Catat, Beli Pertalite dan Solar di 138 Kota Wajib Pakai MyPertamina Mulai Februari 2023

PT Pertamina (Persero) memperluas program uji coba pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk 138 kabupaten/kota di 12 provinsi mulai Februari 2023 ini.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 07 Feb 2023, 19:05 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2023, 19:05 WIB
Pendaftaran BBM Subsidi Pertamina
Pengendara menunjukkan aplikasi MyPertamina saat mendaftar untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar subsidi untuk kendaraan roda empat di SPBU Pertamina 31.124.02 di kawasan Fatmawati, Jakarta, Rabu (27/7/2022). PT Pertamina (Persero) memperluas program uji coba pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk 138 kabupaten/kota di 12 provinsi mulai Februari 2023 ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memperluas program uji coba pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk 138 kabupaten/kota di 12 provinsi mulai Februari 2023 ini.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, mengabarkan tahap awal uji coba pembelian BBM via MyPertamina telah sukses dilakukan di 34 kabupaten/kota hingga Desember 2022.

"Sampai Februari, direncanakan tambahan sekitar 138 kabupaten/kota," ujar Harsono dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (7/2/2023).

Sebagai mengeksekusi, Pertamina juga telah melakukan sinkronisasi data dengan Korlantas Polri, dengan target go-live bisa tercapai pada bulan ini.

Dalam menjalankan program subsidi BBM tepat sasaran via MyPertamina, Harsono melanjutkan, Pertamina juga terus memproses temuan dalam rangka digitalisasi SPBU. Itu dilakukan sembari menanti revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM

"Tentunya ada beberapa finding juga, di sini merupakan ruang-ruang untuk perbaikan pada saat implementasi nantinya, sambil tunggu revisi Perpres 191/2014," jelasnya.

Menurut pemaparannya, digitalisasi SPBU melalui aplikasi MyPertamina jadi kunci penting dalam program pengendalian BBM subsidi Pertalite dan Solar.

Itu turut ditunjang lewat monitoring signal transaksi tak wajar yang disinyalir menurun, serta konektivitas SPBU dengan sistem Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) yang sudah terlaksana di 528 SPBU.

 


Cara Daftar MyPertamina buat Beli BBM Solar Subsidi, Mulai Wajib Hari Ini

Penyediaan Penggantian dan Battery Swapping Station di SPBU
Petugas SPBU melayani pengendara mobil di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Battery Swapping Station SPBU Pertamina, MT. Haryono, Jakarta, Senin (7/11/2022). Sejak pemerintah resmi menaikkan harga BBM mulai dari pertalite, solar dan pertamax, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebagai alternatif kendaraan kembali ramai dibicarakan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

PT Pertamina (Persero) mulai mewajibkan konsumen yang membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi terdaftar di subsudittepat.mypertamina.id. Kebijakan ini berlaku pada Kamis hari ini, 26 Januari 2023. Sebagai informasi, kebijakan penggunaan aplikasi MyPertamina dibuat dalam rangka penyaluran subsidi energi yang lebih tepat sasaran.

Sementara itu, konsumen yang tidak terdaftar pada MyPertamina kendaraan hanya boleh membeli solar subsidi sebanyak 20 liter per harinya.

"Yang belum terdaftar masih bisa dilayani dengan batasan maksimum 20 liter per hari. Setelah sebelumnya bulan Desember full cycle diterapkan di beberapa wilayah Jawa Tengah, per 26 Januari 2023 akan ditetapkan jenis biosolar gelombang 1," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dikutip dari Merdeka.com, Kamis (23/1/2023).

Jika Anda belum memiliki akun, berikut ada langkah-langkah cara daftar MyPertamina pengguna solar subsidi dan pertalite untuk kendaraan roda empat, melansir laman resmi MyPertamina : 

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu : KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id, atau dengan scan kode QR pendaftaran.

3. Kemudian klik Daftar Sekarang.

4. Isi data diri di formulir pendaftaran sesuai KTP pada kolom yang tersedia dan upload juga foto KTP serta foto diri. 

5. Masukkan password untuk digunakan bila ada perubahan data. Catat dan pastikan Anda bisa mengingat password yang dicantumkan. 

6. Bila sudah terisi dengan benar, klik Selanjutnya. 

7. Isi data kontak dan alamat secara lengkap, Bila sudah terisi dengan benar, klik Selanjutnya.

8. Pilih Jenis Subsidi.

9. Pilih Tipe Customer.

10. Di bagian isian data kendaraan, upload foto STNK serta foto kendaraan dan nopol. Pastikan foto yang di-upload jelas dan sesuai contoh yang diberikan.

11. Masukkan data pengguna kendaraan yang didaftarkan.


Langkah Selanjutnya

20170105-BBM-Naik-AY1
Papan petunjuk BBM yang berada di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). Penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

12. Untuk tipe customer Non-Kendaraan, lengkapi data pada formulir secara benar kemudian upload foto Surat Rekomendasi dan isi kolom data sesuai yang tertera pada surat. Kemudian masukkan nilai kuota sesuai dengan jumlah yang tertera di surat rekomendasi.

13. Kemudian masukkan password untuk melakukan klaim penggunaan subsidi bagi kendaraan yang didaftarkan. Catat dan ingat password yang dimasukkan ya!

14. Bila telah terisi lengkap dan sesuai, klik Selanjutnya.

15. Beri centang pada kotak persetujuan privasi data, kemudian klik Daftar Pengguna BBM Subsidi.

16. Pendaftaran pelanggan BBM subsidi akan melalui proses konfirmasi data dalam tujuh hari kerja.

17. Bila pendaftaran pelanggan BBM subsidi telah terkonfirmasi, pelanggan dapat melakukan pembelian solar subsidi atau Pertalite dengan terlebih dahulu men-download kode QR dari Aplikasi MyPertamina atau website subsiditepat.mypertamina.id  


Daftar Kabupaten/Kota yang Mulai Uji Coba Subsidi Tepat MyPertamina Mulai 26 Januari 2023

Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertamina
Petugas melakukan pengisian bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Kamis (30/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, secara terbatas bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina, mulai 1 Juli mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun daftar kabupaten dan kota yang memberlakukan uji coba Subsidi Tepat MyPertamina pertanggal 26 Januari 2023 sebagai berikut :

- Kabupaten Serang

- Kota Cilegon

- Kota Serang

- Kota Jakarta Barat

- Kota Jakarta Pusat

- Kota Jakarta Selatan

- Kota Jakarta Timur

- Kabupaten Bekasi

- Kabupaten Bogor

- Kabupaten Cianjur

- Kabupaten cirebon

- Kabupaten indramayu

- Kabupaten Karawang

- Kabupaten Purwakarta

- Kabupaten Subang

- Kabupaten Sukabumi

- Kabupaten Tasikmalaya

- Kota Bekasi

- Kota Bogor

- Kota Cimahi

- Kota Depok

- Kota Sukabumi

- Kota Tasikmalaya

- Kabupaten Bantul

-  Kabupaten Kulon Progo

- Kota Yogyakarta

- Kabupaten Batang

- Kabupaten Brebes

- Kabupaten Demak

- Kabupaten Karanganyar

- Kabupaten Magelang

- Kabupaten Pati

- Kabupaten Pemalang

- Kabupaten Semarang

- Kabupaten Tegal

- Kabupaten Wonosobo

- Kota Semarang

- Kota Surakarta  


Kota Lainnya

FOTO: Harga Pertalite Turun Setara Premium Jadi Rp 6.450 per Liter
Petugas SPBU mengisi bahan bakar jenis pertalite kepada pengguna sepeda motor di Pamulang, Tangerang Seatan, Banten, Senin (21/9/2020). Pertamina memberi diskon harga BBM jenis pertalite di Tangerang Selatan dan Bali, dari Rp 7.650 menjadi Rp 6.450 per liter. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Daftar kabupaten dan kota yang memberlakukan uji coba Subsidi Tepat MyPertamina pertanggal 26 Januari 2023 sebagai berikut :

- Kota Tegal

- Kabupaten Badung

- Kabupaten Bangli

- Kabupaten Gianyar

- Kabupaten Tabanan

- Kota Denpasar

- Kabupaten Banyuwangi

- Kabupaten Bojonegoro

- Kabupaten Jombang

- Kabupaten Lomongan

- Kabupaten Madiun

- Kabupaten Malang

- Kabupaten Pacitan

- Kabupaten Ponorogo

- Kabupaten Sidoardjo

- Kabupaten Situbondo

- Kabupaten Tuban

- Kota Batu

- Kota Malang

- Kota Surabaya

  

Infografis Cara Daftar & Beli Pertalite & Solar Subsidi Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 2022
Infografis Cara Daftar & Beli Pertalite & Solar Subsidi Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya