Jadi Host FIBA World Cup 2023, Stadion Indoor Multifungsi GBK Rampung Akhir 2022

Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 09 Jul 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2022, 18:00 WIB
Indoor Multifunction Stadium (IMS)
Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS), yang berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. (Dok. Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS), yang berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Stadion multifungsi ini dibangun sejak Desember 2021 guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, hingga awal Juli 2022 progres konstruksi stadion sudah mencapai 32 persen. Itu lebih cepat dari rencana sebesar 3,3 persen, dengan target rampung sesuai kontrak Maret 2023.

"Secara kontraktual selesai Maret 2023 tetapi akan diselesaikan lebih cepat mudah-mudahan Desember 2022 selesai. Diharapkan dengan pembangunan stadion ini kualitasnya GBK akan lebih baik dan lebih hijau," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/7/2022).

Menurut dia, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet untuk berprestasi di tingkat internasional.

"Kalau basket pada SEA Games sudah juara, setelah memiliki stadion ini harus lebih ditingkatkan prestasinya. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi," ujar Menteri Basuki.

Selain itu, ia juga berpesan, semoga stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Indonesia.

"Kenapa konsepnya multifungsi, jadi bisa untuk konser atau olahraga. Tadi disampaikan teknologinya teleskopik tribun. Ini di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi untuk bisa membiayai sendiri dalam rangka pemeliharaan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lahan

Indoor Multifunction Stadium (IMS)
Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS), yang berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. (Dok. Kementerian PUPR)

Stadion indoor mutifungsi dibangun di atas lahan seluas 31.826 m2 dan luas tapak bangunan 21.304 m2 dengan dengan kapasitas menampung 16.088 penonton. Secara desain, stadion memiliki 5 lantai dengan fungsi utama sebagai 1 Lapangan Basket Utama dan 2 lapangan latihan.

Pembangunan stadion ini dilaksanakan dengan teknologi konstruksi Building Information Modeling (BIM) atau teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0. Anggaran pembangunannya bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021-2023 senilai Rp 639,1 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (KSO).

Adapun pekerjaan dilaksanakan meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, dan pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.


Sambut FIBA World Cup 2023, Erick Thohir Ingin Indonesia Bisa Lolos

Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut FIBA World Cup 2023 yang akan dilaksanakan dua tahun lagi. Timnas Bola Basket Indonesia mendapatkan kesempatan untuk turut berkontribusi dalam pertandingan. 

Antusiasme dalam menyambut acara ini menciptakan harapan kepada Indonesia agar bisa lolos dalam pertandingan.

Kali ini, Jakarta sebagai kota perwakilan Indonesia ditunjuk juga sebagai salah satu penyelenggara, dua di antaranya Jepang (Okinawa) dan Filipina (Manila). 

“Ketika pemain terbaik dunia berkumpul di pertandingan Piala Dunia, saya tahu pasti bahwa kita semua menantikan pertandingan yang luar biasa ini,” ujar Erick dalam unggahan video singkatnya di Instagram @erickthohir, Jumat (03/02/2021).

Terdapat dua pilihan bagi tim Indonesia untuk bisa lolos, yaitu dapat menduduki peringkat 8 besar FIBA Asia Cup 2020 atau menempati peringkat 5 pada FIBA World Cup 2023-Asia Qualifier.

Erick juga menuliskan dengan optimis bahwa selama pertandingan berlangsung harus dapat menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus dapat bersaing secara kompetitif. 


Hasil Kualifikasi

Timnas Basket Indonesia
Penampilan Timnas Basket Indonesia saat menghadapi Saudi Arabia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023, Jumat (1/7/2022) (Sumber: PP Perbasi)

Hasil kualifikasi dari FIBA World Cup 2023 menjadi titik terang bagi Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensinya di olahraga bola basket bersama negara-negara asing lainnya.

Penentuan kualifikasi telah dilaksanakan di Jenewa Swiss akhir bulan lalu, 31 Agustus 2021. Pembagian dibagi menjadi dua bagian untuk wilayah Asia, ada Asia Barat dan Asia Timur.

Negara yang terdaftar di wilayah Asia Barat antara lain Bahrian, India, Iran, Jordania, Lebanon, Saudi Arabia, dan Syria. Sementara itu, Asia Timur terdiri dari Australia, China, Filipina, Indonesia, Jepang, Korea, Selandia Baru, dan Taiwan.

Seperti yang tercantum dalam unggahan Erick Thohir sendiri, Indonesia berapa di grup C bersama Yordania, Saudi Arabia, dan Lebanon. Setelah mengetahui posisi pemain Indonesia, segala persiapan harus dilakukan seluruh atlet dan pelatih.

“Kepada semua pemain, penggemar, dan komunitas basket di mana pun Anda berada, bergabunglah dengan saya untuk menikmati momen ini menuju Piala Dunia yang dimulai hari ini,” ajak Thohir untuk bersama memberikan dukungan positif untuk acara ini.

Reporter: Caroline Saskia

Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya