Laba Bersih BUMN Tembus Rp 61 T, Erick Thohir Minta Anak Buah Tak Terlena

Menteri BUMN Erick Thohir berhasil membawa kementeriannya mendapatkan capaian terbaik sepanjang 2021.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 04 Jan 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2022, 17:00 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir berhasil membawa kementeriannya mendapatkan capaian terbaik sepanjang 2021. Erick Thohir menegaskan capain tersebut menjadi pelecut semangat untuk bisa terus memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara.

"Ini harus menjadi pelecut semangat agar kami terus bekerja, berkontribusi, dan menorehkan prestasi di tahun-tahun mendatang. Demi memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," tulis Erick dalam laman instagramnya @erickthohir.

Lebih lanjut, Erick kemudian mengingatkan seluruh pihak di kementerian BUMN untuk tidak terlena dengan capaian tersebut. Dimana Kementerian BUMN memegang peranan penting bagi perekonomian nasional dan menjadi lokomotif pembangunan bangsa.

"Pencapaian di tahun 2021 harus disyukuri. Tetapi kami tidak boleh berpuas diri," ujar Erick.

Seperti diketahui, transformasi dan inovasi Erick berhasil memberikan capaian terbaik dan prestasi gemilang yang diraih oleh Kementerian BUMN.

Hal itu dapat terlihat dari laporan yang dipublikasikan, meliputi sisi keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan BUMN dalam memberikan kontribusi pada negara mencapai Rp 375 triliun di tahun 2020.

Serta meningkatkan laba bersih konsolidasi BUMN secara signifikan, dari hanya Rp 13 Triliun pada akhir 2020, menjadi Rp 61 Triliun di triwulan ketiga 2021.

"Meski kita semua terus berjuang menghadapi disrupsi akibat pandemi, kinerja positif Kementerian BUMN tetap bisa ditingkatkan. Kinerja keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial yang dilakukan mencatat hasil terbaik," tutur Erick yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Restrukturisasi Korporasi

Erick Thohir Bahas Jiwasraya
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan paparan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR RI untuk skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/1/2020). Erick Thohir diundang untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Erick juga terus melakukan restrukturisasi korporasi, membentuk holding, dan membuat program sertake bijakan yang berpihak terhadap pengembangan ekonomi di akar rumput.

Seperti Program Makmurdari Pupuk Indonesia, KUR dari Himbara, Mekaar dari PNM, hingga Pertashop Pertamina yang berhasil membuka peluang kesempatan kerja baru bagi masyarakat untuk menjadi entrepreneur baru.

"Atas nama seluruh pimpinan dan karyawan kementerian serta para direksi perusahaan BUMN, kamibersyukur. Dan alhamdulillah di akhir 2021 ini saya bisa menyampaikan kabar baik kepada masyarakatdan bangsa Indonesia," jelas Erick.

Di samping itu, berkat tangan dingin Erick di Kementerian BUMN berhasil merealisasikan transformasi dibidang human capital, dengan target sebanyak 15 persen posisi direksi ditempati kaum perempuan, serta 5 persen dipimpin oleh kaum muda. Serta penyelesaian kasus Jiwasraya, yang belasan tahun terbengkalai, melalui perpindahan menjadi nasabah ke Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN sektor asuransi dan penjaminan.

Kini, memasuki tahun baru 2022, Erick optimis Kementerian BUMN akan terus bisa memberikan yangterbaik untuk bangsa dan negara. Karenanya ia mengingatkan, bahwa apapun harapan yang belumteralisasikan di tahun sebelumnya, dengan semangat baru harus direalisasikannya.

"Semoga teman-teman semua dapat lanjut memperjuangkan harapannya yang belum terlaksana.Bismillah untuk masa depan yang lebih baik untuk Indonesia," tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya