Stafsus Erick Thohir Bicara Etika Anak Buah Beri Contekan ke Bos, Sindir Siapa?

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyindir pihak yang mengaku sering memberikan contekan kepada atasannya. Sindiran ke Tom Lembong?

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 23 Jan 2024, 14:50 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 14:41 WIB
Menteri Erick Thohir Dorong BUMN Jadi Pioneer Peningkatan “Mental Health” di Lingkungan Kerja
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyindir pihak yang mengaku sering memberikan contekan kepada atasannya. Sindiran ke Tom Lembong?

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyindir pihak yang mengaku sering memberikan contekan kepada atasannya. Apalagi, hal ini diungkap usai seorang bawahan itu tidak lagi bersama atasannya.

Arya mengungkapkan hal ini usai mendapat kabar adanya mantan bawahan yang mengakui kerap memberikan contekan ke mantan bosnya. Bahkan, itu terjadi dalam kurun waktu 7 tahun. Kendati, Arya Sinulingga tidak menyebut siapa yang disindirnya itu.

"Ini saya baca, ada seorang mantan bawahan ngomongin atasannya, dia bilang bahwa atasannya hampir 7 tahun sering dia kasih contekan dan masukan," ujar Arya melalui akun TikTok pribadinya, dikutip Selasa (13/1/2024).

Dia mengatakan sikap ini seharusnya tidak dicontoh oleh generasi muda. Menurutnya, memberikan masukan ke atasan adalah sesuatu yang lazim terjadi. Hanya saja, untuk membuka sikap tersebut ke pihak lain menurutnya bukan sikap yang tepat.

"Buat anak-anak muda nih ya, dalam bekerja, di mana-mana, yang namanya anak buah pasti membantu atasannya ya dan kasih masukan ke atasannya, karena atasan itu bukanlah dewa yang tau segalanya makanya semua anak buah pasti kasih masukan ke atasannya," ucapnya.

"Dan itu gak perlu dibangga-banggakan kita harus ngomong kemana-mana, bahwa atasan kita dapat contekan dari kita, itu etika yang bisa dikatakan tidak punya etika," sambung Arya.

Tidak Patut Dicontoh

Arya mengatakan sikap ini tidak untuk dilakukan oleh anak muda ketika berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Dan dirinya juga tidak mengatakan sindiran itu untuk Tom Lembong atau tidak.

"Jadi jangan pernah ditiru buat anak-anak muda sekarang, baik milenial maupun gen Z dalam membangun karir anda pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya," pungkas Arya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sindir Tom Lembong?

Menkominfo, Kepala BKPM dan Ketua Dewan Komisioner OJK Diskusi Investasi Unicorn
Kepala BKPM Thomas Lembong saat diskusi FMB 9 bertajuk 'Investasi Unicorn untuk Siapa?', Jakarta, Selasa (26/2). Sejalan dengan hal tersebut pemerintah juga berusaha untuk menarik dan memfasilitasi para investor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Arya sendiri melalui akun TikTok nya tidak menyebut siapa yang jadi sasaran sindirannya. Dia hanya mengaca pada bacaan yang ditemukannya kalau ada mantan anak buah yang mengaku sering memberi contekan kepada bos.

Merujuk pada ucapan 7 tahun yang disebut, hal ini sejalan dengan pengakuan dari Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Thomas Lembong alias Tom Lembong.

Tom Lembong mengaku sering memberikan contekan dan masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat Menteri Perdagangan. Ungkapan ini merespons namanya yang disebut oleh Gibran Rakabuming Raka dalam momen Debat Cawapres 2024, akhir pekan lalu.

"Ya saya sangat mengapresiasi ucapan mas Gibran yang berkali-kali menyebut nama saya, ya tentunya selama 7 tahun saya membuat contekan, dan memulis pidato, dan poin bicara bagi ayahnya, pak Presiden. Dan saya bisa mendeteksi rasa rindu mungkin ya, bahwa saya tidak lagi disitu," ucap Tom Lembong, melaluo akun Instagram-nya.

 


Ucapan Gibran di Debat Cawapres

Momen Ketiga Cawapres pada Pemilu 2024 Saling Beradu Argumen
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Capres-Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nama Tom Lembong menjadi salah satu yang sering disebut Cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres malam ini. Hal ini bermula dari Cak Imin saat memaparkan jawaban Gibran yang membahas berkaitan perubahan ekstrim iklim yang mengancam pangan.

Sesaat Cak Imin usai memaparkan, moderator debat langsung memberikan Gibran untuk menanggapi pernyataan atau jawaban tersebut.

Di awal sebelum memaparkan tanggapan tersebut, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu menyindir Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

"Enak banget ya Gus ya, jawabnya sambil baca catatan tadi," sindir Gibran di arena debat cawapres, JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Gibran lantas menyembut Tom Lembong sebagai sosok di belakang Cak Imin yang membuatkan catatan tesebut.

Tidak berhenti di situ, nama Tom Lembong juga disebut lagi Gibran ketika dirinya tidak puas dengan jawaban Cak Imin mengenai Lithium Ion Phosphate (LFP).

"Apa pak Tom Lembong tidak menjelaskan apa itu LFP kepada Gus Imin, kan itu yang sering digaungkan," kata Gibran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya