Tarif Promo LRT Jabodebek di Akhir Pekan, Penumpang Cukup Bayar Segini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan perubahan tarif promo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek untuk mengoptimalkan layanan pada akhir pekan.

oleh Septian Deny diperbarui 22 Okt 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2023, 09:00 WIB
Depo Kereta LRT
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan perubahan tarif promo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek untuk mengoptimalkan layanan pada akhir pekan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan perubahan tarif promo LRT Jabodebek untuk mengoptimalkan layanan pada akhir pekan.

Hal tersebut sesuai dengan hasil evaluasi layanan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang disampaikan oleh Kemenhub pada Sabtu ini.

 

"Berdasarkan hasil evaluasi kami di lapangan, kami merasa perlu melakukan perubahan tarif untuk mengakomodasi dan memberi kesempatan lebih luas kepada masyarakat yang belum mencoba LRT Jabodebek, khususnya bagi yang ingin bepergian dan berwisata menggunakan moda ini di akhir pekan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dikutip dari Antara Minggu (22/10/2023).

Sedangkan, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyebutkan pasca dilakukan evaluasi, didapati bahwa penumpang LRT Jabodebek didominasi (70,81 persen) oleh penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut dengan jarak 12-33 kilometer (km).

Sebagian besar dari kelompok penumpang tersebut merupakan penumpang yang harus membayar dengan tarif maksimal untuk jarak terjauh.

"Oleh sebab itu, kami pertimbangkan agar batas atas tarif maksimal LRT Jabodebek dapat diturunkan sehingga tidak memberatkan penumpang jarak jauh yang menjadi pelanggan mayoritas layanan ini," ujar Risal.

Adapun, tarif promo yang akan diberlakukan per Minggu (22/10) hingga akhir Februari 2024, yakni pemberian diskon sebesar 50 persen untuk batas maksimal pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Besaran Tarif LRT Jabodebek

Dengan pemberlakuan promo tersebut, maka tarif LRT Jabodebek yang berlaku pada akhir pekan ialah Rp3.000 pada kilometer pertama dan Rp700 untuk tiap kilometer selanjutnya dengan tarif maksimal sebesar Rp10.000.

"Sementara untuk hari kerja (weekday) skema tarif yang digunakan masih sesuai dengan tarif saat ini, yaitu Rp3.000 pada kilometer pertama dan Rp700 untuk tiap kilometer selanjutnya dan tarif maksimal sebesar Rp20.000," kata Risal.

Terkait dengan capaian angkutan LRT Jabodebek, Risal mengatakan sejak mulai dioperasikan pada 28 Agustus 2023 hingga 11 Oktober 2023, layanan itu telah mengangkut penumpang sebanyak 2.006.588 orang.

"Kami optimis setelah pemberlakuan tarif ini, akan terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan pada layanan LRT Jabodebek," katanya.

 


LRT Jabodebek Batalkan 28 Perjalanan, Menhub: Jangan Ngomong Gagal

LRT Jabodebek Resmi Beroperasi
Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara terkait moda transportasi LRT Jabodebek yang membatalkan 28 perjalanan keretanya.

Menhub menjelaskan perihal pengoperasian LRT Jabodebek tersebut. Kereta buatan PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun tersebut jadi trainset pertama di Indonesia yang bisa beroperasi tanpa masinis.

"Jadi gini, pak Presiden juga menyatakan, ini produk buatan kita sendiri. Kita dukung, jangan ngomong kegagalan, ngomong keberhasilan. Kalau ngomong gagal, banyak yang gagal," kata Menhub saat ditemui di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

"Ini pertama kali kita lakukan itu. Jadi, kami akan care, akan membimbing, kami tidak akan memarahi mereka, karena mereka bisa bikin sendiri aja suatu kebanggaan untuk kita. Jangan-jangan nanti disuruh orang dari luar," ucapnya.

Namun, ia memastikan Kementerian Perhubungan bakal tetap melakukan evaluasi terhadap kendala pengoperasian LRT Jabodebek ini. "Pasti, pasti," ujar Menhub singkat.

Untuk diketahui, PT INKA mendapat kontrak senilai Rp 3,9 triliun untuk membuat 31 trainset LRT Jabodebek. Berbeda dengan LRT Palembang yang diproduksi PT INKA sebelumnya, rangkaian kereta pesanan PT KAI (Persero) ini tidak akan menggunakan tenaga masinis atau driverless.

Setiap rangkaian kereta atau trainset dari LRT Jabodebek terdiri dari enam kereta, dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 km per jam.

PT INKA mendesain kereta LRT yang mampu berkomunikasi secara otomatis dengan Operation Control Center (OCC). Dalam sistem perkeretaapian, OCC berfungsi melakukan monitoring perjalanan kereta api secara terpusat. Sehingga keamanan dan ketepatan waktu, serta jumlah perjalanan kereta diklaim menjadi sangat optimal.

Perseroan juga menanam alat yang disebut On Board Control Unit (OBCU) pada OCC dan di setiap kereta LRT. Persinyalan dengan Train Control Management System (TCMS) di OCC telah beberapa kali diuji coba tahun lalu, dan semua diklaim tidak ada kendala. Kecepatan pertukaran data ini sekitar 0,2 detik.

 


LRT Jabodebek Batalkan 28 Perjalanan

LRT Jabodebek
Masyarakat menikmati perjalanan saat mengikuti uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek, Jakarta, Minggu (27/08/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, LRT Jabodebek telah mengoperasikan 16 rangkaian kereta (trainset) dengan 234 perjalanan setiap harin. Namun hari ini Rabu (18/10/2023), LRT Jabodebek melakukan pembatalan terhadap 28 perjalanan.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo menyampaikan, terdapat 28 perjalanan LRT Jabodebek yang dibatalkan dampak dari perawatan sarana. Pembatalan sejumlah perjalanan LRT Jabodebek mengakibatkan headway atau jarak kedatangan antar kereta menjadi lebih panjang.

Saat ini, sejumlah sarana sedang memasuki masa perawatan untuk memastikan perjalanan LRT Jabodebek aman dan nyaman. Pada masa perawatan ini mengharuskan sejumlah sarana kereta tidak dapat dioperasikan, hingga perawatan selesai dilaksanakan. 

Beberapa perawatan yang dilakukan antara lain, 13 trainset harus melakukan bubut roda untuk memastikan kondisi roda sesuai dengan apa yang menjadi syarat perjalanan LRT Jabodebek. Sedangkan 2 trainset sarana mengalami gangguan pada integrasi sistem persinyalan.

 


Berupaya Maksimal

Uji Coba LRT
Rangkaian Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) melintas saat uji coba dari Stasiun Harjamukti Depok hingga Stasiun Dukuh Atas di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/7/2023). Uji coba operasional terbatas LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) dilakukan mulai hari ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

"Keamanan menjadi prioritas bagi operasional LRT Jabodebek. Untuk itu kami dengan terpaksa menghentikan operasi sejumlah trainset untuk dilakukan perawatan sesuai dengan jadwal perawatan yang ada," kata Kuswardoyo, Rabu (18/10/2023).

Adapun penyetopan sementara 28 perjalanan LRT Jabodebek tersebut tidak hanya dilakukan untuk hari ini saja. Namun, Kuswardoyo belum memastikan sampai kapan itu akan terjadi. "Akan berlaku beberapa hari ke depan," ujarnya. 

"Saat ini kami bersama seluruh stakeholders tengah berupaya semaksimal mungkin agar proses perawatan dapat dengan segera terselesaikan. Sehingga operasional perjalanan LRT Jabodebek kembali normal," tuturnya. 

Infografis LRT Jabodebek
Infografis LRT Jabodebek (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya