Tips Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Dalam Satu Aplikasi

Untuk mempermudah kamu menganalisis KPI, terutama di bagian KPI Operasional yang berkaitan dengan biaya operasional sehari-hari, kamu bisa mengandalkan Danamon Cash Connect.

oleh stella maris pada 28 Mei 2024, 14:46 WIB
Diperbarui 28 Mei 2024, 15:23 WIB
Bisnis waralaba
Ilustrasi bisnis/pexels.com-belart84.

Liputan6.com, Jakarta Punya bisnis sendiri adalah impian bagi sebagian besar orang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, di mana teknologi memainkan peranannya untuk mempermudah jalannya sebuah bisnis. 

Tapi, untuk menjalankan usaha atau bisnis, pasti nggak melulu mulus. Tentu banyak tantangan yang harus dihadapi dengan kepala dingin hingga akhirnya kamu sebagai pelaku usaha bisa bertangan dingin. 

Yup, ketika bisnis sudah berjalan dengan baik alias mencapai Break Even Point (BEP) dan sudah punya business plan-nya, mungkin kamu termotivasi untuk ekspansi bisnis, seperti membuka cabang baru. 

Nah, sebelum membuka cabang baru, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ya: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cek Pasar (Lagi)

Ini adalah salah satu hal yang tetap harus kamu lakukan sebelum membuka cabang baru. Pastikan kamu mengidentifikasi segmen pasar yang paling cocok dan sesuai dengan target pasar dari bisnismu sebelumnya. 

Ketika melakukan cek pasar, pastinya kamu sudah tahu lokasi tempat kamu untuk membuka cabang baru. Nah, di bagian ini, pastikan tempat yang kamu pilih untuk ekspansi memiliki tempat yang gampang dicari. Artinya aksesibilitas dan keterjangkauannya menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. 

Selain itu, kamu juga mesti cek dari sisi pasar yang lain, yaitu pesaing alias pelaku bisnis lainnya. Cek, apakah ada pelaku usaha dengan model bisnis yang sama denganmu. 

 


Evaluasi Biaya Buat Buka Cabang Baru

Langkah kedua, coba buat perkiraan modal yang berpengaruh pada kesuksesan cabang baru untuk jangka panjang. Lakukan perencanaan matang, mulai dari besaran investasi awal untuk sewa tempat, promosi, pembayaran karyawan, hingga besaran biaya operasional bulanan. 

 


Strategi Pemasaran dan Branding

Meski membuka cabang baru, kamu juga perlu untuk memikirkan strategi pemasaran dan branding. Kamu bisa bangun citra positif yang dapat meningkatkan nilai jual bisnis, tapi juga menarik minat mereka sebagai calon pelangganmu, untuk mencoba produk yang kamu pasarkan. 

Memang lebih mudah, jika kamu sudah mengantongi business plan. Tapi tetap saja, untuk memperluas kesadaran merek atau brand-mu, kamu bisa coba berkolaborasi dengan masyarakat atau komunitas di sekitar tempat lokasi usahamu yang baru. 

 


Lakukan Pemantauan Secara Fleksibel

Agar usahamu berjalan lancar, pastinya kamu memiliki key performance index (KPI) yang menjadi salah satu alat ukur bisnis yang memantau kinerja, apakah bisnis berjalan sesuai tujuan dan goals bisnis. 

Kamu bisa memantau KPI secara rutin, baik itu harian, mingguan, dua mingguan, bulanan, kuartal, paruh waktu, bahkan tahunan. Nah, dalam bisnis ada empat KPI yang harus kamu ketahui, yaitu KPI Keuangan, KPI Penjualan, KPI Marketing, dan KPI Operasional. 

Nah, untuk mempermudah kamu menganalisis KPI, terutama di bagian KPI Operasional yang berkaitan dengan biaya operasional sehari-hari, kamu bisa mengandalkan Danamon Cash Connect. Ini adalah internet banking untuk membantu pengelolaan bisnis keuangan atas transaksi perbankan secara aman, real-time dan fleksibel, dimana saja melalui website browser hingga mobile app. 

Ada beberapa fitur dan keunggulan Danamon Cash Connect, yaitu:

  • Cek dan monitoring rekening koran, hingga mutasi rekening secara langsung dalam satu genggaman
  • Kemudahan approve banyak transaksi dalam 1x approve sesuai level yang diatur nasabah
  • Dapat langsung transaksi (tidak hanya approve transaksi) overbooking, hingga domestik transfer SKN RTGS, serta transaksi kapan saja 24/7 melalui online transfer, BI FAST melalui Danamon Cash Connect
  • Mobile token langsung pada aplikasi (dengan Keamanan transaksi terjamin dengan two-factor authentication)
  • Melalui fitur Bill Payment dapat bayar tagihan langsung ke PLN Postpaid dan Prepaid, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, pembayaran telepon Telkom, hingga bayar Virtual Account Danamon
  • Cek, download, dan cetak laporan status transaksi
  • Informasi Kurs berbagai mata uang langsung melalui aplikasi Danamon Cash Connect
  • Layanan Virtual Account (VA) yang memberikan kemudahan identifikasi pada setiap transaksi bisnis
  • e-Tax Payment atau Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3) untuk pembayaran pajak secara real-time online baik one to one atau bulk (input dijalankan secara bersamaan dalam satu transaksi file)
  • Outgoing Transfer Remittance untuk mengirimkan dana dalam berbagai macam mata uang asing ke luar Negeri dengan kurs yang kompetitif

Selain itu, kamu juga bisa melihat program edukasi yang disiarkan Danamon melalui Youtube dan Vidio setiap Jumat, yaitu Danamon Financial Friday. Program edukasi itu hadir untuk memberikan solusi finansial serta memberikan banyak insight seputar bisnis dari pakar keuangan terpercaya Danamon. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danamon Cash Connect dapat mengunjungi link berikut ini.

Sekadar informasi, DFF menjadi salah satu program dari Danamon yang konsisten tayang di channel Youtube Danamon sejak 2020 hingga sekarang.

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya