Arsjad Rasjid Kaget Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengaku kaget ketika mengetahui dia ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 05 Sep 2023, 23:52 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 23:52 WIB
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid dalam ASEAN Business & Investmen Summit, Jakarta, Selasa (5/9/2023). (Tira/Liputan6.com)
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengaku kaget ketika mengetahui dia ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal calon presiden Ganjar Pranowo. (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengaku kaget ketika mengetahui dia ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Dia mengaku belum mendapat informasi jelas terkait keputusan tersebut.

Arsjad Rasjidmengisahkan, dia baru mengetahui keputusan tersebut ketika berada di agenda ASEAN Business Awards 2023. Arsjad menyebut, keputusan pemilihan itu seharusnya didahului dengan pembicaraan awal.

"Pas saya baca, ya ampun ya Allah, kaget saya. Karena terus terang aja, saya gak diinformasikan. Apa namanya, ya suatu kehormatan. Tapi kan walaupun gimanapun harus bicara dulu dong," kata dia saat ditemui di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Kendati demikian, dia mengakui keputusan itu sebagai suatu kehormatan. Namun, dia ingin ada pembicaraan lebih jelas mengenai kabar tersebut. Mengingat lagi, saat ini dia menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Direktur Utama Indika Energy.

"Jadi suatu kehormatan, yang dimana nanti saya mesti lihat dulu gimana. Balik-balik lagi tadi, saya mau klarifikasi dulu semuanya. Karena at the end of the day, saya ini kan punya jabatan sebagai Ketua Umum Kadin. Saya juga ketua ABAC. Saya juga masih menjadi direktur utama dari perusahaan Indika. Jadi ini hal-hal yang seharusnya ada tatanannya. Ini semua itu kan adalah governance juga mesti jelas. Jadi balik-balik gitu," paparnya.

Arsjad membuka kemungkinan jika memang ada pembicaraan awal, dia bisa saja mnerima tawaran untuk menjadi ketua Tim Pemenangan Nasional tersebut. Namun, untuk saat ini dia ingin lebih dulu melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait yang memilihnya.

"Saya selalu bilang, gini loh, maksud saya bilang, semua itu kan adalah kalau kita diminta ini kan, pasti kita akan pikirkan, dan juga pas kalau dibilang siap ya pasti siap-siap aja. Tapi bukan itunya ya, tapi persoalannya adalah begini. Sekarang ini saya aja baru tahu dari media. Jadi ya itu, ntar kalau sudah dapet gimana, ngobrol-ngobrol, baru kita kabari ya," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ditunjuk Jadi TPN Ganjar Pranowo

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid (dok: Natasha)

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Arsjad Rasjid ditunjuk sebagai ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo. Keputusan itu diambil dalam rapat empat ketua umum, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang di kantor DPP PDIP, Selasa (4/9/2023).

"Hari ini kami berempat mengadakan rapat pertama kali secara resmi yang dipimpin oleh ibu Megawati dalam rangka, yang paling penting adalah rencana pembentukan TPN, TPN itu singkatan dari Tim Pemenangan Nasional. Sudah disampaikan tadi ya, sudah diketok ya. Di mana ketuanya, ketua TPN tim pemenangan nasional adalah Pak Arsjad Rasyid tadi diputuskan," ungkap Hary Tanoesoedibjo usai rapat.

Arsjad dinilai sebagai sosok muda yang memiliki pengetahuan dan jejaring yang luas. Posisinya sebagai ketua umum KADIN menjadi nilai positif.

"Beliau muda gesit dan pengetahuannya luas, dan juga network-nya juga sangat luas. Dan juga Ketua Umum Kadin," kata Hary.

 


Rapat Perdana

Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: Lizsa Egeham/Liputan6.com).

Pada 13 September mendatang, Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo akan perdana melakukan rapat bersama. Setiap pekannya rapat akan digelar rutin.

"Jadi itu yang paling penting, berikut pengarahan-pengarahan tadi dari Bu Mega, tata cara kita rapat kita sepakati setiap hari Rabu jam 2 siang mulai rapat berikutnya tanggal 13 September dan itu berjalan setiap Minggu," jelas Hary.

"Jadi saya bisa sampaikan mewakili semua pimpinan parpol bahwa TPN, tim pemenangan nasional sudah efektif di mulai sejak diketoknya oleh Ibu Mega tadi, hari ini," tegasnya.

Dalam rapat juga telah dibahas struktur Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo. Telah disiapkan posisi wakil ketua Tim Pemenangan Nasional. Anggotanya dari partai politik dan profesional.

"Wakilnya ada, mewakili semua partai politik dan juga profesional. Ada, nanti secara resmi akan diumumkan. Tapi yang paling penting adalah ketua TPN-nya sendiri sudah diputuskan," jelas Hary.

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya