10.750 Warga Bandung Sudah Mulai Mudik Pakai Kereta Api pada 14 April 2023

Pada masa angkutan Lebaran 2023, otoritasnya mengoperasikan 497 perjalanan KA jarak jauh. Terdiri dari 440 perjalanan KA reguler serta 57 perjalanan KA tambahan serta 1.176 perjalanan KA Lokal yang tetap dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran.

oleh Arie Nugraha diperbarui 14 Apr 2023, 15:50 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 15:50 WIB
FOTO: PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api Jarak jauh
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). PT KAI telah mengoperasikan lima perjalanan kereta jarak jauh untuk tujuan Bandung, Cirebon, dan Surabaya mulai Jumat 10 Juli 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 10.750 pemudik dengan menggunakan kereta api (KA) mulai berangkat dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (PT KAI Daop) 2 Bandung pada hari perdana angkutan Lebaran mulai 14 April - 2 Mei 2023.

Seluruh penumpang kereta api itu berangkat menggunakan KA Jarak Jauh pada hari ini. Pada masa Angkutan Lebaran kali ini, KAI Daop 2 Bandung sendiri telah menyiapkan 260.382 tiket.

Menurut juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, rincian keseluruhan tiket itu terdiri dari 225.384 tiket KA reguler dan 34.998 tiket KA tambahan.

"Sebanyak 170.335 tiket telah terjual sampai hari ini," ujar Mahendro dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Jumat, 14 April 2023.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, otoritasnya mengoperasikan 497 perjalanan KA jarak jauh. Terdiri dari 440 perjalanan KA reguler serta 57 perjalanan KA tambahan serta 1.176 perjalanan KA Lokal yang tetap dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode angkutan Lebaran 2023 ini, PT KAI Daop 2 Bandung menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 36 orang, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 46 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) 40 orang. Sedangkan peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, PT KAI secara keseluruhan melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib.

"Daop 2 Bandung menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 147 Polsuska, 254 security, serta 67 TNI dan Polri (eksternal). Termasuk 2 unit polisi satwa (K-9) yang ditempatkan di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong," kata Mahendro.

 


Petugas Siap

KAI akan meluncurkan dua Kereta Api baru yaitu KA Baturraden Ekspres relasi Bandung - Purwokerto PP dan KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta PP. (Dok KAI)
KAI akan meluncurkan dua Kereta Api baru yaitu KA Baturraden Ekspres relasi Bandung - Purwokerto PP dan KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta PP. (Dok KAI)

Mahendro mengatakan dimulainya angkutan Lebaran 2023, otoritanya telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal.

Kesiapan itu mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lainnya yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Mahendro menjelaskan seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi standar operasional prosedur (SOP).

"Para petugas frontliner seperti kondektur, prama atau prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Daop 2 Bandung konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran 2023," kata Mahendro.

 


Kerja Sama dengan BNN

Salah satunya adalah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat melakukan pemeriksaan urine kepada 150 Awak Sarana Perkeretaapian yang terdiri dari masinis, kondektur, teknisi KA serta tenaga keamanan antara lain Polsuska dan Security.

Pemeriksaan ini ucap Mahendro, selain dilakukan guna menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas dari narkoba, juga bentuk kesiapan Daop 2 Bandung menciptakan perjalanan KA yang aman, dan nyaman pada masa angkutan Mudik Lebaran 2023.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya