Inilah 6 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Jumbo di 2021

Kapitalisasi pasar perusahaan adalah nilai total semua saham perusahaan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 29 Des 2021, 06:00 WIB
Diterbitkan 29 Des 2021, 06:00 WIB
Kantor Baru Google di Berlin
Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan terbesar di dunia menjadi lebih besar di tahun 2021. Selama setahun terakhir, beberapa perusahaan dunia meraih lonjakan angka kapitalisasi.

Sebut saja Apple dan Microsoft mencapai kapitalisasi pasar sebesar USD 3 triliun. Sementara Tesla dan perusahaan induk Facebook, Meta mencatat pertumbuhan bersejarah sebesar USD 1 triliun untuk pertama kalinya.

Kapitalisasi pasar perusahaan adalah nilai total semua saham perusahaan. "Perusahaan-perusahaan teknologi yang masuk ke dalam deretan senilai USD 1 triliun ini hampir terlihat seperti secangkir kopi di Silicon Valley sekarang," ujar Dan Ives, seorang analis teknologi di Wedbush Securities, dikutip dari laman CNBC Make It, Rabu (29/12/2021).

"Ini bukan momen besar seperti dua atau tiga tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa Big Tech berada dalam posisi yang tak tertandingi untuk keluar dari pandemi," ungkapnya.

Apple, Microsoft, Alphabet, Amazon, Tesla dan Facebook menambahkan keuntungan gabungan USD 2,9 triliun ke kapitalisasi pasar kolektif mereka pada  tahun ini, mengacu data 23 Desember, menurut Factset.

Berikut penjelasannya: 

1. Apple 

Saham Apple, tumbuh 30 persen di 2021

Kapitalisasi pasar awal tahun Apple adalah sebesar USD 2,2 triliun, sementara kapitalisasi pasarnya pada 23 Desember mencapai USD 2,9 triliun.

Terlepas dari banyak sekali masalah rantai pasokan yang mengganggu produksi produk-produk penting seperti iPhone, dan hanya melewati ambang batas kapitalisasi pasar sebesar USD 2 triliun pada Agustus 2020, Apple melewati tahun 2021 dengan langkah stabil menuju kapitalisasi pasar sebesar USD 3 triliun.

Pertumbuhan saham Apple hingga 30 persen tahun ini menambahkan USD 659,8 miliar ke kapitalisasi pasarnya. Apple tetap menjadi perusahaan dengan nilai terbesar di dunia - kira-kira  USD 400 miliar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perusahaan Lainnya

Wah, Microsoft Bakal Bangun Apartemen dan Ruang Ritel
Agar lebih terbuka, Microsoft akan segera merombak kantor pusatnya yang berlokasi di Redmond, Washington.

2. Microsoft 

Kapitalisasi pasar awal tahun Microsoft adalah sebesar USD 1,7 triliun, sementara kapitalisasi pasarnya pada 12/23 senilai USD 2,5 triliun.

Perusahaan teknologi yang didirikan oleh Bill Gates ini telah menjadi bintang dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatkan fokusnya pada teknologi cloud. Pada tahun 2021 saja, saham Microsoft melonjak 50 persen.

Kapitalisasi pasar perusahaan tersebut melampaui USD 2 triliun untuk pertama kalinya pada bulan Juni 2021, dan diprediksi akan melampaui Apple untuk menjadi perusahaan pertama yang bernilai USD 3 triliun.

 3. Goggle Alphabet

Kapitalisasi pasar awal tahun Perusahaan induk Google ini adalah USD 1,2 triliun, sementara kapitalisasi pasarnya pada 12/23 adalah USD 2 triliun.

Nilai Google Alphabet mencapai USD 2 triliun pada awal November, kurang dari dua tahun setelah melampaui USD 1 triliun pada Januari 2020.

Saham Google Alphabet meningkat 65 persen tahun ini, denganmelaporkan peningkatan pendapatan iklan hingga 43 persen dalam laporan pendapatan terakhirnya.

Google Alphabet juga dengan mudah mengalahkan perkiraan analis untuk profitabilitas.

Kinerja saham Google Alphabet didukung oleh ketergantungan konsumen pada produk dan layanan digital Google selama pandemi, dan baru-baru ini dinobatkan sebagai saham Big Tech tahun ini oleh CNBC.

 

 


4. Amazon

Kantor Amazon
Kantor Amazon

Kapitalisasi pasar awal tahun Amazon, adalah sebesar USD1,6 triliun, sementara kapitalisasi pasarnya pada 12/23 adalah USD 1,7 triliun.

Saham Amazon telah naik dan turun selama 2021, kenaikan itu sempat mencapai 17 persen musim panas ini sebelum mencapai kenaikan 6 persen yang lebih sederhana.

Meski tengah bergulat dengan pertumbuhan penjualan yang melambat karena konsumen sudah kembali ke toko dan masalah rantai pasokan membatasi ketersediaan beberapa item, Amazon masih melaporkan pendapatan sebesar USD 110,8 miliar pada kuartal terakhir.

 

5. Tesla 

Kapitalisasi pasar awal tahun Tesla, adalah sebesar USD 677.4 miliar dengan kapitalisasi pasarnya pada 12/23 senilai USD 1,1 triliun

Tesla menindaklanjuti kinerja saham 2020 yang memukau — yang melihat sahamnya tumbuh lebih dari lima kali lipat menjadi salah satu nama terpanas di Wall Street dan menjadikan CEO Elon Musk orang terkaya di dunia — dengan kuat pada tahun 2021.

Saham Tesla tumbuh 46 persen tahun ini, dan melewati kapitalisasi pasar sebesar USD 1 triliun untuk pertama kalinya.

Untuk konteksnya, Tesla melampaui Toyota, pembuat mobil paling bernilai saat ini No.2 di dunia, pada Juli 2020, ketika nilainya relatif sedikit USD 206 miliar.

 

6. Meta

Kapitalisasi pasar awal tahun Meta, adalah USD 778,2 miliar dan apitalisasi pasarnya pada 12/23 USD 932,6 miliar.

Meskipun saat ini kurang dari sasaran, Facebook juga mencatat kenaikan nilainya hingga USD 1 triliun awal tahun ini. 

"Terlepas dari kebisingan, monetisasi Facebook dari miliaran penggunanya terus terjadi dengan kecepatan tinggi," kata Dan Ives, seorang analis teknologi di Wedbush Securities.

Meta saat ini fokus pada peningkatan fitur Reels, yang bersaing langsung dengan TikTok.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya