Daftar Terbaru Orang Terkaya Thailand dengan Total Harta Rp 2.605 Triliun

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini rincian orang terkaya Thailand 2023.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 08 Jul 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Kekayaan gabungan 50 miliarder di Thailand dalam daftar Forbes 2023 memperlihatkan kenaikan hampir 15 persen menjadi USD 173 miliar atau sekitar Rp 2.605 triliun. (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan gabungan 50 miliarder di Thailand dalam daftar Forbes 2023 memperlihatkan kenaikan hampir 15 persen menjadi USD 173 miliar atau sekitar Rp 2.605 triliun. Itu berkat kembalinya wisatawan yang pada akhirnya mendukung perekonomian di sana.

Chearavanont bersaudara dari grup Charoen Pokphand, yang awal tahun ini menyelesaikan merger antara unit telekomunikasi grup mereka True dan saingannya Total Access Communications, membukukan keuntungan terbesar sehingga tetap menempatkan posisi merekadi posisi pertama. Kekayaan mereka naik USD 7,5 miliar dari sebelumnya tahun ke rekor USD 34 miliar.

Selanjutnya Chalerm Yoovidhya mempertahankan diri di posisi kedua dengan harta USD 33,4 miliar berkat penjualan Red Bull mencapai 11,6 miliar kaleng di seluruh dunia, membukukan pendapatan lebih dari USD 10 miliar pada 2022.

Taipan minuman energi menambahkan USD 7 miliar ke kekayaannya, yang ia bagikan dengan keluarganya. Charoen Sirivadhanabhakdi dari Thai Beverage menetap di posisi ketiga dengan USD 13,6 miliar, naik USD 2,4 miliar dari tahun lalu.

Adapun Keluarga Chirathivat dari grup Central naik satu peringkat ke posisi keempat dengan kekayaan bersih USD 12,4 miliar, naik USD 1,8 miliar dari USD 10,6 miliar tahun lalu. Miliarder energi Sarath Ratanavadi dari Gulf Energy Development berada posisi kelima dalam daftar dengan USD 11,3 miliar, naik sedikit dari USD 11,1 miliar sebelumnya.

Secara keseluruhan, 21 keberuntungan mendapat dukungan dari tahun lalu. Beberapa pemenang terbesar dalam hal persentase diuntungkan dari kembalinya pembeli asing. Aiyawatt Srivaddhanaprabha, yang keluarganya memiliki operator bebas bea King Power International, melipatgandakan kekayaan bersihnya menjadi USD 3,5 miliar untuk merebut kembali tempat di sepuluh besar dan muncul di posisi kedelapan.

Adapun rebound ritel mendorong salah satu dari dua pendatang baru ke dalam daftar. Pradit Phataraprasit, mantan wakil menteri keuangan negara itu, yang keluarganya memiliki saham di The Mall Group, serta saham di bisnis lain, memulai debutnya di posisi ke-27 dengan USD 1,4 miliar.

Pendatang baru lainnya Anan Ruckariyapong yang berada di posisi ke-50 memiliki kekayaan USD 590 juta, pendiri perusahaan minuman terdaftar Sappe, mulai lima dekade lalu menjual manisan kacang dan kue ala Thailand yang diberi nama putrinya Piyajit, yang sekarang menjalankan perusahaan sebagai CEO.

Di antara 22 daftar, miliarder yang mengalami penurunan kekayaan adalah raja cat Prachak Tangkaravakoon. Kekayaan bersihnya turun hampir 30 persen, paling banyak dalam persentase. Hal itu karena masalah yang menimpa pembuat kabel dan kabel Stark, di mana putranya Vonnarat memiliki saham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar 10 Orang Terkaya Thailand 2023

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini rincian orang terkaya Thailand seperti melansir Forbes, Sabtu (8/7/2023):

1. Chearavanont bersaudara

Kekayaan: USD 34 miliar

Sumber: makanan dan minuman

2. Chalem Yoovidhya dan keluarga

Kekayaan: USD 33,4 miliar

Sumber: makanan dan minuman

3. Charoen Sirivadhanabhakdi

Kekayaan: USD 13,6 miliar

Sumber: makanan dan minuman

4. Chirathivat dan keluarga

Kekayaan: USD 12,4 miliar

Sumber: mode dan ritel

5. Sarath Ratanavadi

Kekayaan: USD 11,3 miliar

Sumber: energi

6. Vanich Chaiyawan

Kekayaan: USD 3,9 miliar

Sumber: keuangan dan investasi

7. Prasert Prasarttong-Osoth

Kekayaan: USD 3,8 miliar

Sumber: kesehatan

8. Aiyawatt Srivaddhanaprabha dan keluarga

Kekayaan: USD 3,5 miliar

Sumber: mode dan ritel

9. Somphote Ahunai dan keluarga

Kekayaan: USD 3 miliar

Sumber: energi

10. Osatanugrah dan keluarga

Kekayaan: USD 2,5 miliar

Sumber: makanan dan minuman

 


Metode Penyusunan Data

Daftar ini disusun dengan menggunakan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham dan analis, Bursa Efek Thailand dan badan pengatur.

Tidak seperti peringkat Miliarder Dunia Forbes, daftar ini mencakup kekayaan keluarga, termasuk yang dibagikan di antara keluarga besar dari berbagai generasi. Kekayaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar pada 16 Juni.

Perusahaan swasta dinilai berdasarkan perbandingan dengan perusahaan serupa yang diperdagangkan secara publik.

Daftar tersebut juga dapat mencakup warga negara asing yang memiliki hubungan bisnis, perumahan, atau lainnya dengan negara tersebut, atau warga negara yang tidak tinggal di negara tersebut tetapi memiliki hubungan bisnis atau hubungan lain yang signifikan dengan negara tersebut. 

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya