Sambut KTT ASEAN, BUMN Kerahkan Hotel Terapung hingga Pameran UMKM

Kementerian BUMN turut mengerahkan sejumlah perusahaan pelat merah menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 08 Mei 2023, 20:58 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 20:45 WIB
Hotel Meruorah Komodo sebagai venue utama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo pada Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5)
Hotel Meruorah Komodo sebagai venue utama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo pada Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5) (dok: ASDP)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian BUMN turut mengerahkan sejumlah perusahaan pelat merah menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Mulai dari mengerahkan kapal besar milik PT Pelni hingga adanya pameran dari UMKM binaan BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan setiap persiapan yang dilakukan oleh BUMN sudah mencapai 100 persen. Mengingat rangkaian KTT ASEAN sudah dimulai pada 9-11 Mei 2023.

"Banyak ya, baik untuk infrastrukturnya, kan kita siapin, kemudian ada pelabuhan, hotel, juga bahkan kemarin yang terbaru, kapal. Karena disana kan kurang hotel, jadi kita siapkan kapal juga untuk para tamu-tamu juga untuk bisa tetap ada disana," urainya saat ditemui di Kementerian BUMN, Senin (8/5/2023).

Informasi, kapal yang disediakan oleh PT Pelni adalah KM Sinabung yang bakal difungsikan sebagai tempat menginap alias hotel terapung. Utamanya untuk menjadi tempat istirahat bagi wartawan-wartawan delegasi KTT ASEAN 2023.

"Infrastruktur, hotel, telekomunikasi, bahkan untuk UMKM, kami juga memberikan pameran disana," sambung Arya.

Dari UMKM sendiri, Arya menjelaskan kalau yang akan hadir dalam pameran nantinya adalah UMKM binaan Rumah BUMN. Ini termasuk juga UMKM lokal dan nasional yang dibina oleh perusahaan pelat merah.

"Rumah BUMN yang menyelenggarakan itu. Jadi rumah BUMN, penyelenggara pameran disitu semua dari berbegai UMKM lokal dengan produk-produknya dengan seluruh UMKM-UMKM nasional yang ada disana," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Bandara

Atribut KTT ke-42 ASEAN 2023 di dalam Bandara Komodo menjelang penyelenggaraan KTT di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. (Liputan6/Benedikta Miranti)
Atribut KTT ke-42 ASEAN 2023 di dalam Bandara Komodo menjelang penyelenggaraan KTT di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. (Liputan6/Benedikta Miranti)

Lebih lanjut, Arya memastikan kesiapan bandara untuk menyambut delegasi KTT ASEAN. Dia mengakui kalau penerbangab menuju Labuan Bajo saat ini sudah dalam kondisi penuh.

Bahkan, ada tambahan penerbangan yang disediakan oleh sejumlah maskapan menuju Labuan Bajo pada periode yang sama dengan KTT Asean. Arya menegaskan, Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara di sana sudah lebih siap, mengingat ada gelaran internasional juga yang pernah dihadapi di tahun lalu.

"Yang pasti high standart ya mereka udah tau standar, mereka udah pernah kita mengadakan G20, di Bali. Ini pasti mereka udah tau juga menyiapkan fasilias-fasilitas dan kesiapan-kesiapan delegasi-delegasi dari ASEAN," tuturnya.

 


Bandara Komodo Penuh

Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur siap melayani penerbangan dari dan ke luar negeri, selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42. (Dok Kemenhub)
Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur siap melayani penerbangan dari dan ke luar negeri, selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42. (Dok Kemenhub)

Diberitakan sebelumnya, Agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan segera dimulai. Perhelatan yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut akan dimulai besok, 9 Mei hingga berakhir pada 11 Mei 2023.

Menjelang KTT dimulai, situasi Bandara Komodo mulai ramai dipadati pengunjung.

Menurut pantauan Liputan6.com,Senin (8/5/2023), berbagai pihak mulai dari media hingga perwakilan berbagai kementerian yang terlibat dalam acara KTT ASEAN mulai berdatangan.

Wisatawan domestik maupun asing juga terlihat memenuhi area ruang tunggu bandara.

Sementara itu, protokol pengamanan juga sudah mulai terlihat di berbagai titik penyelenggaraan acara KTT ASEAN. Sejumlah area penting termasuk bandara hingga lokasi utama KTT, Hotel Ayana dan Hotel Meruorah, juga telah dijaga secara ketat oleh pihak berwenang.

Menurut informasi, beberapa delegasi asing telah tiba di Labuan Bajo sejak hari ini, sehingga mengharuskan adanya penerapan rekayasa lalu lintas. Buka tutup jalan juga diberlakukan di sejumlah kawasan, terutama jika terpantau ada delegasi yang melintas.

 


Tinjauan Jokowi

Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Hotel Meruorah, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, jelang KTT ke-42 ASEAN, Senin (8/5/2023). (Foto: Kemlu RI)
Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Hotel Meruorah, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, jelang KTT ke-42 ASEAN, Senin (8/5/2023). (Foto: Kemlu RI)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/2023). Jokowi diagendakan untuk meninjau gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi mengawali agendanya dengan meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah. Kemudian, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Jokowi hingga gladi foto bersama.

Setelah itu, dia akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ASEAN. Jokowi juga direncanakan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan KTT ke-42 ASEAN yang dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo siap dilaksanakan. Jokowi menegaskan bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proksi bagi negara atau pihak mana pun.

"Prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun, proksi negara mana pun," kata dia dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Internasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Minggu 7 Mei 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya