CIMB Niaga Optimistis Minat Masyarakat pada KPR Hijau Meningkat

CIMB Niaga menyatakan,KPR hijau mendukung komitmen Perseroan untuk sediakan fasilitas sustainability.

oleh Tira Santia diperbarui 01 Jul 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 13:30 WIB
CIMB Niaga Optimistis Minat Masyarakat pada KPR Hijau Meningkat
Bank CIMB Niaga hadirkan produk dan program pembiayaan hijau, salah satu lewat KPR hijau. (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menghadirkan produk dan program pembiayaan hijau, salah satunya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau atau Green Mortgage.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen CIMB Niaga sebagai bank yang aktif mengimplementasikan Stainability (keberlanjutan) di Indonesia.

Head of Secured Lending Business & Consumer Credit Underwriting CIMB Niaga Djojo Boentoro menjelaskan, Green Mortgage merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian properti dari pengembang (developer) yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan atau sertifikasi bangunan hijau dari lembaga yang diakui. Di antaranya menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan, memiliki pengelolaan air yang baik, dan efisiensi energi melalui pemanfaatan solar panel.

Dia menuturkan, selain fasilitas Green Mortgage, nasabah CIMB Niaga juga memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam gerakan penanaman 1 pohon untuk keberlanjutan bumi melalui KPR One House One Tree.

Program ini bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dalam bentuk pelestarian tanaman bambu, kopi, dan cengkeh di NTT

“Kalau bicara KPR hijau, itu juga sama dalam mendukung komitmen kita yang berkelanjutan kita menyediakan fasilitas-fasilitas menuju sustainability. Kami juga memberikan komitmen kepada nasabah, semua KPR dikita komitmen tanam satu pohon. Kita ada kerjasama dengan yayasan KEHATI untuk penanaman pohon,” ujar Djojo dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga bertema Tren Properti dan Green Mortgage 2024 di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Djojo Boentoro, menegaskan untuk Green Mortgage dan KPR One House One Tree yang dihadirkan bukan semata-mata untuk mengejar profit, namun juga wujud dukungan nyata untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pelestarian lingkungan. 

“Dengan memilih pembiayaan rumah ramah lingkungan, nasabah telah berkontribusi mengurangi emisi karbon sehingga dapat menciptakan bumi yang lebih lestari atau The Cooler Earth," kata Djojo Boentoro.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Green Mortgage Punya Potensi Besar?

Bank CIMB Niaga hadirkan produk dan program pembiayaan hijau, salah satu lewat KPR hijau. (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)
Bank CIMB Niaga hadirkan produk dan program pembiayaan hijau, salah satu lewat KPR hijau. (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)

Dalam kesempatan yang sama, Head of Non Branch Channel CIMB Niaga Heintje Mogi menyampaikan, sebagai inisiatif yang terbilang baru di industri properti, Green Mortgage memiliki potensi besar untuk terus berkembang.

Hal ini sejalan dengan mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup berkelanjutan dan terus aktifnya edukasi KPR Hijau baik oleh pemerintah, perbankan, maupun developer.

"Kami optimis minat masyarakat terhadap KPR Hijau akan terus meningkat. Karena itu, kami akan meningkatkan kerja sama dengan developer penyedia green house/building, sehingga nasabah memiliki lebih banyak pilihan hunian yang ramah lingkungan. Selain itu, CIMB Niaga juga akan menghadirkan berbagai program spesial, baik dari sisi pricing maupun benefit lain yang relevan dengan preferensi nasabah #YangUtama,” ujat Heintje.

Heintje mengatakan, sejatinya Green Mortgage memiliki banyak keuntungan bagi nasabah. Selain menghemat energi, rumah yang ramah lingkungan juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya karena dibuat dari bahan-bahan bangunan yang lebih sehat dan aman serta memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. 

Menurutnya, yang tak kalah penting, memiliki rumah yang ramah lingkungan juga memberikan kepuasan tersendiri karena telah turut berkontribusi mengurangi jejak karbon, dan mendukung pembangunan yang lebih hijau.


Tengok Cara CIMB Niaga Garap Ceruk Pasar di Bali

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan (tengah) berbincang dengan sejumlah pejabat CIMB Niaga lainnya usai acara ‘Media Breakfast bersama CIMB Niaga’ di Bali, Jumat (8/3/2024). (Dok CIMB Niaga)
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan (tengah) berbincang dengan sejumlah pejabat CIMB Niaga lainnya usai acara ‘Media Breakfast bersama CIMB Niaga’ di Bali, Jumat (8/3/2024). (Dok CIMB Niaga)

Sebelumnya, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memandang Bali merupakan ceruk yang besar bagi industri perbankan. Alasannya, bagi menjadi salah satu pusat ekonomi di Indonesia yang perputaran uangnya tidak pernah berhenti.

Oleh karena itu, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan mengoptimalkan layanan yang dimiliki. Inisiatif tersebut diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, di samping turut berkontribusi dalam memperkuat perekonomian Bali.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, sebagai destinasi wisata unggulan dunia, Bali merupakan wilayah yang memiliki basis nasabah besar dan terus berkembang. Karena itu, kebutuhan terhadap perbankan pun semakin besar. Untuk memaksimalkan layanan agar relevan dengan kebutuhan nasabah dan masyarakat, CIMB Niaga menggencarkan berbagai inisiatif dan kegiatan di Bali.

Misalnya, tahun lalu memberikan apresiasi untuk nasabah CIMB Preferred melalui Wealth Xpo, edukasi bisnis UKM melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya, kerja sama dengan perguruan tinggi, hingga meluncurkan inovasi baru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch di Canggu.

 


Layanan CIMB Niaga

Digital Lounge PT Bank CIMB Niaga Tbk.
Digital Lounge PT Bank CIMB Niaga Tbk.

“Melalui berbagai kegiatan yang meningkatkan literasi dan pengalaman masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan CIMB Niaga, kami berharap dapat memberikan inovasi yang berkualitas dan menjangkau lebih banyak nasabah di Bali, termasuk para wisatawan domestik dan internasional,” kata Lani dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3/2024).

Adapun saat ini di Bali, layanan CIMB Niaga didukung 9 Kantor Cabang (termasuk 1 Digital Lounge dan 1 Digital Branch), 163 mesin ATM, serta 3.085 EDC dan QR (termasuk QR Inbound Cross-border WeChat Pay dan Alipay). Selain itu, untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang, CIMB Niaga juga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital.

“Kami terus melakukan inovasi terhadap digital banking kami seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks, dengan fokus untuk mentransformasikan layanan tersebut menjadi powerful wealth platform. Melalui inovasi tersebut kami berharap dapat memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi pada berbagai instrumen, baik reksa dana, obligasi, serta deposito berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif,” ujar Lani.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya