Keberadaan BUMDes dan BRILink Permudah Aktivitas Perekonomian Warga Desa Pasir Baru

Aktivitas ekonomi dan perbankan masyarakat di Desa Pasir Baru, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau semakin dimudahkan dengan kehadiran BUMDes Pasir Baru dan layanan BRILink.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 01 Nov 2021, 16:10 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2021, 16:10 WIB
Keberadaan BUMDes dan BRILink Permudah Aktivitas Perekonomian Warga Desa Pasir Baru
Desa Pasir Baru (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas ekonomi dan perbankan masyarakat di Desa Pasir Baru, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau semakin dimudahkan dengan kehadiran BUMDes Pasir Baru dan layanan BRILink.

Kepala Desa Pasir Baru, Ponco Indriyanto menjelaskan sejak BUMDes aktif menjalankan sejumlah unit usaha, banyak kebutuhan masyarakat yang bisa terpenuhi dan banyak kemudahan yang dirasakan warga desa.

Adapun unit usaha yang dikelola BUMDes Pasir Baru adalah Unit Toko Bangunan, Sarana Produksi Pertanian, Pangkalan Gas Elpiji hingga Unit Layanan Keuangan BRILink.

"Semua itu (unit usaha) sangat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat karena semua unit itu menjadi satu kebutuhan yang sangat mendesak bagi masyarakat," kata Ponco.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Keberadaan BUMDes dan BRILink Permudah Aktivitas Perekonomian Warga Desa Pasir Baru
Desa Pasir Baru (Istimewa)

Keberadaan BUMDes dan BRILink memang menjadi penting, mengingat akses dari Desa Pasir Baru ke Kabupaten atau Ibukota Kecamatan jaraknya cukup jauh sekitar 25km.

"Dengan adanya BUMDes yang sudah membuka unit usaha, jadi masyarakat tidak perlu mengeluarkan cost yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan, karena sekarang bisa didapat di BUMDes," tambah Ponco.


Awal Mula Kemajuan BUMDes Pasir Baru

Keberadaan BUMDes dan BRILink Permudah Aktivitas Perekonomian Warga Desa Pasir Baru
Desa Pasir Baru (Istimewa)

Ponco mengatakan kalau BUMDes Pasir Baru sebenarnya telah ada sejak tahun 2011 namun tidak berjalan. Barulah di tahun 2018, Ponco mulai memaksimalkan BUMDes Pasir Baru.

Pada awal menghidupkan kembali BUMDes Pasir Baru, Desa memberikan penyertaan modal kepada BUMDes. Dari sinilah BUMDes mulai membuka unit usaha toko bangunan.

Untuk mendukung berkembang unit-unit usaha BUMDes, Ponco memerintahkan semua kegiatan pembangunan di desa dan pengadaan barang jasa yang terkait bangunan harus berbelanja di BUMDes. Dari sini mulai tumbuh unit-unit usaha baru.

"Jadi dana dari pemerintah pusat yang kita terima itu nggak ke mana mana jadinya. Uang itu muternya dari desa ke BUMDes ke desa lagi. Artinya yang mengelola juga bisa berdaya," katanya.


Manfaat BRILink Bagi Warga Desa

Agen BRILink.
Agen BRILink. (Istimewa)

Lebih lanjut, Ponco menyampaikan bahwa aktivitas perbankan masyarakat desa semakin dimudahkan sejak ada layanan BRILink di BUMDes Pasir Baru.

Semua transaksi perbankan mulai dari transfer, belanja online dan bayar listrik semua dilakukan di agen BRILink. Untuk meminjam uang ke bank bisa memberikan persyaratan ke mantri BRI yang ada di desa, dan ke bank hanya untuk mengambil dana pinjaman.

"Respons masyarakat sangat antusias dengan adanya BRILink karena mereka dapat memangkas waktu. Misalnya, untuk membayar tagihan bank tagihan motor mereka tidak perlu antri lagi di bank lama. Sekarang cukup di desa, alhamdulillah layanan itu hampir 24 jam karena di kantor di rumah dilayani," jelasnya.

Dia berharap, Agen BRILink di desanya semakin berkembang dan transaksi perbankan semakin mudah. Selain itu juga pembinaan UMKM di desa semakin intensif. Melihat banyaknya dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat.

Penganugerahan Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021.
Penganugerahan Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021.

Karena berhasil mengelola BUMDes dan mendorong perekonomian warga, Desa Pasir Baru pun mendapatkan apresiasi dan terpilih sebagai Desa BRILian 2021 Batch 1 yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama bumdes.id, Kementerian Desa dan Transmigrasi RI.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya