AIA Financial Catat Untung Rp 1,6 Triliun sepanjang 2023

PT AIA Financial (AIA) berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang mengesankan pada tahun 2023, dengan laba setelah pajak mencapai Rp1,6 triliun.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 31 Mei 2024, 20:54 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 20:41 WIB
PT AIA Financial (AIA) mencatatkan kinerja keuangan yang kuat untuk tahun 2023
PT AIA Financial (AIA) mencatatkan kinerja keuangan yang kuat untuk tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta PT AIA Financial (AIA) berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang mengesankan pada tahun 2023, dengan laba setelah pajak mencapai Rp1,6 triliun.

Hal ini mencerminkan kedisiplinan manajemen dalam mengelola keuangan dan fokus pada keberlanjutan bisnis. Komitmen AIA dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan ini.

Dalam laporan keuangan tahun 2023, AIA mencatat total laba komprehensif sebesar Rp918 miliar, total pendapatan premi Rp10 triliun, dan rasio Risk Based Capital (RBC) yang sangat kuat, yaitu 434% untuk bisnis konvensional, 3146% untuk dana Tabarru Syariah, dan 12584% untuk dana Operator Syariah.

Rasio solvabilitas yang tinggi ini menunjukkan kemampuan AIA dalam memenuhi komitmen kepada pemegang polis dan menegaskan posisinya sebagai pemimpin industri asuransi jiwa di Indonesia.

Selain itu, AIA juga berhasil mengelola total Uang Pertanggungan (UP) sebesar Rp749 triliun, yang meningkat sebesar 37% selama lima tahun terakhir. Pertumbuhan ini menunjukkan tingginya kepercayaan nasabah terhadap AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa yang terpercaya.

“Kinerja keuangan AIA pada 2023 mencerminkan kesuksesan strategi dan prioritas bisnis jangka panjang kami. Komitmen kami dalam menjaga kepercayaan nasabah dan mitra bisnis serta menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkualitas sangatlah penting. Kami didukung oleh jalur distribusi yang profesional, tepercaya, dan mahir digital,” kata Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy, Jumat (31/5/2024).

Pembayaran Klaim

Sebagai bukti komitmennya kepada pemegang polis, AIA mencatat total pembayaran klaim sebesar Rp10 triliun pada tahun 2023. Selama lima tahun terakhir, AIA telah membayarkan klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp49 triliun. Ini menegaskan keandalan AIA dalam memenuhi kewajibannya kepada nasabah.

AIA terus berinovasi dalam pengembangan produk asuransi, salah satunya dengan meluncurkan program loyalitas untuk segmen High Net Worth, yaitu AIA Altitude. Program ini dirancang untuk memberikan nilai tambah dan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan dan gaya hidup individu High Net Worth.

Dalam upaya memperluas jangkauan dan kualitas layanan, AIA juga mengandalkan Premier Agency yang menghadirkan tim distribusi keagenan profesional dan jaringan mitra distribusi strategis melalui bancassurance. Hal ini memungkinkan AIA untuk melayani kebutuhan proteksi jutaan keluarga di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Masyarakat

Diskon dan rewards yang ditawarkan AIA Vitality
Adinia Wirasti dalam acara konferensi pers AIA Vitality (foto: Denisa Aulia.dok)

AIA juga berupaya mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi melalui program AIA Vitality, yang mengedepankan pendekatan shared value.

Program ini memotivasi nasabah untuk menjalani gaya hidup sehat dengan cara yang menyenangkan dan memberikan rewards menarik. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kesehatan nasabah tetapi juga memberikan pengalaman unik dalam berasuransi.

Sebagai perusahaan yang berfokus pada dampak sosial, AIA menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan (ESG) melalui berbagai inisiatif bisnis. Salah satu programnya adalah One Policy One Tree, di mana AIA bekerja sama dengan Coldplay Music of the Spheres dan One Tree Planted untuk menanam pohon untuk setiap polis yang diterbitkan. Program ini bertujuan untuk berkontribusi pada mitigasi dampak perubahan iklim di Indonesia.

AIA juga memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program AIA Healthiest School (AHS), yang bertujuan mendidik siswa tentang pentingnya hidup sehat. Program ini berfokus pada empat pilar utama: makan sehat, gaya hidup aktif, kesejahteraan mental, serta kesehatan dan keberlanjutan.

Kinerja positif AIA pada tahun 2023 diakui dengan berbagai penghargaan, termasuk Customer Service Initiative of the Year: Tanya Anya - Arial Insurance Asia Award 2023, AIA Vitality - Fortune Indonesia Change The World 2023, Education Insurance of The Year Indonesia: AIA Pedia - Insurance Asia Award 2023, dan Insurance Market Leader Award 2023 for Life Insurance - Media Asuransi. Pencapaian ini mengukuhkan posisi AIA sebagai salah satu pemimpin industri asuransi jiwa di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya