Harga Emas Dunia Hari Ini Amblas ke USD 2.006, Bagaimana Prospeknya?

Harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 2.006,45 per ons. Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni menetap 0,7 persen lebih rendah ke level USD 2.022.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 07 Apr 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 07:00 WIB
20151109-Ilustrasi-Logam-Mulia
Harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 2.006,45 per ons. Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni menetap 0,7 persen lebih rendah ke level USD 2.022. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Harga emas memangkas kenaikan pada perdagangan Kamis menjelang laporan pekerjaan utama Amerika Serikat (AS). Namun harga emas masih berada di jalur untuk kenaikan mingguan karena data ekonomi AS yang lemah memicu kekhawatiran perlambatan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (7/4/2023), harga emas dunia di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 2.006,45 per ons. Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni menetap 0,7 persen lebih rendah ke level USD 2.022.

Harga emas telah naik lebih dari 2 persen sepanjang minggu ini, melampaui level kunci USD 2.000, karena harga minyak melonjak setelah pengurangan produksi OPEC+. Sementara data menunjukkan sektor jasa AS yang lebih lambat dan lowongan pekerjaan yang lebih sedikit.

Faktor yang juga mendukung harga emas minggu ini, indeks dolar melayang di sekitar posisi terendah dalam dua bulan, sementara imbal hasil Treasury mencapai titik terendah tujuh bulan.

Emas dipandang sebagai lindung nilai inflasi tetapi suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan dengan hasil nol.

Kenaikan Suku Bunga

The Fed harus tetap menaikkan suku bunga untuk menurunkan inflasi sementara pasar tenaga kerja tetap kuat, kata Presiden Fed St. Louis James Bullard.

Namun, lebih banyak data memperkuat perlunya penurunan suku bunga “dapat menjaga emas di atas USD 2.000 dan mungkin mendorongnya ke wilayah yang belum dipetakan,” kata Craig Erlam, analis pasar senior di OANDA.

Pedagang sedang menunggu laporan pekerjaan Amerika Serikat pada hari Jumat untuk petunjuk, tetapi reaksi mereka baru akan terlihat minggu depan karena libur pasar Jumat Agung. 


Harga Emas Dunia Tembus USD 2.019 per Ons, Level Tertinggi dalam Setahun

20151109-Ilustrasi-Logam-Mulia
Harga emas menyentuh level tertinggi dalam 1 tahun pada perdagangan Rabu karena data ekonomi Amerika Serikat (AS) baru-baru ini. (iStockphoto)

Harga emas menyentuh level tertinggi dalam 1 tahun pada perdagangan Rabu karena data ekonomi Amerika Serikat (AS) baru-baru ini.

Hal tersebut membawa kekhawatiran perlambatan dan mendorong prediksi bahwa bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) dapat melonggarkan kenaikan suku bunga acuannya sehingga berpengaruh terhadap gerak harga emas dunia.

Dikutip dari CNBC, Kamis (6/4/2023), harga emas di pasar spot naik ke level USD 2.019,99 per ons setelah sebelumnya melonjak ke level tertinggi sejak Maret 2022 di USD 2.031,89. Sedangkan harga emas berjangka AS diperdagangkan datar di level USD 2.036,40.

Harga emas melaju melewati level level kunci USD 2.000 pada hari Selasa setelah penurunan tajam data lowongan pekerjaan AS pada bulan Februari. Hal ini menambah keuntungan dari awal pekan ini setelah lonjakan minyak yang dipimpin OPEC memicu kekhawatiran kenaikan inflasi lainnya.

Para analis menyebut harga emas dapat mempertahankan kenaikan di atas level USD 2.000 karena kekhawatiran ekonomi tumbuh. UBS memperkirakan harga emas melampaui harga tertinggi sepanjang masa dan mencapai USD 2.200 pada akhir Maret 2024.

Pertumbuhan gaji swasta yang lebih lemah dari perkiraan di bulan Maret juga memperburuk kekhawatiran atas korban ekonomi dari kenaikan suku bunga Fed yang cepat. Bullion menemukan dukungan tambahan dari dolar yang melemah secara keseluruhan, dan penurunan imbal hasil AS.

 


Data Ekonomi Suram

Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Turun 5,6 Persen Akibat Covid-19
Deretan gedung perkantoran di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

“Data ekonomi suram yang kami dapatkan kemarin membuat sedikit penghindaran risiko kembali ke pasar dan itu bermanfaat untuk safe-haven emas,” kata Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

Pedagang sekarang melihat peluang 60 persen dari kenaikan suku bunga AS berhenti di bulan Mei, mencerahkan prospek emas dengan imbal hasil nol dan statusnya sebagai lindung nilai inflasi yang disukai.

Data nonfarm payrolls AS pada hari Jumat dapat memberikan petunjuk lebih lanjut, meskipun analis mengatakan reaksi pasar mungkin baru terlihat minggu depan karena liburan Jumat Agung.

Saat harga emas dunia meroket, harga perak turun 0,4 persen ke USD 24,93 per ons, harga platinum turun 1,9 persen ke USD 997,44. Sementara harga paladium turun 1,5 persen menjadi USD 1.435,35. 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya