Usai Pantau Pembangunan Kantor Presiden di IKN, Jokowi Bakal Groundbreaking Kompleks BI dan PLTS

Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum yang akan digelar di Kawasan IKN.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 02 Nov 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 10:30 WIB
Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol IKN
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Jalan tol tersebut akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan IKN. (Foto: Dok. Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengawali pagi pada Kamis (2/11/2023), di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dengan meninjau lokasi pembangunan Kantor Presiden.

Dari lokasi tempatnya bermalam di IKN, Presiden tiba di lokasi pembangunan Kantor Presiden sekitar pukul 07.05 WITA.

Di sana, Jokowi meninjau progres pembangunan Kantor Presiden yang pada kunjungan sebelumnya dipasangkan bilah pertama Garuda. Selain itu, Kepala Negara juga turut meninjau sejumlah proyek pembangunan IKN dari atas bangunan Kantor Presiden.

Menurut informasi Sekretariat Presiden, Kamis (2/11/2023), Jokowi pada kunjungan hari ketiganya nanti akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kompleks kantor Bank Indonesia hingga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN.

Selain itu, Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum yang akan digelar di Kawasan IKN.

Adapun kunjungan Jokowi di IKN telah berlangsung sejak 1-3 November 2023. Rencananya, akan ada 10 proyek senilai Rp 12,5 triliun yang dilakukan groundbreaking oleh RI 1 selama tiga hari tersebut.

Pada Rabu (1/11/2023) kemarin, Jokowi diketahui telah melangsungkan proses groundbreaking untuk 5 proyek di IKN. Antara lain, bandara VVIP atau Bandara Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Rumah Sakit Hermina Nusantara, dan revitalisasi SDN 020 Sepaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Investasi di IKN Nusantara Tembus Rp 45 Triliun

Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol IKN
Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnysa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap total nilai investasi yang masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia mencatat ada total sekitar Rp 45 triliun yang akan masuk hingga Desember 2023.

Tercatat, pada 1 November 2023 ini saja, Jokowi melakukan groundbreaking 6 proyek di IKN. Diantaranya, Bandara IKN, Pakuwon Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Nusantara Intercultural School, Rumah Sakit Hermina Nusantara, dan Revitalisasi SD Negeri 020.

"Ini memang semakin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor dalam negeri," ujar dia di IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Dia merinci, pada September 2023 ada pembangunan dengan nilai Rp 23 triliun. Lalu, November 2023 ini ada pembangunan proyek senilai Rp 12 triliun. Lalu, hingga Desember 2023 nanti totalnya menjadi Rp 45 triliun.

"Yang lalu kita groundbreaking senilai Rp 23 triliun, kemudian hari ini dan besok kira-kira Rp 12 triliun, kemudian nanti Desember totalnya jadi Rp 45 triliun. Saya kira kecepatannya cepat sekali," urai dia.

Dilihat dari kategori investasi yang masuk, Jokowi menilai fasilitas yang dihadirkan pun cukup lengkap. Dia merinci, ada 3 rumah sakit, 4 hotel, hingga ada 2 mal.

"Artinya ini bergulirnya sangat cepat dan saya harapkan pak Ketua Otorita IKN bisa melayaninya dengan cepat, karena swasta juga mintanya dengan cepat. Cepat. Cepat," ungkapnya.

"Tadi saya sudah sampaikan Rp 45 triliun, sampai Desember. Yang real ya," pungkas Jokowi.


Groundbreaking 9 Proyek

Presiden Joko Widodo (Jokowi), meresmikan dimulainya pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU).
Presiden Joko Widodo (Jokowi), meresmikan dimulainya pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU). Pembangunan Bandara ini berada di Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah. (Dok. Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Desember 2023, bulan depan. Menyusul, ada sejumlah proyek yang akan dimulai pembangunannya.

Diketahui, hari ini, Jokowi meresmikan groundbreaking 6 proyek di IKN. Diantaranya, Bandara IKN, Pakuwon Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Nusantara Intercultural School, Rumah Sakit Hermina Nusantara, dan Revitalisasi SD Negeri 020.

Dia mengaku diundang lagi oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk melakukan groundbreaking di IKN, bulan depan.

"Tadi juga Kepala Otoritas sudah menyampaikan bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena ada groundbreking," ujar dia dalam peresmian Pakuwon Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Setidaknya, ada 8-9 proyek yang akan dimulai pembangunannya. Kepala Negara berharap akan semakin banyak pembangunan yang dimulai di IKN kedepannya.

"Berapa pak? Kira-kira? 8-9 lagi yang baru akan memulai, dan kita berharap ini akan terus meramaikan Ibu Kota Nusantara kita," ujar Jokowi.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya