Tradisi Valentine Day di Berbagai Negara, Bagaimana Hari Kasih Sayang Dirayakan Mulai dari AS Hingga Meksiko

Seperti bagaimana tradisi Valentine Day atau Hari Kasih Sayang di berbagai negara di dunia dirayakan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 19 Jan 2023, 15:48 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 15:48 WIB
Ilustrasi ucapan hari Valentine
Ilustrasi ucapan hari Valentine. (Photo by Element5 Digital on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 14 Februari, pasangan di berbagai negara menyambut Valentine Day atau yang dikenal sebagai Hari Kasih Sayang.

14 Februari mungkin merupakan hari di mana seseorang menyiapkan kartu ucapan kasih sayang dengan pesan yang tulus. 

Melansir laman Today.com, Kamis (19/1/2023) tradisi Valentine's Day sudah ada sejak abad ke-15. Selama perang saudara Prancis pada tahun 1415, ketika Duke of Orleans menjalani hukuman penjara di Menara London, tetapi cobaan itu tidak menghentikannya untuk mengirimkan puisi cinta kepada istrinya, yang dia sebut sebagai "valentine saya yang sangat lembut".

Di Amerika Serikat, tradisi Valentine's Day sering dilakukan dengan membeli beragam hadiah mulai dari bunga, makanan rumahan hingga kotak cokelat.

Namun bagaimana tradisi Valentine's Day di negara lain? berikut ulasannya :

Republik Ceko

Valentine's Day atau Hari Kasih Sayang semakin populer selama bertahun-tahun di Republik Ceko. 

Namun berbeda dengan negara-negara lainnya, Ceko menyambut Valentine's Day pada tanggal 1 Mei, bukan 14 Februari.

Tradisi bagi pasangan di negara itu untuk merayakan Valentine's Day salah satunya mengunjungi patung penyair Ceko, Karel Hynek Macha, yang terletak di dekat hutan pohon ceri. Kunjungan itu disebut bisa mendapatkan keberuntungan.

Denmark

Di Denmark, perayaan Valentine's Day tidak hanya dilakukan oleh pasangan. Hari Kasih Sayang di negara itu juga dirayakan oleh teman dan keluarga yang bertukar kartu ucapan, yang mengungkapkan perasaan menyentuh hingga gurauan.

Beberapa bahkan mungkin mengirim surat tanpa nama, dengan tanda tangan yang hanya ditulis menggunakan titik. Surat itu disebut sebagai gaekkebrev - biasanya menampilkan karya potongan kertas dan puisi atau pesan pendek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tradisi Inggris

Ilustrasi kata-kata ucapan, Hari Valentine
Ilustrasi kata-kata ucapan, Hari Valentine. (Photo by Jamie Street on Unsplash)

Ada berbagai cara untuk merayakan Valentine's Day di Inggris, tetapi salah satu cara yang paling populer adalah dengan suara merdu nyanyian anak-anak.

Uniknya, anak-anak yang menyanyi akan dihadiahi permen, buah, atau uang. Beberapa bahkan mungkin memperdagangkan roti bertema Valentine's Day juga dikenal sebagai plum shuttles — yang dipanggang dengan kismis, prem, atau biji-bijian untuk memperingati panen yang melimpah.

Prancis

Parncis, terutama Paris, telah lama dianggap sebagai salah satu destinasi paling romantis di dunia, terlepas dari hari dan tahun.

Tetapi ketika 14 Februari tiba, sepasang kekasih di kota itu bertukar surat atau kartu dan memberikan hadiah, serupa dengan tradisi yang dilakukan di AS.


Meksiko

Hari Valentine
Bunga mawar terlihat di pasar bunga grosir di Kolkata, India (7/20). Jelang perayaan hari Valentine, bunga mawar banyak diburu dari tanggal 7 Februari dengan ditandai dengan Rose Day. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Anda tidak harus berada dalam hubungan romantis untuk menikmati festival cinta Valentine's Day di Meksiko.

Hal itu karena 14 Februari di Meksiko ditandai sebagai "El Día del Amor y Amistad," yang diterjemahkan menjadi "Hari Cinta dan Persahabatan," di mana setiap orang terlepas dari status hubungan mereka dapat merayakannya dengan memberi hadiah bunga, kartu, boneka, dan banyak lagi.

Filipina

Tidak ada tradisi tertentu untuk merayakan Valentine's Day di Filipina. Namun, pemerintah negara itu pernah menyelenggarakan upacara pernikahan besar-besaran secara massal sehingga ratusan pasangan dapat menikah di Hari Kasih Sayang tersebut.


Wakil PM Singapura Beri Hadiah Valentine Day ke Warga, Apaan Tuh?

Ilustrasi Hari Valentine
Ilustrasi Hari Valentine. (Photo by alleksana from Pexels)

Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong memberikan kabar baik bagi warga Singapura menjelang perayaan Hari Valentine (Valentine Day) tahun ini.

Lawrence Wong, yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Singapura, mengungkapkan bahwa pemerintahan Singapura akan menggunakan Anggaran 2023 untuk mendukung masyarakat berpenghasilan rendah di tengah tingginya inflasi.

Hal itu disampaikannya dalam peluncuran Skema Voucher CDC Singapura 2023 pada 3 Januari 2023.

"Tim Kementerian Keuangan sekarang sedang mengerjakan Anggaran 2023. Anggaran akan diumumkan pada tanggal 14 Februari," kata Lawrence Wong, dikutip dari laman resmi kantor Perdana Menteri Singapura, Jumat (13/1/2023).

"Ini akan menjadi hadiah Hari Valentine (Valentine Day) saya untuk kalian semua," sambungnya.

Lawrence Wong mengatakan, bahwa pihaknya menyadari kekhawatiran yang meluas tentang masalah biaya hidup di Singapura.

"Oleh karena itu kami melihat langkah-langkah penambahan dalam anggaran untuk mendukung warga Singapura di tahun mendatang, terutama mereka yang berada di kelompok yang lebih rentan dan berpenghasilan rendah," lanjutnya.

"Yakinkan semua orang bahwa Pemerintah akan selalu ada untuk Anda, untuk membantu Anda mengatasi kenaikan harga dan inflasi," pungkasnya.

Selain Anggaran 2023 menjelang Valentine Day, Lawrence Wong juga mengumumkan voucher belanja yang disebut sebagai CDC Vouchers di tahun 2023 ini senilai 300 dolar Singapura, yang setengahnya dapat digunakan di sejumlah supermarket lokal yang berpartisipasi.

Kementerian Keuangan Singapura memutuskan untuk membagi voucher tersebut menjadi dua bagian. 150 dolar, setengah dari voucher, akan disisihkan untuk pedagang dan pedagang asongan yang berpartisipasi, dan 150 lainnya untuk supermarket.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya