Daftar 10 Bank Digital Paling Diminati Masyarakat

Terdapat 10 bank digital yang menduduki posisi terdepan dalam jumlah penyebutan merek secara spontan tertinggi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 09 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi bank digital (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi bank digital (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Populix meluncuran laporan Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia. Dalam hasil studinya, terdapat 10 bank digital yang menduduki posisi terdepan dalam jumlah penyebutan merek secara spontan tertinggi.

VP of Research, Populix Indah Tanip, mengatakan pada kategori perbankan digital, SeaBank saat ini menduduki posisi pertama sebagai Bank Digital yang paling dikenal masyarakat.

"Ternyata kita lihat di sini top 3-nya itu ada SeaBank, kemudian ada Bank Jago, kemudian ada Blue by BCA Digital. Nah kita lihat di sini Seabank ini sangat menduduki posisi yang teratas ya, sangat kuat sekali posisioning-nya dalam public awareness," kata Indah dalam konferensi pers Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia, secara virtual, Selasa (9/7/2024).

Indah mengakui bahwa Seabank ini memiliki positioning yang kuat dan juga paling diminati dan diingat oleh target marketnya. Target market ini artinya adalah memang orang-orang yang menggunakan Bank Digital.

Lebih lanjut, mayoritas responden mengetahui bank digital dari media online, dimana SeaBank dikenal dengan kehadirannya dalam aplikasi belanja online. Sementara, yang lainnya dikenal karena banyaknya kemitraan yang dijalankan dengan para pedagang.

"Nah, kita lihat top 3-nya itu memang channelnya adalah channel komunikasi secara digital, yaitu dari sisi YouTube, Instagram, dan TikTok gitu ya," ujarnya.

Adapun dilihat berdasarkan performa merek, SeaBank masih memimpin sebagai perbankan digital yang paling banyak digunakan, diikuti dengan Bank Jago dna Blu By BCA yang juga menunjukkan tingkat konversi pengunaan yang cukup baik.

Rekening SeaBank populer karena biaya transfernya yang rendah dan promosi yang menarik. Sementara daya tarik Bank Jago terletak pada integrasinya yang mulus dengan aplikasi lain, dan Blu By BCA digunakan karena layanan pelanggannya yang responsif.

"Alasannya kenapa mereka menggunakan merek tersebut dalam satu bulan terakhir? Kalo Seabank ternyata utamanya signifikan lebih tinggi dibandingkan brand-brand lainnya itu adalah karena biaya admin atau biaya transfer yang sangat terjangkau dan bahkan free gitu, dan ini bisa dijadikan momen oleh Seabank untuk semakin menguatkan positioning mereka di industri ini," ujarnya.

Daftar 10 Bank Digital

Berikut 10 Bank digital yang familiar dan banyak digunakan masyarakat di Indonesia:

1. SeaBank

2. Bank Jago

3. Blu By BCA

4. Allobank

5. Bank Neo commerce

6. Jenius

7. Line Bank

8. Digibank

9. TMRW by UOB

10. Octo Mobile

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Bank Digital?

Ilustrasi bank digital. Clay Banks/Unsplash
Ilustrasi bank digital. Clay Banks/Unsplash

Bank digital adalah lembaga keuangan yang menawarkan layanan perbankan secara online dan mobile, tanpa perlu mengunjungi kantor fisik.

Layanan ini memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara mandiri, seperti membuka rekening, transfer uang, pembayaran tagihan, top up pulsa, hingga berinvestasi.

Keunggulan utama bank digital terletak pada kemudahan akses dan efisiensi waktu. Nasabah dapat mengakses layanan perbankan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone atau komputer.

Biaya transaksi pun umumnya lebih murah dibandingkan dengan bank konvensional.


Apa Fitur Bank Digital?

PT Bank Digital BCA atau BCA Digital sebelumnya bernama Bank Royal, hadir sejak 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia. BCA Digital hadir melalui aplikasi mobile perbankan digital blu by BCA.
PT Bank Digital BCA atau BCA Digital sebelumnya bernama Bank Royal, hadir sejak 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia. BCA Digital hadir melalui aplikasi mobile perbankan digital blu by BCA.

Bank digital juga menawarkan berbagai fitur inovatif yang tidak tersedia di bank konvensional, seperti pembukaan rekening online yang instan, layanan chatbot untuk membantu nasabah, dan personalisasi produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Meskipun masih tergolong baru, bank digital telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Hal ini didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan smartphone, serta perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin digital.

Bank digital hadir sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern yang menginginkan layanan perbankan yang lebih mudah, cepat, dan terjangkau.

Di masa depan, bank digital diprediksi akan menjadi pilihan utama bagi nasabah yang menginginkan pengalaman perbankan yang lebih personal dan berpusat pada kebutuhan mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya