Top 3: Jokowi Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia mulai Rabu (21/6/2023) hari ini. Dengan begitu status pandemi Covid-19 dicabut, kata dia, Indonesia saat ini mulai memasuki masa endemi.

oleh Septian Deny diperbarui 22 Jun 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutkan status pandemi COVID-19 pada Rabu, 21 Juni 2023. Saat ini Indonesia memasuki masa endemic (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutkan status pandemi COVID-19 pada Rabu, 21 Juni 2023. Saat ini Indonesia memasuki masa endemic (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia mulai Rabu (21/6/2023) hari ini. Dengan begitu status pandemi Covid-19 dicabut,  kata dia, Indonesia saat ini mulai memasuki masa endemi.

Pemerintah mencabut status pandemi Covid-19 setelah mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus Covid-19 di Indonesia yang mendekati nihil atau tidak ada. Berdasarkan hasil sero survei, Jokowi menyampaikan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19.

Artikel mengenai Jokowi yang resmi mencabut status pandemi Covid-19 ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis (22/6/2023):

1. Simak Pengumuman Lengkap Jokowi Cabut Status Pandemi Covid-19 Mulai Hari Ini 21 Juni 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut status Pandemi Covid-19 pada 21 Juni 2023. Dengan pencabutan status pandemi ini maka Indonesia masuk ke endemi.

Namun meskipun status telah dicabut, Presiden Jokowi tetap meminta masyarakat menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih sehingga ekonomi bisa melaju kencang. 

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," jelas Jokowi soal pencabutan masa pandemi Covid-19 dalam konferensi pers, Rabu (21/6/2023).

Baca artikel selengkapnya di sini


2. Jokowi Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Idul Adha 2023: Saya Cek Terus

FOTO: Presiden Jokowi Serahkan Bansos untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi dan Jaga Daya Beli Masyarakat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan bantuan langsung kepada para penerima manfaat saat mengunjungi Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/7/2022). Jokowi memastikan agar bantuan tersebut dapat memperkuat daya beli masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga bahan pokok masih stabil atau tidak mengalami lonjakan menjelang perayaan Idul Adha 2023.

"Stabilitas harganya masih baik. Ini yang saya cek terus," kata Jokowi setelah meninjau harga bahan pokok dan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Pasar Prumpung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Rabu (21/6/2023).

Dalam peninjauan Rabu pagi ini, Jokowi juga meninjau harga bahan pokok di Pasar Parung, Kabupaten Bogor, sebelum ke Pasar Prumpung.

Baca artikel selengkapnya di sini


3. Harga Emas Dunia Terjun Bebas Akibat Data Perumahan AS Membaik

Ilustrasi Harga Emas Hari Ini di Dunia. Foto: DAVID GRAY | AFP
Ilustrasi Harga Emas Hari Ini di Dunia. Foto: DAVID GRAY | AFP

Harga emas dunia merangkak turun pada perdagangan hari selasa karena data awal perumahan di Amerika Serikat (AS) yang membaik dan nilai tukar dolar AS yang menguat.

Saat ini pelaku pasar tengah menanti pidato Gubernur Bank Sentral AS atau the Fed Jerome Powell di Capitol Hill yang akan menjadi isyarat kebijakan suku bunga.

Mengutip CNBC, Rabu (21/6/2023), harga emas dunia di pasar spot turun 0,7 persen ke posisi USD 1.936,98 per ons pada pukul 14.26 EDT (18.26 GMT), setelah turun sebesar 1 persen di awal sesi.

Baca artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya