Sederet Manfaat Timah, Usai Geger Kasus Korupsi Rp 271 Triliun Libatkan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan sekitar 16 orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada 2015-2022. Sebanyak 16 orang tersangka itu termasuk suami artis Sandra Dewi yakni Harvey Moeis (HM) dan crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim.

oleh Septian Deny diperbarui 31 Mar 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2024, 14:00 WIB
Anak Usaha PT Timah Tbk
sumber : timah.com

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan sekitar 16 orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada 2015-2022.

Sebanyak 16 orang tersangka itu termasuk suami artis Sandra Dewi yakni Harvey Moeis (HM) dan crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim.

Angka korupsi diperkirakan hingga Rp 271 triliun yang didapatkan dari hitungan kerugian perekonomian negara. Sedangkan, kerugian keuangan negara masih dalam penghitungan penyidik bersama pihak terkait.

Lantas apa saja sebenarnya manfaat timah untuk kehidupan sehari-hari?

Sifat Timah 

Timah memiliki beberapa sifat fisik, yaitu:

1. Timah menjadi logam yang sangat lemah, mudah dibentuk dan bisa mencair. Karena itu, produk yang diolah dengan timah dapat dengan mudah dibentuk, namun timah tidak dapat digunakan sebagai logam murni.

2. Timah memiliki sifat daktilitas, yaitu mudah diubah bentuknya ketika berada dalam suhu kamar. Meskipun timah akan menjadi logam yang sedikit keras namun lentur. Perubahan bentuk ini bisa terjadi pada suhu 54 derajat Fahrenheit.

3. Timah menjadi salah satu bahan konduktor listrik yang sangat baik karena bisa dibentuk dengan mudah dengan bantuan solder dan pembentukan plat listrik.

Karakteristik Timah 

Selain sifat, timah juga memiliki beberapa karakteristik, antara lain adalah:

1. Memiliki warna yang sangat putih, mengkilap sehingga mirip dengan logam perak.

2. Tidak memiliki daya magnetik

3. Tahan terhadap beberapa penyebab korosi, kecuali air laut murni dan larutan alkali.

4. Menjadi logam yang sangat ringan, lunak, awet dan tidak mudah terbakar.

5. Bisa menjadi logam murni dengan harga yang sangat mahal karena tahan lama dan mudah untuk dirawat.

 


Ragam Manfaat Timah 

PT Timah (Persero) Tbk (TINS)
(Foto: PT Timah)

Sebagai Lapisan Produk Baja

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah sebagai lapisan pada produk baja. Timah menjadi salah satu produk yang digunakan untuk melapisi baja. Produk yang dihasilkan dari paduan baja dan timah ini biasa digunakan untuk keperluan industri otomotif dan listrik.

Timah juga mampu membentuk baja menjadi logam yang lebih ringan dan mudah disesuaikan untuk keperluan industri. Timah bisa menjadi produk pelapis baja untuk beberapa jenis produk lain seperti perlengkapan memasak, kendaraan, sepeda gunung, produk rumah tangga dan beberapa produk lain.

Timah membuat semua jenis logam ini bisa dirubah menjadi berbagai perlengkapan karena mudah untuk dibentuk sesuai dengan ukuran.

Sebagai Produk Alumunium Foil

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang kedua adalah sebagai produk alumunium foil. Timah bisa menjadi bahan dalam pembuatan kertas atau lapisan pembungkus makanan. Produk ini biasanya memiliki warna putih, mudah dibentuk, tahan terhadap pembakaran dan membuat makanan menjadi lebih awet. Selain makanan, produk ini bahkan juga bisa digunakan untuk pengemas obat-obatan dan beberapa produk yang harus disimpan dalam waktu lama.

Penyambung Logam dengan Solder

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang ketiga adalah untuk penyambung logam saat menggunakan solder. Penggunaan solder sangat diperlukan dalam industri listrik, otomotif dan juga elektronik. Solder digunakan untuk menyambung beberapa lapisan perangkat yang membutuhkan kabel atau logam lain pada sirkuit khusus. Timah membuat produk menjadi sangat awet dan mudah dibentuk sesuai dengan dasar desain pada lapisan sirkuit.

Menjadi Komponen Gigi Palsu

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang keempat yaitu sebagai komponen dalam pembuatan gigi palsu. Timah juga bisa digunakan dalam dunia medis sebagai bahan pembuatan gigi palsu. Salah satu bahan gigi palsu seperti amalgam gigi mengandung bahan timah. Bahan ini terbuat dari timah dan perak dan membentuk produk dengan warna putih dan mengkilap. Produk ini juga terasa nyaman dan tahan terhadap racun atau potensi korosi. Meskipun ini mengandung bahan timah namun sangat aman untuk kesehatan.

 

 


Menjadi Komponen Pasta Gigi

Ilustrasi timah. (Gideon/Liputan6.com)
Ilustrasi timah. (Gideon/Liputan6.com)

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang kelima adalah sebagai komponen dalam pasta gigi. Jika Anda pernah menemukan pasta gigi dengan kandungan SnF2, maka itu menunjukkan bahwa ada keterlibatan timah dalam pembuatan komponen tersebut.Ini adalah salah satu produk sampingan timah dengan daya yang sangat kecil. Meskipun ini akan digunakan untuk produksi pasta gigi, namun ini sangat aman dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa pasta gigi mengatakan bahwa komponen ini bisa menjadi fluorida alami untuk mempertahankan keputihan dan kepadatan gigi.

Sebagai Sensor Gas dalam Industri Keramik

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang keenam adalah sebagai sensor gas dalam industri keramik. Salah satu peran sensor gas dalam industri keramik adalah untuk mencegah beberapa kecelakaan atau kesalahan produksi. Timah yang telah dibakar akan menghasilkan timah oksida sehingga bisa menimbulkan bau yang akan terukur oleh perangkat. Hal ini yang membuat sensor produksi pada industri keramik bisa terbaca dan juga melancarkan proses produksi. 

Sebagai Komponen Industri Otomotif

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang ketujuh adalah sebagai komponen industri otomotif. Dengan campuran timah dan besi bisa menghasilkan beberapa produk suku cadang bagi kendaraan bermotor. Pembuatan suku cadang sangat bergantung pada komponen timah, karena semua suku cadang tidak mungkin bisa terbuat dari besi murni. Timah akan membuat suku cadang kendaraan menjadi lebih ringan, mudah dibentuk, tahan terhadap karat sehingga tahan lama dan sesuai dengan penggunaan kendaraan bermotor.

Sebagai Pelapis Kaleng

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang kedelapan adalah untuk pelapis kaleng. Kaleng merupakan produk yang terbuat dari jenis logam baja dengan tingkat ketebalan dan berat khusus.

Namun, karena baja memiliki kelemahan yang membuat fungsi bahan pengemas seperti kaleng menjadi terhambat, timah dipakai untuk melapisi baja agar kaleng menjadi lebih ringan, tahan lama, tahan terhadap karat dan melindungi produk dari perkembangan bakteri. Kaleng yang dilapisi oleh timah akan terlihat lebih ringan, mudah dibentuk dan produk yang tahan lama.

 


 Sebagai Bahan Produksi Kaca

PT Timah Tbk
Foto: PT Timah Tbk.

 

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang berikutnya adalah sebagai bahan produksi kaca. Timah menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam produksi kaca mobil atau kaca kendaraan. Dalam sebuah produksi kaca ketika bahan kaca cair diterapkan pada timah cair maka bagian kaca yang terbentuk akan mengapung pada lapisan timah. Proses ini akan membentuk kaca yang lebih padat, tidak mudah pecah, tingkat pararel dan kedataran yang baik dan lebih tahan terhadap tekanan. Hal inilah yang membuat timah bisa menjadi material utama pada industri kaca.

Produksi Pipa

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang selanjutnya adalah untuk produksi pipa. Pipa yang terbuat dari kombinasi besi dan baja ringan juga membutuhkan timah. Campuran timah akan membuat pipa menjadi lebih ringan.

Pipa yang memakai campuran bahan timah memiliki ciri-ciri, salah satunya adalah bintik-bintik warna metalik pada pipa. Keunggulan pipa ini adalah tahan terhadap korosi, bisa bertahan lama dan jarang memerlukan perbaikan. Beberapa jenis industri, saluran minyak, dan saluran gas membutuhkan pipa seperti ini.

Sebagai Pelindung Pintu dan Jendela

Manfaat timah dalam kehidupan sehari-hari yang terakhir adalah sebagai pelindung pada pintu dan jendela. Beberapa jenis perangkat konstruksi rumah seperti jendela dan pintu biasanya juga dilapisi dengan bahan timah. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian pintu atau jendela dari api jika terjadi kebakaran. Selain itu, timah yang menjadi frame jendela atau pintu bisa dibentuk menjadi beberapa desain, sehingga membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya