Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Mulai 20 September, Pelamar Mesti Pakai Meterai Elektronik

BKN mengumumkan proses pendaftaran CASN 2023 mulai 20 September 2023.Dalam proses pendaftaran, BKN juga mengingatkan untuk registrasi dan top up akun e-meterai.

oleh Agustina MelaniMaulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 17 Sep 2023, 15:15 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 15:11 WIB
Ujian SKB CPNS Surabaya
Proses penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) resmi diundur. (Juni Kriswanto/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Proses penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) resmi diundur.

Pengumuman seleksi CPNS saat ini mulai 19 September 2023-3 Oktober 2023. Sedangkan pendaftaran dimulai 20 September 2023.

Pengumuman tersebut juga disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Surat Plt Kepala BKN Nomor: 8871/B-KS/04.01/SD/K/2023 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023.

Mengutip isi surat tersebut dari surat tersebut, Minggu, 17 September 2023, disebutkan proses optimalisasi pengisian kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 571 Tahun 2023 sampai saat ini masih berlangsung.

Sehingga, pemerintah pusat dan daerah saat ini masih melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) formasi sesuai dengan ketentuan. Adapun ketentuan dimaksud yakni, minimal 2 persen untuk pelamar disabilitas dari keseluruhan jumlah penetapan kebutuhan yang diterima, pembagian komposisi untuk kebutuhan khusus yaitu THK-2 dan non-ASN paling banyak 80 persen, dan kebutuhan umum yakni pelamar baru paling sedikit 20 persen.

"Bersama ini kami sampaikan perubahan jadwal pelaksanaan seleksi CASN Tahun Anggaran 2023. Sehubungan dengan hal tersebut, maka surat Plt Kepala BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 dinyatakan tidak berlaku," tulis surat tersebut, demikian mengutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

Melalui akun instagram resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan peruri.digital mengingatkan mengenai kelengkapan berkas dan persyaratan lengkap. Apalagi pada proses pendaftaran CPNS diwajibkan untuk memakai meterai elektronik. Peruri digital dan BKN pun mengunggah video pendaftaran akun meterai elektronik melalui akun instagram di @peruri.digital dan @ bkngoidoffical.

Dalam caption disebutkan kalau pelamar CPNS 2023 mesti melakukan beberapa hal ini antara lain:

1.Pendaftaran akun e-meterai melalui akun SSCASN yang terintegrasi dengan meterai-elektronik.com

2.Pembelian kuota e-meterai di meterai-elektronik.com

3.Pembubuhan e-meterai pada dokumen bisa dilakukan dengan 2 pilihan, bisa secara langsung pada portal SSCASN ataupun melalui platform meterai-elektronik.com.

Registrasi dan Top Up Akun E-Meterai

Untuk registrasi dan top up akun e-meterai ini, ada sejumlah tahapan antara lain:

1.Masuk ke akun SSCASN Anda pada bagian unggah dokumen

2.Klik akun e-meterai Anda

3.Registrasi dan klik link aktivasi yang dikirimkan ke email

4.Kemudian pilih pembelian

“Website meterai-elektronik.com sudah terintegrasi dengan SSCASN. Tinggal login dengan portal CASN kamu menggunakan email yang didaftarkan, terus bubuhkan secara langsung,” demikian mengutip dari unggahan video di bkngoidofficial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendaftaran CPNS 2023 Pakai Meterai Elektronik, Begini Cara Belinya

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Seperti yang diketahui pelamar diwajibkan untuk mengunggah beberapa dokumen terkait sebagai syarat pendaftaran CPNS di antaranya dokumen-dokumen yang diwajibkan menggunakan Meterai Elektronik seperti pada penerimaan di tahun sebelumnya.

Untuk memberikan layanan yang lebih baik, PT Peruri Digital Security menyediakan solusi layanan baru yakni www.sign-it.id dan juga menjalin kerjasama kemitraan dengan Skill Academy dan 5 mitra reseller Meterai Elektronik lainnya dengan keunggulan dan kemudahan masing-masing sebagai berikut:

-sign-it.id – Merupakan webapp yang menyediakan Meterai Elektronik dan juga Tanda Tangan Digital yang dapat dilakukan sekaligus dalam satu proses yang seamless. Tahun sebelumnya, melalui webapp e-meterai.co.id, PDS berhasil melayani jutaan Meterai Elektronik yang dibutuhkan oleh pelamar CASN. Sign-it.id diharapkan mempermudah proses verifikasi keaslian dokumen dengan menyediakan proses e-KYC dalam melakukan pembubuhan Tanda Tangan Elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.sign-it.id

-Skill Academy by Ruangguru. Ini adalah platform pelatihan online & offline bersertifikat terbesar di Indonesia. Melalui situs dan aplikasi, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan.

Selain menyediakan program pelatihan dan pendidikan untuk membekali pelamar CASN 2023, sebagai salah satu platform resmi yang ditunjuk oleh Peruri Digital Security, masyarakat juga dapat melakukan pembelian hingga pembubuhan e-Meterai ke dalam dokumen melalui situs resmi https://skillacademy.com/e-meterai.

Dengan dukungan akses ke template dokumen terstandar, pembubuhan e-Meterai melalui Skill Academy by Ruangguru kini hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja.

-Selanjutnya adalah pastisah.id. Platform digital ini untuk mempermudah pembubuhan meterai dan tanda tangan di manapun dan kapanpun. Di sisi lain, Pastisah juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas demi menjaga kelestarian lingkungan.

Maka dari itu, Pastisah menyediakan produk-produk digital, seperti E-Meterai, E-Signature, E-Stamp, E-KYC, dan Sertifikat Digital. Berikut website yang dapat dikunjungi www.pastisah.id

 


Website Selanjutnya

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

-Website selanjutnya yaitu DigiDoku.id. Ini adalah platform pengelolaan dokumen digital yang mengedepankan kemudahan dan fleksibilitas tinggi dalam segala bidang bisnis anda. DigiDoku menjamin keamanan, kerahasiaan dan keaslian produk untuk anda agar bebas dari rasa khawatir.

DigiDoku dapat dipercaya untuk mengelola dokumen elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.digidoku.id.

-Lalu ada signing.id, memberikan layanan Meterai Elektronik dengan mudah, dengan jargon upload-tempel-selesai, dilengkapi berbagai fitur pembayaran mulai dari QRIS, Debit, Kartu Kredit dan Retail Outlet. Berikut website yang dapat dikunjungi www.signing.id.

-Kemudian dimensy.id. Easy Dimensy adalah platform digital yang akan memudahkan kebutuhan pembubuhan Meterai Elektronik.

Proses upload dokumen dan pembubuhan dapat dilakukan dalam hitungan menit. Dokumen yang telah dibubuhi Meterai Elektronik akan dikirim ke email dan nomor WhatsApp. Berikut website yang dapat dikunjungi https://dimensy.id/easy-dimensy/ 


Ada Proses Baru di Seleksi CPNS 2023, Apa Itu?

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan proses baru seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 yaitu CPNS 2023 dan PPPK 2023 dengan menggunakan meterai elektronik demi mengurangi potensi penyalahgunaan dan pelanggaran.

"Tahun ini kami menggunakan meterai elektronik yang akan dikoordinasikan oleh Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia) sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan meterai yang telah digunakan dan potensi pelanggaran terhadap Undang-Undang Bea Meterai," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN dikutip dari Antara, Jumat (15/9/2023).

Berbeda dari seleksi tahun sebelumnya, pada seleksi CPNS 2023 dan PPPK, Panselnas memutuskan penggunaan meterai elektronik guna kelengkapan dokumen dalam proses seleksi dengan pengadaan meterai elektronik bekerja sama dengan Peruri.

Implementasi meterai elektronik dilakukan untuk mengurangi potensi penyalahgunaan pemakaian kembali. Di mana satu meterai digunakan untuk beberapa dokumen berbeda karena penggunaan meterai diatur dalam perundang-undangan, maka dalam penggunaannya perlu diawasi lebih lanjut.

"Penggunaan meterai elektronik telah terintegrasi dengan SSCASN sehingga dinilai lebih siap dibanding tahun sebelumnya. Peruri menyediakan layanan 'helpdesk' yang siap 24 jam sehingga bisa membantu calon peserta dalam menjawab pertanyaannya," jelasnya.

Peserta dapat mengunjungi "website SSCASN 2023" dalam memantau perkembangan proses seleksi. BKN memfasilitasi portal ASN Karier di mana di dalamnya terdapat berbagai informasi terkait tugas dan tanggung jawab hingga informasi pendapatan.

 

Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya