Simak 8 Tips Cegah Kebakaran ketika Mudik Lebaran 2023 dari Damkar Depok

Supaya rumah aman saat ditinggal mudik Lebaran, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan termasuk agar tidak terjadi kebakaran. Berikut tips agar tak terjadi kebakaran.

oleh Agustina Melani diperbarui 17 Apr 2023, 19:57 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 19:57 WIB
Simak 8 Tips Agar Tak Terjadi Kebakaran saat Mudik Lebaran 2023
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat memberi delapan tips mencegah supaya tidak terjadi kebakaran ketika masyarakat pergi Mudik Lebaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - - Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan termasuk agar tidak terjadi kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat memberi delapan tips mencegah supaya tidak terjadi kebakaran ketika masyarakat pergi Mudik Lebaran.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana menuturkan, warga yang hendak meninggalkan rumahnya dapat melakukan sejumlah langkah antisipasi. Pertama, mematikan semua aliran listrik dan alat elektronik lainnya.

Kedua, jika mudik cukup lama, kosongkan lemari emas dan matikan aliran listriknya. Ketiga, kosongkan penampung air dan matikan aliran listrik pada pompa air.

Keempat, mencabut seluruh colokan dari stok kontaknya. “Kemudian, antisipasi kelima dengan merapikan kabel yang masih berantakan baik di bawah karpet atau bahan yang mudah terbakar,” tutur dia.

Keenam, mematikan seluruh lampu di ruangan. Ketujuh, mencabut regulator tabung gas dan menutup dengan rapat serta simpan gas di tempat sirkulasi yang baik dan terlindungi dari sinar matahari.

Kedelapan, jika sebagai perokok aktif pastikan bara api pada puntung rokok sudah padam, sehingga aman dan tidak memicu kebakaran saat hendak mudik.

“Juga titipkan rumah kepada petugas keamanan setempat, lapor RT dan RW untuk antisipasi dan mengurangi risiko kebakaran,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lonjakan Arus Mudik Lebaran Diprediksi Mulai 18 April 2023, Masyarakat Diimbau Atur Waktu Perjalanan

KEPADATAN RUAS JALAN TOL
Foto udara menunjukkan kendaraan memadati Ruas tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Lebaran 2022, volume jumlah kendaraan mengalami peningkatan hingga menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas arus mudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau warga dapat mengatur waktu perjalanan. Hal ini agar tidak bertumpuk pada masa puncak arus mudik H-4 hingga H-1 atau 18-22 April 2023.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, sebelumnya puncak arus mudik diprediksi terjadi pada J-1 atau 21 April 2023. Akan tetapi, saat ada penyesuaian waktu cuti bersama ada kemungkinan terjadi lonjakan sejak 18 April 2023 malam.

"Oleh karena itu, kami minta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik,” ujar Pitra dikutip dari Antara, Senin (17/4/2023).

Ia berharap, kesuksesan penyelenggaraan angkutan Lebaran juga diperlukan peran aktif dari masyarakat sehingga tanggung jawab tidak hanya pada pemerintah saja.


Atur Perjalanan

Pemudik Lebaran 2023 Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan
Jumlah penumpang di Terminal Kampung Rambutan mengalami peningkatan secara signifikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan demikian, pihaknya berharap masyarakat sebelum melakukan perjalanan untuk merencanakan dan mengatur perjalanan dengan baik.

“Mulai dari menyiapkan kendaraannya, kondisi fisik pengemudinya, rute dan waktunya sehingga semua pemudik tidak terhambat perjalanannya, lancar, dan yang terpenting tiba dengan selamat di tujuan,” ujar dia.

Seiring dengan meningkatnya pergerakan pemudik motor pada akhir pekan lalu, ia imbau agar pemudik motor yang memakai jalan arteri nasional dapat memperhatikan waktu istirahat.

“Kami menyarankan agar para pemudik baik yang menggunakan mobil pribadi ataupun motor dapat memperhatikan waktu istirahat setiap 4 jam. Khusus bagi pemudik motor kami di Ditjen Hudbat menyediakan rest area di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) seperti Losarang dan Balonggandu yang digunakan untuk beristirahat,” ujar dia.

Waspadai Pasar Tumpah

Meski saat ini belum ada kepadatan lalu lintas yang melonjak tinggi, ia mengimbau warga tetap jaga jarak kendaraan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga arahan petugas di lapangan.

"Saya juga minta bagi pemudik yang melewati jalur arteri untuk mewaspadai adanya pasar tumpah di kanan-kiri jalan,” ujar dia.

 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya