Pewaris Resto Subway Dapat Rezeki Nomplok Berkat Penjualan Perusahaan

Ketentuan perjanjian tersebut, yang mengakhiri perselisihan selama berbulan-bulan mengenai salah satu rantai makanan cepat saji terbesar di Amerika, belum diungkapkan.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 25 Agu 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 21:00 WIB
Citywalk Elvee, Tempat Nongkrong Anak Muda Karawaci, Tangerang
Restoran Subway yang berada di mall dengan konsep F&B outdoor merupakan konsep dengan menghadirkan tenant yang berkualitas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan makanan sandwich Subway pada hari Kamis waktu setempat mengumumkan bahwa mereka setuju untuk menjual sebagian saham ke Roark Capital. Untuk diketahui, Roark Capital adalah perusahaan yang memiliki sejumlah merek restoran AS ternama seperti Dunkin' Donuts, Arby's dan Buffalo Wild Wings.

Dengan adanya penjualan saham ini, harta yang didepat pewaris Subway bertambah.

Apakah perjanjian ini akan mengakhiri perselisihan selama berbulan-bulan mengenai salah satu rantai makanan cepat saji terbesar di Amerika, belum diungkapkan. Namun The Wall Street Journal dan Reuters melaporkan pada hari-hari sebelum adanya transaksi jual beli tersebut Roark memberikan penawaran di atas 10 perusahaan lain yang juga berminat. Namun akhirnya Roark sepakat untuk membeli Subway dengan nilai lebih dari USD 9 miliar.

Penjualan tersebut menandai pertama kalinya dalam hampir 60 tahun sejarah Subway berpindah tangan dari dua keluarga pendirinya. Hal ini juga merupakan sebuah keuntungan besar – setidaknya bagi pemilik yang tidak terdeteksi radar dan memegang separuh dari rantai bisnis mereka.

Tak satu pun dari pendiri asli Subway, Fred DeLuca dan Peter Buck, yang masih hidup. Setelah kematiannya pada 2015, DeLuca menyerahkan 50 persen saham perusahaannya kepada istrinya, Elisabeth DeLuca, dikutip dari Forbes, Jumat (25/8/2023).

Dia memiliki satu putra, Jonathan. DeLuca yang berusia 76 tahun akan meninggalkan penjualan dengan perkiraan USD 3,4 miliar (setelah pajak) berdasarkan label harga USD 9 miliar yang dilaporkan. Perkiraan kekayaan bersih keluarganya menjadi sekitar USD 8,2 miliar setelah penjualan.

Sebelum kesepakatan itu, DeLuca telah mengantongi sekitar USD 2,6 miliar uang tunai dari royalti Subway yang dibayarkan kepada keluarganya selama bertahun-tahun. Dia menduduki peringkat ke-699 dalam daftar miliarder Forbes 2023 dengan perkiraan kekayaan bersih USD 8 miliar, termasuk perkiraan nilai saham Subway.

WSJ melaporkan bahwa pemilik Subway akan menerima USD 9 miliar di muka dan USD 600 juta lagi tersedia setelah memenuhi target. Menurut Reuters, pengaturannya adalah untuk membantu menjembatani kesenjangan antara jumlah yang bersedia dibayar oleh perusahaan pembeli untuk Subway dan USD 10 miliar yang diharapkan diperoleh pemiliknya.

“Kami belum mendengar, belum ada yang mendengar angka pastinya,” kata pakar waralaba John Gordon dari Pacific Management Consulting Group, yang memantau dengan cermat penjualan Subway. Dia mencatat bahwa sumber industrinya juga mengindikasikan adanya ketentuan pendapatan yang terlibat.

Di samping itu, pembayarannya juga tidak memperhitungkan manuver meminimalkan pajak apa pun yang mungkin dia lakukan secara pribadi seperti mendirikan Subway di sebuah perwalian atau memberikan sumbangan filantropis yang dirahasiakan. Juru bicara Subway menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang kesepakatan tersebut karena “keinginan pihak-pihak yang terlibat” sementara Roark tidak menanggapi permintaan komentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendiri Tulis Surat Wasiat

Citywalk Elvee, Tempat Nongkrong Anak Muda Karawaci, Tangerang
Pengunjung memesan makanan di restoran Subway di arae Lippo Village Karawaci, Tangerang, Senin (29/11/2021). Jaringan restoran Subway yang dikelola oleh PT Map Boga Adiperkasa Tbk akan beroperasi setiap hari di Citiwalk Elvee dengan konsep F&B outdoor. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Di samping itu, pendiri Subway lainnya, Peter Buck, meninggalkan instruksi dalam surat wasiatnya, salinan yang sebagian telah disunting diperoleh oleh Forbes, untuk menyerahkan separuh saham perusahaannya kepada yayasan keluarganya setelah kematiannya pada November 2021. Warisan ini bisa bernilai setidaknya USD 4,5 miliar berdasarkan harga minimum yang dilaporkan oleh WSJ dan Reuters.

Hadiah tersebut, yang digambarkan sebagai cara untuk meningkatkan dukungan terhadap tujuan-tujuan utama yayasan seperti pendidikan dan konservasi, merupakan salah satu hadiah amal terbesar yang diberikan kepada sebuah yayasan.

Hal ini juga menyelamatkan ahli waris Buck, kemungkinan besar kedua putranya, Christopher dan William, dari tagihan pajak hampir USD 2 miliar. Jika Buck tidak memberikan kepemilikan Subway untuk amal, tanah miliknya harus membayar pajak tanah sebesar 40 persen atas “nilai pasar wajar” dari aset tersebut. Elisabeth DeLuca tidak akan dikenakan pajak properti ini karena tidak berlaku untuk aset yang diwariskan kepada pasangan.

 


Disumbangkan ke Yayasan Keluarga DeLuca

Subway
Sandwich dari restoran cepat saji asal Amerika, Subway. (dok. Instagram @subway/https://www.instagram.com/p/CFsV6q7nTcr/)

Di luar kepemilikan Subway, Buck dan keluarganya menghabiskan jutaan dolar – kemungkinan besar menggunakan royalti Subway miliknya – untuk membeli lahan hutan di Maine yang kini bernilai USD 1 miliar. Tall Timbers Trust, yang tampaknya masih dikendalikan oleh keluarga Buck, memiliki sekitar 1,3 juta hektare tanah di Maine, menjadikan mereka salah satu pemilik tanah terbesar di negara bagian tersebut.

Meskipun keluarga DeLuca belum merinci hadiah mereka seperti yang dimiliki Bucks, tampaknya sebagian besar rejeki nomplok dari penjualan tersebut dapat disumbangkan ke yayasan keluarga DeLuca, yang mendukung berbagai organisasi di Connecticut dan Florida.

Mengutip juru bicara Subway, The Wall Street Journalmelaporkan bahwa sebagian besar hasil kesepakatan tersebut diharapkan akan disumbangkan ke yayasan yang berafiliasi dengan para pendiri. Subway tidak menanggapi pertanyaan lanjutan dari Forbes tentang apakah ini berarti DeLuca juga menjanjikan sebagian dari hasil penjualannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya