Menpora Dito Ariotedjo Punya 5 Rumah di Jakarta, Cuma 1 yang Hasil Sendiri, sedangkan 4 Hadiah

Menpora Dito Ariotedjo mengaku masih memiliki utang sebesar Rp16.050.902.195, sehingga saat ditotal jumlah harta adalah Rp 282.465.579.658.

oleh Arthur Gideon diperbarui 21 Jul 2023, 14:43 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 14:00 WIB
Dito Ariotedjo dan Erick Thohir
Harta kekayaan Menpora Dito Ariotedjo mencapai Rp 282,4 miliar. Harta kekayaan Dito Ariotedjo yang mencapai ratusan miliar itu terpecah ke dalam sejumlah barang atau aset.(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai penyelenggara negara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo wajib untuk melaporkan harga kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kewajiban tersebut baru saya ditunaikan oleh Menpora Dito Ariotedjo belum lama ini atau tepatnya pada12 Juli 2023, setelah tiga bulan dilantik.

Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tercatat harta kekayaan Menpora Dito Ariotedjo mencapai Rp 282,4 miliar. Harta kekayaan Dito Ariotedjo yang mencapai ratusan miliar itu terpecah ke dalam sejumlah barang atau aset.

Pertama yang nilainya paling besar adalah tanah dan bangunan. Diketahui, Dito melaporkan ada lima bidang tanah dimiliki dengan total nilai Rp187.595.355.600.

"Rumah dan tanah di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, serta Jakarta Timur," tulis Dito dalam LHKPN miliknya, seperti dikutip Jumat (21/7/2023).

Tanah dan bangunan tersebut nyatanya bukan dimiliki dari hasil jerih payahnya pribadi. Dia mengakui, dari total lima tanah dan bangunan dimiliki, nyatanya hanya satu yang berasal dari hasil sendiri, sedangkan sisanya adalah hadiah.

Setelah tanah, harta dilaporkan pria kelahiran 25 September 1990 ini adalah transportasi senilai Rp2,18 miliar. Terdapat tiga unit kendaraan yang dimiliki, pertama Toyota Fortuner hasil sendiri, kemudian Toyota Alphard yang merupakan hadiah dan Hyundai IONIQ 5 yang disebutkan berasal dari "lainnya".

Selanjutnya, Dito mengaku juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp 6.004.303.070, kemudian surat berharga senilai Rp 89.342.924.072 dan memiliki kas dan atau setara kas senilai Rp 13.393.899.111.

Menpora Dito mengaku masih memiliki utang sebesar Rp16.050.902.195, sehingga saat ditotal jumlah harta adalah Rp 282.465.579.658.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menpora Dito Ariotedjo Angkat 27 Atlet Jadi PNS: Ada Anthony Ginting dan Jonatan Christie

Menpora Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengambil sumpah 27 atlet berprestasi untuk diangkat menjadi PNS di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (5/7/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi mengangkat sejumlah atlet olahraga berprestasi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Acara pengambilan sumpah/janji para atlet dilakukan di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023) malam WIB.

Secara spesifik, terdapat total 27 atlet dari cabang olahraga senam (1 orang), angkat besi (1 orang), tenis (2 orang), wushu (3 orang), dan bulu tangkis (20 orang) yang diangkat menjadi PNS oleh Menpora Dito Ariotedjo. 

Dari deretan atlet tersebut, terdapat sejumlah nama pebulu tangkis yang tengah naik daun, mulai dari Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian, dan Muhammad Rian Ardianto, hingga eks pemain ganda campuran Debby Susanto. 

Sementara itu dari cabang olahraga lain, nama Aldila Sutjiadi dan Chistoper Benjamin Rungkat (tenis), serta Edgar Xavier Marvelo, Chistoper Benjamin Rungkat, dan Harris Horace (wushu) turut diambil sumpahnya oleh Menpora pada Rabu (5/7/2023).


Komentar Menpora Pasca Pengambilan Sumpah PNS

Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, resmi melantik 27 atlet sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (dok. Kemenpora)

Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan terima kasih atas kesediaan para atlet untuk turut ambil bagian menjadi PNS sekaligus keluarga besar pemerintahan Indonesia.

Ia menegaskan, atlet-atlet yang sudah diambil sumpahnya setelah ini tetap dapat mengembangkan potensi dalam bidang olahraga. Walau begitu Dito berharap, mereka dapat mulai menunjukkan kompetensi dan kinerja di bidang ASN apabila tak lagi aktif menjalani karier sebagai atlet. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih (kepda para atlet) karena sudah memgambil kesempatan untuk menjadi bagian dari PNS dan keluarga resmi pemerintahan kita," tutur Menpora pada Rabu (5/7/2023).

"Setelah menjadi PNS, saudara-saudari tetap dapat mengembangkan potensi dalam bidang olahraga seperti biasanya sebagai seorang atlet. Saya berharap, saat saudara tidak aktif menjadi atlet, saudara harus mengembangkan potensi, kompetensi, dan kinerja di bidang ASN yang menjadi tanggung jawab dan karier saudara pada masa yang akan datang," katanya lagi. 


Daftar Nama Atlet yang Diangkat Menjadi PNS

Menpora Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat mengambil sumpah atlet-atlet berprestasi untuk diangkat menjadi PNS di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (5/7/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

1. Aldila Sutjiadi (Tenis)

2. Christopher Benjamin Rungkat (Tenis)

3. Edgar Xavier Marvelo (Wushu)

4. Felda Elvira Santoso (Wushu)

5. Haris Horatius (Wushu)

6. Rifda Irfanaluthfi (Senam)

7. Sri Wahyu Agustiani (Angkat Besi)

8. Angga Pratama (Bulu Tangkis)

9. Edi Subaktiar (Bulu Tangkis)

10. Firman Abdul Kholik (Bulu Tangkis)

11. Fitriani (Bulu Tangkis)

12. Hafiz Faizal (Bulu Tangkis)

13. Ihsan Maulana (Bulu Tangkis)

14. Ni Ketut Mahadewi Istarani (Bulu Tangkis)

15. Debby Susanto (Bulu Tangkis)

16. Greysia Polii (Bulu Tangkis)

17. Tantowi Ahmad (Bulu Tangkis)

18. Lilyana Natsir (Bulu Tangkis)

19. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)

20. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)

21. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)

22. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)

23. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)

24. Kevin Sanjaya Sukamuljo (Bulu Tangkis)

25. Marcus Fernaldi Gideon (Bulu Tangkis)

26. Mohammad Ahsan (Bulu Tangkis)

27. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)

  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya