima.

Ia menilai Yang paling penting ukuran keberhasilan layanan angkutan perkotaan ini yang pertama headway 10-15 menit. Kemudian load factor kita bisa menghitung jumlah penumpang naik dan turun dengan alat yang tersedia di bus jadi dapat diketahui demand-nya berapa.

“Indikator selanjutnya tingkat kecelakaan saat operasional akan dimonitoring secara langsung, termasuk kecepatan angkutan umum ini kalau melanggar akan didenda,” kata Ahmad Yani.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani dengan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Keduanya menyambut baik sekaligus berbangga atas layanan BTS Teman Bus yang akan melayani masyarakat Makassar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas webinar ini semoga kita dapat menemukan solusi untuk memberikan pelayanan massal angkutan perkotaan yang lebih mudah, ekonomis, nyaman bagi masyarakat khususnya bagi Makassar,” kata Abdul Hayat Gani. 


Ada Banyak Masalah

Sementara itu, hadir juga pengamat transportasi, Djoko Setijowarno yang mengungkapkan bahwa ada banyak hal untuk membuat transportasi umum mulai dari masalah eksternal, kelembagaan, hingga pendukung feeder transportasi.

“Untuk kota Makassar angkutan umum yang sering digunakan adalah pete-pete dengan 15 rute utama. Memang ada banyak masalah termasuk halte, sehingga membuat rute (di Makassar) itu tidak mudah,” katanya

“Teman-teman Organda juga turut terlibat dan duduk bersama sehingga jangan sampai nanti ketika beroperasi Teman Bus terjadi gesekan. Secara teknis mudah dilakukan tetapi kendala sosial ini yang sulit,” imbuhnya Djoko.

Dari sisi Pemerintah Daerah, Djoko juga menyarankan agar operasional Teman Bus di Makassar berjalan lancar.

Misalnya dengan melakukan sejumlah hal seperti mempersiapkan halte bus, sosialisasi atau kampanye penggunaan angkutan umum, studi kemanfaatan program, dan kebijakan untuk memprioritaskan angkutan umum dibandingkan angkutan pribadi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya