Menko Luhut: Elon Musk Sangat Senang Bertemu Prabowo

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, perkenalan terhadap Prabowo sebagai pemimpin negara mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan di Forum Air Sedunia 2024.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 21 Mei 2024, 15:15 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2024, 15:15 WIB
Menko Luhut: Elon Musk Sangat Senang Bertemu Prabowo
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk telah bertemu langsung dengan Prabowo Subianto.(Dok Kemenko Marves)

Liputan6.com, Bali - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk telah bertemu langsung dengan Prabowo Subianto. Keduanya berjumpa di tengah rangkaian kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali. 

Luhut mengatakan, Elon Musk mengaku senang dengan hasil pertemuannya bersama Prabowo. Menurut dia, itu jadi pertanda bagus untuk kelanjutan investasi bos Tesla tersebut di Indonesia. 

"Pak Prabowo sudah bertemu dengan Elon Musk dan juga bicara banyak. Saya dengar Elon Musk juga cerita sama saya, sangat senang dengan pertemuannya dengan pak Prabowo. Ini bagus," ujar Luhut di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (21/5/2024).

Adapun Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia 2024-2029 sebelumnya telah diperkenalkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan World Water Forum ke-10 Bali. 

Menurut Luhut, perkenalan terhadap Prabowo sebagai pemimpin negara pengganti Jokowi pun mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan di Forum Air Sedunia tersebut.

"Pak Jokowi memperkenalkan pak Prabowo kepada peserta World Water Forum, dan komentarnya yang saya terima mereka mengatakan bahwa suatu hal yang luar biasa," ungkap Menko Luhut

"Saya pikir memberikan signal yang bagus kepada market bahwa serah terima dan kontinuitas pembangunan kita akan bisa berjalan lebih baik lagi," tutur Luhut. 

Sebelumnya, Jokowi juga telah bertemu dengan Elon Musk di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali pada Senin, 20 Mei 2024. 

Jokowi dan Elon Musk antara lain membahas akselerasi transformasi digital di Indonesia hingga potensi pengembangan investasi di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajak Elon Musk Kembangkan Investasi di Indonesia

CEO Tesla dan Space X Elon Musk dalam peresmian peluncuran Starlink di salah satu puskesmas di Denpasar, Minggu (19/5/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)
CEO Tesla dan Space X Elon Musk dalam peresmian peluncuran Starlink di salah satu puskesmas di Denpasar, Minggu (19/5/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Dalam pertemuan tersebut, RI 1 mengapresiasi Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum tersebut dan membahas pentingnya pengelolaan air. 

Ia juga mengundang Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, yang mencakup perusahaan-perusahaan antara lain SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring.

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia," ujar Jokowi.

 


Luhut Buka-bukaan Rencana Investasi Elon Musk dan Tesla ke Indonesia

Menko Luhut menyebut Elon Musk masih mempertimbangkan banyak hal untuk bisa mengucurkan modalnya melalui Tesla ke Tanah Air
Menko Luhut menyebut Elon Musk masih mempertimbangkan banyak hal untuk bisa mengucurkan modalnya melalui Tesla ke Tanah Air (dok: Maul)

Sebelumnya, Pemerintah telah melakukan sejumlah pertemuan dengan pendiri SpaceX, Elon Musk dalam rangkaian kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali. Beberapa rencana investasi juga telah dibahas, salah satunya terkait masuknya Tesla ke Indonesia.

Namun begitu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Elon Musk masih mempertimbangkan banyak hal untuk bisa mengucurkan modalnya melalui Tesla ke Tanah Air, termasuk produksi mobil listrik (EV) di beberapa negara yang berlebih pasokan.

"Kelihatan EV itu di China oversupply, dan harganya China lebih murah. Jadi dia masih menunggu beberapa waktu untuk berpikir investasi di manapun," ujar Menko Luhut saat ditemui di The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

"Jadi pabrik mereka juga di Meksiko juga sekarang produksinya dikurangi. Dekat Hamburg di Jerman sana juga berkurang," imbuh dia.

Elon Musk Butuh Waktu

Oleh karenanya, Luhut menilai Elon Musk masih butuh waktu guna mempertimbangkan situasi yang sekarang terjadi. Namun, ia tetap melihat Indonesia sebagai salah satu negara tujuan investasi potensial bagi Tesla.

"Jadi mereka masih mau melihat pasar dunia lebih tenang, nanti mereka baru akan masuk. Indonesia saya kira akan menjadi alternatif yang sangat baik untuk dia," kata Luhut.


Pernyataan Elon Musk

Menko Luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan/Istimewa.

Sebelumnya, Elon Musk sempat buka kemungkinan untuk menyalurkan sejumlah investasi ke Indonesia. Namun demikian, ia tidak menjelaskan detil soal peluang itu, dengan hanya mengumbar janji pihaknya bakal menanamkan modal di Tanah Air pada masa depan.

Pernyataan itu disampaikannya pasca melakukan peresmian peluncuran jaringan internet satelit Starlink miliknya di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod di Kota Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024) kemarin.

"Saya pikir dalam jangka panjang kemungkinan besar kami akan berinvestasi di Indonesia. Saya pikir sangat mungkin bahwa perusahaan saya akan berinvestasi di Indonesia pada masa depan," ungkap Elon Musk.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya