Ingin Lolos Program Kartu Prakerja? Simak Tips Daftarnya

Berikut syarat, langkah tahapan kartu prakerja, tahapan daftar hingga tips lolos program kartu prakerja. Simak ulasannya.

oleh Agustina Melani diperbarui 14 Agu 2023, 15:06 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023, 15:06 WIB
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id
Program kartu prakerja ini didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas agar memberikan nilai bagi pengguna dan memberikan nilai bagi sektor swasta. (Dok prakerja.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah merilis program kartu prakerja. Program ini bantuan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing serta mengembangkan kewirausahaan angkatan kerja.

Adapun kartu prakerja ini didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna dan memberikan nilai bagi sektor swasta.

Adapun jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Dengan cara ini, produk dapat terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. Demikian mengutip dari laman djpb. Kemenkeu.go.id.

“Program kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil,” demikian mengutip dari laman prakerja.go.id.

Untuk mengikuti program kartu prakerja, calon peserta harus mendaftar saat pembukaan gelombang kartu prakerja. Karena itu rajin pantau akun media sosial resmi prakerja.go.id.

Hingga kini sudah mencapai gelombang 59. Bahkan pada Senin, 14 Agustus pukul 23.59 WIB, gelombang 59 akan ditutup. Ingin ikut program kartu prakerja? Berikut syarat daftar prakerja:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Syarat

  • WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima kartu prakerja

Langkah Tahapan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja. Dok Prakerja.go.id
Kartu Prakerja. Dok Prakerja.go.id

Berikut langkah mudah kartu prakerja:

1.Daftar

Buat akun prakerja dengan data diri kamu. Siapkan e-mail, NIK, nomor KK, nomor HP yang masih aktif dan selesaikan tes kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran

2.Gabung Gelombang

Ikut seleksi dengan gabung gelombang. Tunggu pengumuman hasil seleksinya.

3.Pilih Pelatihan

Gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, pilih yang Anda butuhkan di Mitra Platform Digital dan bayar dengan nomor kartu prakerjamu. Pastikan rekening bank/e-wallet kamu sudah tersambung sebelum membeli pelatihan.

4.Ikuti Pelatihan

Kerjakan pre-test dan post-tes selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.

5.Beri rating dan ulasan

Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah kamu selesaikan di dashboard prakerjamu.

6.Dapatkan insentif

Tunggu beberapa hari, Anda akan menerima insentif Rp 600.000 di rekening bank/e-wallet Anda.

7.Isi Survey Evaluasi

Jawab 2 survei evaluasi di dashboard prakerjamu dand apatkan insentif Rp 50.000 untuk setiap survei.

Tahapan Daftar Kartu Prakerja

Sedangkan tahapan daftar kartu prakerja, berikut tahapan daftar kartu prakerja:

  • Buat akun dengan memasukkan Alamat email dan password
  • Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK dan tanggal lahir
  • Isi data diri
  • Scan wajah dengan cara mengedipkan mata
  • Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja
  • Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan
  • Verifikasi nomor HP kamu yang masih aktif
  • Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu
  • Ikuti tes kemampuan dasar (TKD)

Tips Lolos Kartu Prakerja

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Ingin lolos kartu prakerja ini? Berikut tip lolos program kartu prakerja dikutip dari laman arkademi.com, ditulis Senin (!4/8/2023):

1.Penuhi Persyaratan

Tips untuk lolos prakerja dengan mengikuti seluruh persyaratan yang tercantum pada situs website prakerja.go.id

2.Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai dan benar

Pastikan data yang Anda masukkan telah sesuai dengan data pada Dukcapil. Perhatikan tulisan nama lengkap, tanggal lahir, NIK apakah telah sesuai. Selanjutnya, jika data tidak sesuai, calon peserta dapat menghubungi dukcapil melalui telp/fax: (021) 79194705/(021) 7980655 dan (021) 7949770 atau layanan whatsapp/sms di 08118005373 dan email ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

3.Pastikan email dan nomor masih aktif

Kemudian memastikan email dan nomor telepon yang didaftarkan masih aktif. Hal ini cukup penting karena verifikasi akun Prakerja dan informasi terkait akan disampaikan melalui sms dan email yang didaftarkan

 


Tips Lainnya

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

4.Cek kondisi internet

Kondisi internet yang baik akan mempermudah kelancaran proses pendaftaran kartu prakerja. Pastikan Anda memiliki kondisi internet yang baik, agar seluruh proses pendaftaran dapat terselesaikan dengan cepat.

5.Jawab tes minat bakat dengan benar

Setelah mengisi  seluruh data diri pada website prakerja, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti gelombang Prakerja. Pada tiap gelombang, seluruh calon peserta diwajibkan untuk mengikuti tes minat bakat.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui potensi dan kemampuan diri calon peserta terhadap suatu bidang. Jawablah seluruh tes dengan benar dan akurat karena tes ini juga akan menjadi penentu calon peserta berhak untuk mendapatkan Prakerja.

6.Pastikan kondisi sehat dan fit

Tips agar lolos prakerja adalah Anda harus dalam keadaan sehat dan fit. Meski seluruh proses pendaftaran dilakukan online, calon peserta dianjurkan dalam kondisi sehat. Hal ini karena seluruh proses pendaftaran berjalan cukup panjang. Keadaan yang tidak sehat akan menganggu fokus dan aktivitas pendaftaran Prakerja.

Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya