Pangeran Harry Bikin Heboh Dunia Usai Rilis Memoar "Spare", Intip Dulu Hartanya

Mengintip kekayaan Pangeran Harry yang baru saja merilis buku memoarnya, berjudul Spare.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 12 Jan 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 15:00 WIB
Pangeran Harry. (Harry: The Interview di ITV1 dan ITVX pada 8 Januari 2023. PA via AP)
Pangeran Harry. (Harry: The Interview di ITV1 dan ITVX pada 8 Januari 2023. PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Pangeran Harry tengah menjadi sorotan setelah buku memoar rilisannya menuai berbagai respon publik internasional, yang membahas tentang berbagai permasalahan yang dihadapinya di keluarga Kerajaan Inggris

Sorotan pada buku memoar berjudul Spare yang dirilis pada 10 Januari 2023 ini pun menyusul serangkaian wawancara eksklusif yang menuai pro dan kontra, di mana Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle mengungkapkan berbagai cerita kejadian yang mereka alami selama masih bekerja untuk  keluarga Kerajaan Inggris. 

Melansir GoBankingRates, Kamis (12/1/2023) Pangeran Harry mengundurkan diri dari peran seniornya di Keluarga Kerajaan Inggris pada tahun 2020 tak lama setelah putra sulungnya, Archie, lahir.

Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal bersama teman-temannya di Kanada dan AS sebelum membeli rumah mereka di Montecito di daerah Santa Barbara, California.

Pada saat itulah dia terputus secara finansial dari Keluarga Kerajaan dan menjadi bergantung pada warisan dari ibu dan nenek buyutnya.

Menurut laman Celebrity Net Worth, kekayaan Pangeran Harry kini sebesar USD 60 juta atau sekitar Rp. 920.7 miliar (asumsi kurs Rp.15.750 per doar AS).

Harga buku memoar Spare tulisan Pangeran Harry

Di Indonesia, buku memoar Spare sudah bisa langsung dibeli dengan bentuk e-book. Pada laman Google Play Books, harga buku Spare didiskon dari Rp 335.024 ribu menjadi Rp 234.517.

Buku setebal 416 halaman itu bahkan bisa dibeli dengan menggunakan pulsa.

 

 


Harga Buku Spare di Platform Lainnya

Penampakan Buku Pangeran Harry yang Gemparkan Kerajaan Inggris
Buku baru karya Pangeran Harry berjudul "Spare" ditempatkan di rak toko buku saat pembukaan tengah malam di London, Selasa (10/1/2023). Memoar Pangeran Harry "Spare" tiba di toko buku pada hari Selasa, menyediakan beragam potret Duke of Sussex dan keluarga kerajaan. (AP/Alberto Pezzali)

Sementara itu, harga buku Spare di aplikasi buku Rakuten Kobo dipatok lebih murah, yaitu seharga USD 13.99 (Rp 217 ribu). Buku di Rakuten Kobo bisa dibeli dengan kartu kredit.

Adapun buku cetakan yang dibanderol lebih mahal.

Situs e-commerce buku, yakni Book Depository mematok memoar tersebut seharga Rp 507 ribu. Ada juga e-commerce lokal, yakni Tokopedia menjualnya dengan harga sekitar Rp 500 ribu dan masih dalam penawaran pre-order.


Intip Harta Kekayaan Milik Keluarga Kerajaan Inggris yang Tajir Melintir

Mengenang Ratu Elizabeth II yang Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun
Ratu Elizabeth II (tengah) bersama keluarga kerajaan berpose di balkon Istana Buckingham pada 12 Mei 1937. Meninggalnya Ratu Elizabeth II dikonfirmasi oleh Kerajaan Inggris dalam Twitternya. "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," demikian pernyataan Istana Buckingham. (AFP/Central Press)

Kamis (8/9) merupakan hari yang penuh duka bagi keluarga Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia di usia 96 tahun.

Dia terlihat sangat stabil di dalam Monarchy PLC, juga dikenal sebagai "The Firm" – sebuah institusi bernilai miliaran dolar yang menyalurkan jutaan pound sterling ke dalam ekonomi Inggris setiap tahun, Forbes melaporkan.

Sementara itu, berbicara soal harta, keluarga kerajaan tentu memiliki berbagai sumber pendapatan yang bervariasi Masing-masing, tidak diragukan lagi, sangat aman dalam hal finansial. Salah satunya mendapatkan penghasilan dari turis yang membayar untuk mengunjungi istana kerajaan.

Lantas, kira-kira berapa banyak uang yang dimiliki para bangsawan itu dan dari mana sumbernya?

Menurut laporan Forbes seperti dilansir Fox Business, Jumat (9/9/2022), Monarchy PLC memiliki aset hampir USD 28 miliar melalui berbagai entitas seperti The Crown Estate, Buckingham Palace dan Kensington Palace.

Misalnya, The Crown Estate, yang memiliki tanah dan kepemilikan monarki Inggris di Inggris Raya, mengelola aset senilai USD 19,5 miliar. Istana Buckingham, kediaman resmi penguasa Inggris di London sejak awal 1800-an, diperkirakan bernilai USD 4,9 miliar, catat laporan Forbes.

Sementara itu, Istana Kensington, yang berisi kantor dan kediaman Dukes dan Duchesses of Cambridge, Gloucester dan Kent di London, serta Pangeran dan Putri Michael dari Kent, dilaporkan bernilai USD 630 juta.

Lebih lanjutnya, berikut ini total harta yang dimiliki keluarga Kerajaan Inggris.


Ratu Elizabeth II

Suami Ratu Elizabeth II Mundur dari Tugas Kerajaan
Pangeran Philiph atau Duke of Edinburgh tengah memberi makan gajah bernama Donna di Centre for Elephant Care London ( Ben STANSALL / AFP)

Sebelum meninggal, Ratu Elizabeth II memperoleh aset pribadi tambahan sebesar USD 500 juta, menurut Forbes.

Tiadanya sang ibu, Pangeran Charles sebagai anak secara otomatis menjadi raja meskipun penobatannya mungkin tidak berlangsung selama berbulan-bulan. Nilainya USD 400 juta, menurut Marie Claire.

Pangeran Philip, Adipati Edinburgh

Pangeran Philip, yang menghabiskan lebih dari tujuh dekade untuk menghidupi istrinya, diperkirakan memiliki kekayaan 30 juta euro pada saat kematiannya April 2021. Dia meninggal pada usia 99 tahun.

Pangeran William dan Kate, Duke dan Duchess Cambridge

Duchess of Cambridge bernilai USD 7-10 juta, menurut Money, yang mengutip data dari perusahaan pelacak kekayaan global Wealth-X pada 2018.

Namun, Duchess of Cambridge secara mandiri kaya sebelum menikah dengan monarki, menurut Harper's Bazaar. Dia memiliki cukup banyak kekayaan dari bisnis keluarganya, Party Pieces, menurut outlet tersebut.

Sementara itu, suaminya, Pangeran William, akan mendapatkan keuntungan finansial sebagai pewaris takhta. Dia adalah putra pertama Charles dan mendiang Putri Diana. Begitu ayahnya, Pangeran Charles, naik takhta, dia akan mewarisi Kadipaten Cornwall. Dengan warisan ini datanglah kumpulan investasi properti dan keuangan dengan aset sebesar 1,2 miliar euro, menurut beberapa laporan.

Adapun Pangeran William dan saudaranya, Harry, diperkirakan memiliki kekayaan antara USD 25-40 juta, menurut laporan Business Insider pada tahun 2017. William dan Harry diberi USD 10 juta dari ibu mereka, Putri Diana, menurut Forbes. Mereka diberikan USD 450.000 per tahun sampai mereka berusia 30 tahun, dan kemudian mereka menerima jumlah penuh, outlet tersebut melaporkan.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya