Pengelola Dana Kekayaan Norwegia Bakal Tolak Usulan Gaji CEO Tesla Elon Musk, Kenapa?

Gaji Elon Musk, yang merupakan gaji terbesar bagi seorang CEO di perusahaan Amerika Serikat, telah disetujui pada 2018, tetapi dibatalkan oleh hakim awal tahun ini

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Jun 2024, 21:04 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2024, 21:04 WIB
Pengelola Dana Kekayaan Norwegia Bakal Tolak Usulan Gaji CEO Tesla Elon Musk, Kenapa?
Pengelola dana kekayaan negara Norwegia senilai USD 1,7 triliun mengatakan akan memberikan suara menentang ratifikasi paket pembayaran senilai USD 56 miliar atau sekitar Rp 909,04 triliun untuk CEO Tesla Elon Musk. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta Pengelola dana kekayaan negara Norwegia senilai USD 1,7 triliun atau setara Rp 27.670 triliun (asumsi kurs Rp 16.276 per dolar AS) mengatakan akan memberikan suara menentang ratifikasi paket pembayaran senilai USD 56 miliar atau sekitar Rp 909,04 triliun untuk CEO Tesla Elon Musk. 

Hal ini akan diputuskan melalui pemungutan suara pemegang saham minggu depan. Investor tersebut merupakan pemegang saham terbesar kedelapan Tesla, menurut data LSEG. 

Gaji Musk, yang merupakan gaji terbesar bagi seorang CEO di perusahaan Amerika Serikat, telah disetujui pada 2018, tetapi dibatalkan oleh hakim awal tahun ini, yang mengatakan jumlah tersebut tidak adil bagi pemegang saham dan menyebutnya sebagai jumlah yang tidak dapat diduga.

Pengelola dana tersebut mengatakan pihaknya menghargai nilai signifikan yang dihasilkan di bawah kepemimpinan Elon Musk sejak tanggal pemberian dana pada 2018.

“Namun, kami tetap khawatir mengenai besaran total penghargaan, struktur pemicu kinerja, dilusi, dan kurangnya mitigasi risiko orang-orang penting," kata Norges Bank Investment Management (NBIM), operator dana tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (9/6/2024)

Pada 2018, dana tersebut memberikan suara menentang paket tersebut dan terus mengupayakan dialog konstruktif dengan Tesla mengenai topik ini dan topik lainnya.

Dana tersebut, yang menurut data dana tersebut memiliki 0,98 persen saham senilai USD 7,7 miliar, mengkritik gaji CEO yang berlebihan. 

Menanggapi postingan di platform media sosial X, Musk mengatakan keputusan dana tersebut "tidak keren", dan menambahkan jika dana tersebut benar-benar melakukan survei terhadap konstituen, mereka akan menemukan dukungan luar biasa yang mendukung.

Tahun lalu, mereka menolak lebih dari separuh paket gaji CEO AS di atas USD 20 juta, dan memperingatkan paket tersebut tidak sejalan dengan penciptaan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemegang Saham Jumbo Tesla Restui Elon Musk Terima Paket Gaji Rp 913 Triliun

FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). Pemegang saham menuduh Elon Musk memperkaya dirinya serta keluarganya dengan kesepakatan yang terjadi pada 2016 terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)

Sebelumnya, investor miliarder Ron Baron, investor lama Tesla dan pemegang saham lama Tesla, menulis surat terbuka yang berisi restu dan dukungan untuk memberikan paket gaji kepada CEO Elon Musk senilai USD 56 miliar atau setara Rp 913 triliun.

Ketua dan CEO Baron Capital ini mengatakan bahwa kontrak kompensasi Musk pada tahun 2018 mencakup metrik kinerja “agresif” yang hanya sedikit orang yang percaya bahwa hal tersebut dapat dicapai. "Musk tidak akan mendapatkan apa-apa jika target-target ambisius ini tidak tercapai," kata dia melansir CNBC, Kamis (5/6/2024).

“Elon adalah ‘orang kunci’ utama dari risiko orang kunci,” kata Baron dalam surat itu. "Tanpa dorongan tanpa henti dan standar tanpa kompromi, tidak akan ada Tesla. Terutama mengingat bagaimana dia tidur di lantai pabrik Tesla di Fremont ketika perusahaan mengalami apa yang dia sebut sebagai 'neraka produksi!"

Paket gaji  Elon Musk yang diusulkan Dewan Direksi Tesla telah berulang kali mendapat kecaman, termasuk kritik bahwa dewan direksi terlalu dekat dengan Musk sehingga sulit independen.

Paket ini tidak memberikan gaji atau bonus tunai dan menetapkan imbalan berdasarkan nilai pasar Tesla yang meningkat hingga USD 650 miliar selama 10 tahun sejak 2018. Jika diloloskan, ini akan menjadi paket gaji terbesar untuk seorang CEO di perusahaan Amerika.

Rencananya, rapat pemegang saham Tesla dijadwalkan pada tanggal 13 Juni. “Saya memberikan suara untuk paket gaji tersebut,” kata Baron.

 

 


Sempat Dibatalkan

Elon Musk (AP Photo/Susan Walsh, File)
Elon Musk (AP Photo/Susan Walsh, File)

Pada Januari, Hakim Kathaleen McCormick dari Pengadilan Delaware membatalkan paket gaji tersebut. Musk kemudian berusaha untuk memindahkan negara bagian pendirian Tesla ke Texas dari Delaware.

Baron sebelumnya mengungkapkan bahwa perusahaannya telah melakukan investasi sekitar 20 kali lipat di Tesla sejak pertama kali membeli saham pada tahun 2014.

Tesla adalah kepemilikan terbesar di dana tertua dan terbesar Baron, Baron Partners Fund (BPTIX), yang mencakup hampir 30% dari portofolio.

"Di Baron Capital, jawaban kami jelas, lantang, dan tegas jika Tesla lebih baik bersama Elon. Tesla adalah Elon,” katanya dalam surat tersebut.


Elon Musk Umbar Janji Investasi ke Indonesia di Masa Depan

Elon Musk.  (AP Photo/Susan Walsh, File)
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Sebelumnya, pendiri SpaceX Elon Musk buka kemungkinan untuk menyalurkan investasi ke Indonesia. Namun demikian, Elon Musk tidak menjelaskan detil soal peluang itu, dengan hanya mengumbar janji pihaknya bakal menanamkan modal di Tanah Air pada masa depan.

Pernyataan itu disampaikannya pasca melakukan peresmian peluncuran jaringan internet satelit Starlink miliknya di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod di Kota Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024).

"Saya pikir dalam jangka panjang kemungkinan besar kami akan berinvestasi di Indonesia. Saya pikir sangat mungkin bahwa perusahaan saya akan investasi di Indonesia pada masa depan," kata Elon Musk.

Dengan busana kemeja hijau lengan panjang yang dikenakannya, Elon menegaskan kedatangannya ke Bali saat ini lebih berfokus pada peluncuran jaringan internet Starlink.

Jadi PembicaraSelain Starlink, triliuner besar dunia ini juga diundang dalam rangkaian acara World Water Forum ke-10 pada Senin, 20 Mei 2024 besok. Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk bisa datang ke Bali dan Indonesia.

"Saya mendengar banyak hal hebat soal Bali dan Indonesia, dimana semuanya tepat. Ini merupakan tempat yang luar biasa, (Bali) juga pulau yang sangat indah," ungkapnya.

"Oleh karenanya ini saat yang tepat untuk melakukan pengumuman resmi soal Starlink. Saya juga yakin, akan banyak topik penting terkait air (di World Water Forum ke-10)," imbuh Elon Musk.

Selain itu, ia mengaku terkesan kali dengan pohon mangrove yang banyak bertebaran di pesisir Pulau Dewata. "Itu sangat keren. Tapi jujur, saya tidak banyak tahu tentang air," pungkas pendiri SpaceX itu.

 

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya