Cari Dana Bangun Pabrik Pupuk di Fakfak, Pupuk Kaltim Buka Opsi IPO

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT buka opsi terhadap berbagai sumber pendanaan untuk membangun pabrik pupuk di kawasan industri Fakfak, Papua Barat Daya.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 30 Apr 2024, 18:45 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2024, 18:45 WIB
Pabrik Pupuk Kaltim. (Liputan6.com/ ist)
Pabrik Pupuk Kaltim. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT buka opsi terhadap berbagai sumber pendanaan untuk membangun pabrik pupuk di kawasan industri Fakfak, Papua Barat Daya. Termasuk penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Kendati begitu, SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismantoro mengungkapkan, pihaknya masih menunggu lampu hijau dari Kementerian BUMN untuk bisa melepas saham ke pasar.

"IPO hanya salah satu alternatif pendanaan. IPO ini kan jadi ranah pemegang saham. Artinya kita sebagai anak usaha BUMN hanya sebagai eksekutor. Sehingga kita masih menunggu arahnya ke mana," ungkapnya di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Selain IPO, kata Teguh, Pupuk Kaltim juga bisa menampung sumber pendanaan lain seperti pinjaman guna menuntaskan pabrik pupuk di Fakfak yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Selain IPO kan ada pinjaman, loan, kita masih nunggu arahan dari pemegang saham arahnya kemana. Tentunya kita sebagai eksekutor akan menjalankan amanat yang diberikan (kepada) PKT," ujar dia.

Pendanaan Lain

Namun, Teguh menambahkan, mencari opsi pendanaan lain semisal investasi bukan perkara mudah. Sebab, penyaluran modal untuk proyek di wilayah Indonesia Timur tersebut terbilang cukup menantang.

"Dari sisi teknis kita persiapkan terus, karena memang investasi di sana berbeda ya. Kita perlu effort yang cukup karena memang budayanya kan berbeda. Sehingga persiapan internal juga harus bisa menyesuaikan dengan kondisi," imbuhnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pabrik Strategis

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi  (kanan) memantau pabrik 5 Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim. (Dok PKT).
Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi (kanan) memantau pabrik 5 Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim. (Dok PKT).

Lebih lanjut, ia menekankan, proyek pabrik pupuk di Fakfak terbilang vital demi pemerataan penyaluran pupuk di Tanah Air. Terlebih untuk kawasan Indonesia Timur yang belum memiliki pabrik pembuatan pupuk.

"Kalau melihat dari kebutuhan pupuk di Indonesia ya masih sangat dibutuhkan. Sebanyak 5 pabrik pupuk berada di Indonesia bagian barat, dan di Indonesia Timur kan belum ada. Ini salah satu pemetaan meningkatkan pertanian di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya