China Luncurkan Aplikasi Dompet Yuan Digital

Aplikasi dompet yuan digital ini tersedia di toko aplikasi Android China dan Apple

oleh Tira Santia diperbarui 05 Jan 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2022, 11:00 WIB
Pria Tiongkok Jual Anak Sendiri untuk Biayai Jalan-Jalan dengan Istri Baru
Ilustrasi mata uang yuan China. (dok. Eric Prouzet/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Bank sentral China meluncurkan versi percontohan aplikasi dompet untuk yuan digital. Keberadaan aplikasi dalam upaya memperluas penggunaannya ke lebih banyak orang.

Aplikasi dompet yuan digital ini tersedia di toko aplikasi Android China dan Apple. Fasilitasi ini memungkinkan pengguna untuk membuka dompet yuan digital dan membelanjakan mata uangnya.

Melansir laman CNBC, Rabu (5/12/2021), Yuan digital atau e-CNY adalah versi digital dari mata uang negara China dan telah bekerja sejak tahun 2014. Ini bukan cryptocurrency seperti bitcoin tetapi dikeluarkan dan dikendalikan oleh People's Bank of China.

Sejauh ini, China telah melakukan sejumlah uji coba di seluruh negeri dalam bentuk lotere. Sistemnya, pengguna di kota-kota tertentu diberikan sejumlah kecil mata uang digital untuk dibelanjakan.

Beberapa pengecer, seperti perusahaan e-commerce JD.com, telah menerimanya sebagai pembayaran dalam setahun terakhir.

 


Belum Resmi Meluncur Nasional

20150813-Mata Uang Yuan-Jakarta
Petugas menghitung uang pecahan 100 Yuan, Jakarta, Kamis (13/8/2015). Biang kerok keterpurukan kurs rupiah dan sejumlah mata uang negara lain adalah kebijakan China yang sengaja melemahkan (devaluasi) mata uang Yuan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tetapi yuan digital belum secara resmi diluncurkan secara nasional dan tidak ada batas waktu untuk ini.

Aplikasi baru ini memungkinkan pengguna di 10 area termasuk kota besar Shanghai dan Beijing untuk menggunakannya.

Sebelumnya, hanya pengguna tertentu yang dapat menggunakan aplikasi berdasarkan undangan. Namun kini semua orang dapat mengunduh aplikasi. Ini menandakan China mencoba membuat lebih banyak orang menggunakan mata uang digital.

"Area Olimpiade Musim Dingin Beijing menjadi salah satu tempat yuan digital dapat digunakan," mengutip pemberitahuan dalam aplikasi.

Olimpiade Musim Dingin, yang berlangsung tahun ini di ibu kota Tiongkok, telah menjadi salah satu acara yang ditargetkan Bank Rakyat Tiongkok untuk membawa yuan digital.

Namun, aplikasi e-CNY akan menghadapi persaingan ketat dari dua aplikasi pembayaran digital dominan China seperti Alipay dari Ant Group dan WeChat dari Tencent.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya