Libur Lebaran 2023, Kunjungan ke Mal Melonjak 100 Persen

Masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik di momen libur lebaran 2023 kali ini. Namun, tak sedikit juga yang menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan seperti mal dan tempat wisata lainnya.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 26 Apr 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 15:20 WIB
DEKORASI RAMADHAN DI PUSAT PERBELANJAAN
Masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik di momen libur lebaran 2023 kali ini. Namun, tak sedikit juga yang menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan seperti mal dan tempat wisata lainnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik di momen libur lebaran 2023 kali ini. Namun, tak sedikit juga yang menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan seperti mal dan tempat wisata lainnya.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat ada kenaikan yang cukup tinggi di sisi kunjungan ke mal. Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan kenaikannya sesuai dengan prediksi sebelum lebaran 2023.

"Sesuai dengan prediksi bahwa tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini telah mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (26/4/2023).

Alphon mengatakan, peningkatan ini jadi satu tanda industri pusat belanja atau mal makin pulih pasca pandemi. Mengingat lagi, berbagai tempat di dalam mal sudah mulai penuh terisi oleh penjaja dagangan.

Dia melihat adanya peluang tingkat kunjungan ini terus bertahan pada angka yang tinggi. Namun, dia juga tak memungkiri, setelah libur panjang lebaran biasanya mal memasuka masa low season atau berkurangnya jumlah pengunjung.

"Sebagaimana biasanya setelah libur panjang Idul Fitri maka Pusat Perbelanjaan di Indonesia akan memasuki low season, namun demikian diharapkan tren kunjungan ke Pusat Perbelanjaan akan tetap jauh lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya," bebernya.

Alphon menargetkan, kunjungan dengan angka positif ini bisa bertahan di sepanjang tahun 2023. Sehingga bisa mencatatkan kinerja lebih baik dari masa pandemi yang lalu. "Dimana untuk tahun 2023 ini juga ditargetkan akan mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan tahun 2019," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membludak

Protokol Kesehatan di Hari Pertama Pembukaan Mal Jakarta
Pengunjung mengenakan pelindung wajah dan masker di Mal Central Park, Jakarta, Senin (15/6/2020). Setelah beberapa bulan ditutup akibat Covid-19, Senin (15/6) ini, Pemprov DKI mengizinkan sekitar 80 mal atau pusat perbelanjaan untuk beraktivitas kembali. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berakhirnya pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pada momen Idul Fitri 1444 H turut memberi berkah bagi pengusaha mal. Diprediksi jumlah pengunjung mal membludak pada saat hari H Lebaran 2023.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, seusai periode mudik, mal bakal terus dipadati pengunjung sejak hari kedua Lebaran hingga libur atau cuti bersama Idul Fitri tahun ini berakhir.

"Kunjungan ke pusat perbelanjaan akan meningkat kembali pada hari Idul Fitri, khususnya mulai hari kedua sampai dengan liburan Idul Fitri berakhir," ujar Alphon kepada Liputan6.com, Sabtu (22/4/2023).

 


Promo

DEKORASI RAMADHAN DI PUSAT PERBELANJAAN
Dekorasi Ramadhan yang dipasang oleh pihak mal di Lotte Mal Jakarta, Senin (20/3/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemicunya, ia menyebutkan, berragam program promo belanja yang ditawarkan pengelola mal jadi magnet untuk menarik okupansi kunjungan. Sehingga barang atau produk kategori makanan/minuman serta hiburan jadi paling banyak diincar.

Alphon bahkan memprediksi, jumlah pengunjung pusat perbelanjaan pada momen libur Lebaran kali ini akan lebih tinggi dibanding sebelum pandemi Covid-19.

"Ditargetkan akan lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi," imbuh dia.

Meningkat Sejak Ramadan

Dia juga menceritakan, angka kunjungan mal telah meningkat pesat sejak bulan Ramadhan lalu, yang sudah melampaui okupansi di era sebelum pandemi.

"Puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Ramadhan telah terjadi pada akhir pekan lalu dan akhir pekan sebelumnya, dengan rata-rata tingkat kunjungan sudah mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi," tuturnya.

 

Infografis Mal di Jakarta Siap Dibuka Kembali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mal di Jakarta Siap Dibuka Kembali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya